HomeIntisari Cahaya IlmuTahukah teman bagaimana Rasulullah berbicara?

Tahukah teman bagaimana Rasulullah berbicara?

Intisari Cahaya Ilmu Jalan Hidup Nabi dan Para Shahabat 0 likes 296 views share

Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling fasih dalam mengucapkan dhadd (bahasa Arab) dan beliau berbicara kepada para Shahabat Radhiy-Allaahu-‘Anhum dengan bahasa Arab yang jelas dan dikenal oleh mereka. Karena mereka (para Shahabat) adalah orang Arab asli yang tidak pernah dimasuki (dipengaruhi) oleh bahasa orang ‘Ajam (orang non Arab), maka mereka tidak mengalami kesulitan dalam memahami apa yang diinginkan dari lafazh (ucapan) yang diucapkan oleh Rasul-nya. ~Dhawaabith Muhimmah li Husni Fahmis Sunnah, Dr. Anis bin Ahmad bin Thahir

Itu artinya para Shahabat Radhiy-Allaahu-’Anhum adalah orang-orang yang paling memahami sunnah beliau ﷺ; yang meliputi qaul (perkataan),  fi’il (perbuatan), ataupun taqrir (persetujuan) beliau ﷺ.

Sehingga kaum Muslimin akhir ini tidak akan dapat memahami Islam dengan lurus dan benar kecuali dengan jalan memahami dan mengamalkan Sunnah sebagai pedoman hidup sebagaimana para Salafuna-Shalih (pendahulu kita yang Shalih) memahami dan mengamalkan petunjuk Rasulullah ﷺ/Sunnah.