OFFICIAL: Pendaftaran Universitas Islam Madinah 2020
Perpustakaan Universitas Islam Madinah.

OFFICIAL: Pendaftaran Universitas Islam Madinah 2020

Untuk mengetahui syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah, gunakanlah panduan daftar isi berikut ini:

Tentang Universitas Islam Madinah

Sebelum membaca tentang syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah, anda dapat mengetahui terlebih dahulu tentang institusi pendidikan Islam terbaik ini.

Gerbang utama Universitas Islam Madinah.

Universitas Islam Madinah adalah universitas negeri di Arab Saudi yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Arab Saudi, didirikan pada tahun 1381 H.

Universitas Islam Madinah adalah Lembaga Islam bertaraf internasional yang dimiliki oleh Negara Saudi Arabia. Saat ini Universitas Islam Madinah memiliki 5 (lima) fakultas:

Baca juga: Daftar Pesantren Akreditasi Universitas Islam Madinah

1. Fakultas Syariah

Kampus syari’ah Universitas Islam Madinah.

Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Ilmu Fikih dan Ushul Fikih, serta menguasai berbagai Ilmu Syari’at dan ilmu pendukungnya.

Dalam fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Fikih
B. Jurusan Ushul Fikih
C. Jurusan Peradilan
D. dan Siyasah Syar’iyah (Politik Islam)

Fakultas Syariah menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Ilmu-ilmu Syariat Islam, gelar diploma tinggi untuk jurusan peradilan dan Siyasah Syar’iyah, gelar master (S2) dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

2. Fakultas Dakwah dan Ushuluddin

Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Aqidah Islam dan menguasai berbagai ilmu syari’at serta ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam fakultas terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Aqidah
B. Jurusan Dakwah
C. Jurusan Sejarah Islam
D. Jurusan Pendidikan

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk jurusan dakwah dan ushuluddin, gelar diploma tinggi untuk jurusan dakwah, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

3. Fakultas Al-Qur’an dan Pendidikan Islam

Perpustakaan Universitas Islam Madinah.

Fukultas ini bertujuan untuk memperdalam Al-Qur’an dan Ilmu-ilmu Al-Qur’an, baik secara hapalan maupun tafsirnya, disamping juga menguasai berbagai Ilmu Syari’at dan ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Qira’at
B. Jurusan Tafsir

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Qira’at dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

4. Fakultas Hadits dan Pendidikan Islam (Dirasah Islamiyah)

Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam dan mengkhidmah Hadits dan Ilmu-ilmunya, dengan disertai penguasaan terhadap Ilmu-ilmu Syari’at dan ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Fikih Sunnah
B. Jurusan Ilmu Hadits

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Hadits dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

5. Fakultas Bahasa Arab

Kampus bahasa Arab Universitas Islam Madinah.

Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Bahasa Arab, Ilmu-ilmunya, dan Sastra-sastranya, disertai dengan penguasaan terhadap berbagai Ilmu Syari’at dan Ilmu-ilmu pendukungnya.

Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Bahasa
B. Jurusan Balaghah dan Sastra

Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) Bahasa Arab, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

Universitas Islam Madinah juga membawahi Program Pelatihan Bahasa Arab bagi yang belum mampu berbahasa Arab, SMP, SMU, dan Darul Hadits Makkah.

Syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah

Berikut ini adalah syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah bagi calon mahasiswa S1 dengan program beasiswa untuk tahun akademik (1442 H/ 2020 M):

Fasilitas Untuk Mahasiswa Penerima Beasiswa

Kantin Univetsitas Islam Madinah.

Para mahasiswa Universitas Islam Madinah penerima beasiswa berhak mendapatkan beberapa fasilitas berikut:

1. Tiket pesawat saat diterima menjadi mahasiswa di Universitas dan pada setiap akhir tahun akademik, sesuai dengan aturan yang berlaku;
2. Mukafa’ah (uang tunjangan) setiap bulan;
3. Hadiah tunai bagi mahasiswa yang berprestasi;
4. Asrama gratis dan perlengkapannya;
5. Makan di Kantin Universitas dengan biaya murah;
6. Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Universitas;
7. Sarana transportasi untuk shalat di Masjid Nabawi, Umrah dan wisata lainnya sesuai dengan jadwal yang ditentukan;
8. Fasilitas olah raga yang disediakan oleh universitas.

