Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaTaarufDarurat Taaruf Online Dikelola Website Non Sunnah (Non Salafi)

Darurat Taaruf Online Dikelola Website Non Sunnah (Non Salafi)

1. Mawaddah Indonesia Ta’aruf Online Kredibel, Sesuai Sunnah Manhaj Salaf

Sejak jasa taaruf online dikembangkan Mawaddah Indonesia di MawaddahIndonesia.Com yang dikelola oleh ustadz sunnah Indonesia Khalid Basalamah empat tahun yang lalu (2016), kini berjamuran platform lokal taaruf online berbasis website mau pun aplikasi smartphone.

Disamping itu, website non pendidikan agama dan non sunnah pun ikut beramai-ramai mengangkat tulisan mengenai taaruf online.

Tak tanggung-tanggung, pada waktu artikel ini disusun, Rabu 3 Februari 2021, hasil pencarian Google dengan kata kunci “taaruf online” menunjukkan bahwa pada halaman pertama didominasi oleh website non sunnah (non salafi) dan non pendidikan agama Islam.

Baca juga: Website Islam Sunnah Terpercaya

Daftar website dimaksud adalah sebagai berikut (sesuai dengan urutannya di hasil cari Google. Dari ranking pertama hingga terakhir di halaman pertama Google):

  1. taarufonline.id;
  2. @TaarufOnline.ID (akun Instagram);
  3. bbc.com;
  4. wolipop.detik.com;
  5. artikel.rumah123.com;
  6. kumparan.com;
  7. idntimes.com.

Hal ini yang kemudian menjadi pertanyaan sekaligus kekhawatiran. Apa sebenarnya tujuan dari website non sunnah dan non pendidikan agama Islam angkat bicara ihwal taaruf (secara khusus ta’aruf online)?

Baca juga: Ta’aruf Online Kredibel – Mawaddah Indonesia

Pada umumnya, berbagai website tersebut di atas tidak menunjukkan kedudukan manhaj (sifat dan cara beragama) yang dianut. Apakah ber-manhaj salaf, atau tidak?

Lain halnya dengan Mawaddah Indonesia, kejelasan manhaj yang dianut sudah dapat diketahui sejak tahap awal registrasi.

Pada halaman registrasi, huruf A. BERMANHAJ SALAF, disebutkan bahwa:

“Kami bermanhaj Salaf. Yang berarti berpegang kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai pemahaman Salafus-shalih (generasi awal umat Islam).”

MawaddahIndonesia.Com

Selanjutnya, ketika calon peserta ta’aruf online akan mengisi formulir registrasi, user diminta untuk memilih apakah yang bersangkutan: (a) sudah bermanhaj salaf; (b) baru mempelajari manhaj salaf; bahkan tersedia pilihan (c) bukan manhaj salaf.

2. Kalau Aplikasi “Taaruf Online Indonesia”, Apa Manhajnya?

Lain halnya dengan TaarufOnline.Id, ketika saya mencoba layanan jasa ta’aruf online tersebut melalui aplikasi di iPhone, “Taaruf Online Indonesia”. Pada halaman registrasi, tidak dijelaskan ihwal manhaj yang dianut dari sisi developer/penyedia jasa.

Ada pun bagian-bagian lain untuk diisi oleh calon peserta, tidak jauh berbeda dengan jasa layanan ta’aruf online Mawaddah Indonesia. Pada form ini, juga tidak ditanyakan menyoal manhaj yang dianut oleh calon peserta.

Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut, Ta’aruf Online Indonesia, masih bersifat beta.

Registrasi calon peserta pada aplikasi Ta’aruf Online Indonesia diakhiri dengan menekan tombol [Buat CV Taaruf]. Kemudian halaman notifikasi akan muncul, yang bertuliskan:

CV anda akan kami approve maksimal 1×24 jam melalui WhatsApp”.

Baca juga: CV Taaruf: Contoh Elegan, Benar, Mudah (Download, Isi Data, Kirim)

Guna memperoleh keterangan ihwal manhaj yang dianut oleh tim developer aplikasi Taaruf Online Indonesia, TemanShalih.Com telah mengajukan pertanyaan konfirmasi.

Pertanyaan tersebut diajukan dengan bersurat melalui email, pesan WhatsApp, dan pesan di Instagram. Berikut ini isi pesan dalam WhatsApp:

[03/02/21 23.35.06] Affan: As-Salaamu ‘Alaikum. Saya, Affan bin Umar (Pandu Aditya Affandi) dari TemanShalih.Com hendak bertanya ihwal manhaj yang dianut oleh tim developer Taaruf Online Indonesia, apakah ber-manhaj salaf atau bukan? Mohon jawabannya, terimakasih.

[04/02/21 08.53.42] Ta’aruf Online Indonesia: Wa’alaikumussalam
afwan jiddan ya akhi, saya tidak bisa memberikan informasi pribadi dari tim kami, karena sudah diluar wewenang saya, syukron katsiir.

[04/02/21 08.56.46] Affan: Kalau sikap dari manajemen bagaimana? Sebagai contoh Mawaddah Indonesia, pada halaman registrasi menjelaskan ihwal manhaj yang dianut oleh developer.

[04/02/21 09.18.05] Ta’aruf Online Indonesia: Ta’aruf Online Indonesia hanya platform, yang di dalamnya ada berbagai macam latar belakang kaum muslimin. Kami mencantumkan kolom organisasi/gerakan agar di isi oleh tiap pembuat cv ta’aruf. Kami juga menyediakan filter untuk mencari pasangan sesuai dengan kebutuhan masing-masingnya.

Chat dalam bentuk screenshot dapat anda lihat berikut ini: Pertanyaan; Jawaban.

Demikian itu isi chat antara TemanShalih.Com dengan Taaruf Online Indonesia.

Kesimpulannya adalah aplikasi Taaruf Online Indonesia yang dibuat oleh developer Yayasan Jadi Baik Indonesia, tidak bermanhaj salaf.

Semoga informasi yang dimuat pada halaman ini bermanfaat bagi anda dan orang-orang terdekat. Jazakumullah Khairan.


Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Penulis TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.
Tulisan ini memuat featuring image. Sumber: Kontributor.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih. Jazakumullah Khairan.

Affan bin Umarhttps://temanshalih.com
Penulis Artikel: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. // Disclaimer Penulis // Biografi penulis: Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019; Analis Kerja Sama Luar Negeri Jakarta Pusat 2021 ; Tim developer website Minamata Convention PBB Jakarta Pusat 2021.
KONTEN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Open chat