Syarat-syarat Pendaftaran

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon beasiswa:

1. Berkelakuan baik;
2. Berjanji untuk mentaati semua Peraturan Universitas;
3. Lulus tes kesehatan;
4. Lulus tes yang diadakan oleh otoritas yang bersangkutan;
5. Memiliki ijazah SMU atau yang setara dengannya dari dalam Saudi ataupun dari luar Saud;
6. Ijazah SMU harus dikeluarkan oleh Sekolah Negeri atau sekolah yang telah diakui oleh Universitas Islam Madinah;
7. Berkomitmen fokus penuh untuk belajar;
8. Masa lulus dari SMU tidak lebih dari lima tahun;
9. Usia tidak melebihi 25 tahun ketika memulai belajar di Universitas Islam Madinah;
10. Bagi yang ingin kuliah di Fakultas Al-Qur’an harus sudah hafal Al-Qur’an 30 juz;
11. Melengkapi persyaratan-persyaratan lain yang ditentukan oleh Dewan Universitas Islam Madinah yang diumumkan saat pendaftaran;
12. Bagi pemohon yang Ijazah SMU-nya dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia, ia harus memiliki sertifikat lulus uji kemampuan.

Baca juga: Daftar Pesantren Akreditasi Universitas Islam Madinah.

Peringatan:
1. Tidak ada kantor perwakilan atau agen untuk menerima permohonan pendaftaran di Universitas Islam Madinah di negara manapun;
2. Calon mahasiswa harus melakukan proses pendaftaran sendiri, dan bertanggung jawab untuk menjaga nomor-nomor yang diberikan kepadanya saat selesainya proses pendaftaran;
3. Universitas Islam Madinah adalah lembaga ilmiah dan pengetahuan yang dirancang untuk menyampaikan Risalah Islam melalui dakwah, pendidikan sarjana, pascasarjana, penulisan karya ilmiah, penerjemahan dan penyebarluasannya, serta menjaga Warisan-warisan Islam;
4. Bahasa pengantar di Universitas Islam Madinah adalah bahasa Arab;
5. Universitas Islam Madinah tidak berkewajiban meluluskan setiap pemohon yang mendaftar, hingga ada pemberitahuan secara tertulis dari pihak kampus;
6. Data-data yang dimasukkan tidak akan diakui, kecuali jika dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang membuktikan informasi tersebut;
7. Pemohon dengan dokumen palsu akan dikenakan sangsi dan akan dibatalkan penerimaannya;
8. Universitas Islam Madinah berhak menentukan fakultas mahasiswa yang diterima setelah kedatangannya, sesuai dengan peraturan yang berlaku;
9. Mahasiswa yang diterima di Universitas Islam Madinah bisa mendapatkan nomor tiketnya via internet, di website Universitas Islam Madinah, kemudian merujuk ke kantor penerbangan (airlines);
10. Mahasiswa yang diterima bertanggung jawab untuk mencari dan mengikuti info tentang sistem dan aturan studi, di papan-papan pengumuman yang disediakan oleh kampus;
11. Semua perjanjian, persetujuan, dan peringatan yang terdapat di dalam file elektronik ini akan mengikat pemohon sebagaimana file kertas lainnya. Pemohon juga bertanggung jawab sendiri untuk mengeceknya secara berkala dengan menggunakan username dan password pribadinya. Hal ini juga berlaku pada semua transaksi elektronik yang dilakukan oleh pemohon dengan menggunakan username pribadinya;
12. Semua perjanjian, persetujuan, dan syarat-syarat yang dibaca dan disetujui oleh pemohon saat pendaftaran ini, akan dimasukkan ke dalam berkas-berkas miliknya dengan menggunakan bahasa Arab.

Dokumen-doumen yang Diperlukan

Berikut ini adalah dokumen syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah:

1. Ijazah SMA;
2. Transkrip nilai dari jenjang SMA;
3. Sertifikat berkelakuan baik (SKCK);
4. Akta kelahiran;
5. Paspor;
6. KTP;
7. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6;
8. Foto dengan tanpa kacamata, tanpa penutup kepala, dan dengan latar foto putih;
9. Laporan medis dari klinik kesehatan resmi, yang menyatakan sehat panca indra dan bebas dari penyakit menular (surat sehat);
10. Surat keterangan dari Lembaga Islam di negara asal atau dari dua Tokoh Islam, yang menjelaskan bahwa calon mahasiswa adalah Muslim yang menjaga shalat lima waktu dan berakhlak mulia;
11. Sertifikat masuk Islam, bagi yang Islamnya tidak dari lahir.

Pemohon harus menerjemahkan semua dokumen yang tidak berbahasa Arab dengan terjemahan bahasa Arab yang telah disahkan oleh kantor penerjemah resmi.

Jika diterima, calon mahasiswa harus mendatangkan dokumen asli yang telah disahkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di negara asalnya. Jika Kedutaan Besar Arab Saudi tidak ada di negaranya, maka semua dokumen bisa disahkan di lembaga manapun yang diakui oleh Universitas Islam Madinah.

Jika ada kesalahan pada data-data inti pemohon dalam dokumen asli (seperti: nama, tempat, dan tanggal lahir), maka diharapkan membenarkan semua kesalahan tersebut di lembaga yang berwenang di negaranya, sebelum mengirimnya ke Universitas, karena aturan di kampus melarang perubahan data-data inti setelah menerima calon mahasiswa.

Pendaftaran Online Universitas Islam Madinah

Setelah membaca persyaratan dan ketentuan di atas maka saya sebagai calon mahasiswa Universitas Islam Madinah berikrar:

Ikrar: “Saya berjanji, bahwa semua data yang ada dalam permohonan ini benar dan semua dokumen yang saya lampirkan asli. Saya juga berjanji (jika diterima di universitas Islam Madinah) untuk mematuhi semua peraturan Universitas Islam Madinah, yg diantaranya adalah larangan menetap di Negara Saudi Arabia, jika saya telah lulus atau berhenti dari Universitas Islam Madinah.

Dan bahwa saya tidak boleh mengalihkan penjamin domisili ke lembaga selain Universitas Islam Madinah. Serta saya berkomitmen untuk kembali ke negara saya. Dalam kasus pelanggaran, Universitas Islam Madinah berhak untuk mengambil tindakan yang dianggapnya tepat.”

Selanjutnya, pendaftaran online Universitas Islam Madinah dapat dilakukan melalui pranala berikut ini:

Klik: Daftar Online Universitas Islam Madinah

Langkah-langkah Pendaftaran Online Universitas Islam Madinah

1. Aktivasi Link Formulir Pendaftaran Online

Setelah anda masuk kedalam tautan di atas, maka akan tampil halaman veirifikasi seperti di bawah ini:

formulir pendaftaran universitas Islam madinah
Halaman verifikasi pendafaran online Universias Islam Madinah.

Ketik kode verifikasi yang muncul di sisi kiri bawah untuk melanjutkan pendaftaran online, setelah itu klik > Mengirim.

halaman aktivasi email
Halaman aktivasi email pendaftar.

Kemudian anda masuk kedalam halaman aktivasi link pendaftaran. Tulis nama lengkap dan alamat e-mail yang aktif. Kemudian klik > Send your e-mail.

Setelah itu, muncul halaman notifikasi link pendaftaran yang sudah dikirim melalui e-mail yang anda tulis sebelumnya.

Jendela pemberitahuan link aktivasi pendaftaran online.

Bukalah e-mail anda dan periksa kotak masuk. Apabila pesan yang berisi link aktivasi pendaftaran online tidak tampil di kotak pesan utama, periksa kotak Junk Mail atau Spam.

Apabila tidak menerima pesan aktivasi sama sekali, ulangi langkah sebelumnya dan pastikan anda telah menulis alamat e-mail yang aktif dengan benar.

e-mail berisi link aktivasi pendaftaran online.

Klik anchor text, This is your activation link, dan ikuti tahapan selanjutnya dengan baik dan teliti.

2. Formulir Pendaftaran Online

Setelah anda menerima email yang berisi link aktivasi pendaftaran online seperti yang dijelaskan dalam langkah sebelumnya, anda dapat lansung meng-klik pranala This is your activation link yang tertera di dalamnya.

Setelah itu, jendela pemberitahuan New Application for Students akan tampil di layar komputer anda. Klik tombol hitam > New Application, sesaat kemudian anda akan diarahkan ke halaman isian data pribadi.

Isi lah dengan benar seluruh formuril yang ditamilkan, proses pendaftaran online berakhir ditandai dengan diterbitkannya Nomor Pendaftaran.

Lengkapi lah form isian Data Pribadi dengan benar, gunakan waktu anda dengan baik untuk berkonsentrasi tidak perlu terburu-buru. Mulai dari baris Nama, Jenis Kelamin, Negara Lahir, hingga pertanyaan Apakah Anda seorang Muslim sejak lahir seperti yang nampak pada gambar di bawah ini. Klik tombol hitam Lanjutkan.

syarat pendaftaran universitas islam madinah
Form isian Data Pribadi.

Berikut ini adalah form isian Ijazah SMA, isi lah data sesuai dengan yang anda miliki.

Form isian Ijazah SMA.

Selanjutnya anda diminta untuk melengkapi form isian Data Pemberi Rekomendasi. Rekomendasi yang diberikan kepada anda, dapat anda peroleh dari lembaga pendidikan atau tokoh Islam. Rekomendasi tersebut biasanya berbentuk surat rekomendasi pendidikan.

Form isian Data Pemberi Rekomendasi.

Kemudian isi lah form Data Sosial dan Kesehatan.

Form isian Data Sosial dan Kesehatan.

Lengkapi lah form isian Hapalan al-Qur’an dan Kemampuan Bahasa Arab dengan jujur dan benar.

Form isian Hafalan Al-Qur’an.

Data yang Dapat Dihubungi dapat diisi dengan nomor ponsel anda, pastikan anda menggunakan kode negara +62 untuk nomor telepon di Indonesia. Kemudian alamat domisili lengkap hingga Kode Pos.

Form isian Data yang Dapat Dihubungi.

Lengkapi lah form isian Data-data Lain sesuai dengan pertanyaan yang diajukan di dalamnya.

Form isian Data-data Lain.

Setelah selesai menisi form ini, klik tombol hitam Simpan dan Kirim.

syarat pendaftaran universitas islam madinah: pilihan program pendidikan
Pilihan jalur pendidikan: Jalur Teoritis dan Jalur Praktis.

Tentukanlah pilihan jalur pendidikan mana yang hendak anda ikuti sebagai mana nampak pada gambar di atas. Terdapat dua jenis jalur pendidikan yakni jalur teoritis dan jalur praktirs.

Jalur teoritis terdiri dari: Fakultas Syari’ah, Fakultas Dakwah & Ushuluddin (Pokok Agama), Fakultas Al-Qur’an & Tarbiyah Islam, Fakultas Bahasa Arab, dan Fakultas Hadits.

Sedangkan jalur praktis mencakup: Fakultas Teknik, Fakultas Sains, Fakultas Komputer & Informatika.

Setelah menentukan pilihan, klik tombol hitam Lanjutkan.

3. Nomor Pendaftaran Online

syarat pendaftaran universitas islam madinah
Lembar Nomor Pendaftaran, proses pendaftaran online selesai sampai di sini.

Apabila seluruh form yang tampil telah diisi, maka proses pendaftaran online akan diakhiri dengan diterbitkan Nomor Pendaftaran.

Nomor pendaftaran ini sangat penting dan harus disimpan. Dengan itu apabila pada tahap pengisian data terdapat kesalahan, anda masih dapat memperbaiki data hingga 10 hari dari tanggal pengajuan pendaftaran.

Demikianlah syarat pendaftaran Universitas Islam Madinah yang registrasinya dapat anda penuhi secara online.

Konklusi (Kesimpulan)

hadits pendek: berharap
Dalil hadits pendek tentang berharap kepada Allah ‘Azza Wa Jalla.

1. Pelajar lulusan pesantren yang telah diakreditasi Universitas Islam Madinah berpeluang untuk memperoleh program beasiswa;

Baca juga: Daftar Pesantren Akreditasi Universitas Islam Madinah.

2. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online sebagaimana telah diulas di atas.

Selamat berjuang. Semoga anda mendapati apa-apa yang anda harapkan dan usahakan.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Intania

Penulis artikel: Intan Sri Utami, S.E. Lulusan S1 Akuntansi - STIE Muhammadiyah Jakarta 2017

This Post Has 2 Comments

  1. Cep

    Assalamualaikum ust..gmn cara nya daftar bagi yg bukan lulusan pondok yg diakui UIM ? Bisakah daftar lewat online

    1. teman shalih

      Waalaikumussalam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh. Pada saat melakukan pendaftaran online, calon mahasiswa harus memilih daftar sekolah asal di Indonesia yang datanya tampil di kolom pilihan “Sekolah Asal”. Itu berarti calon mahasiswa yang sekolahnya di luar daftar tertera tidak dapat mengikuti program beasiswa dimaksud.

Tinggalkan Balasan