HomeArti KataShaahibus Sir

Shaahibus Sir

Arti Kata 0 likes 50 views share

Arti Shaahibus Sir

Dalam men-syarah-kan hadits Hudzaifah bin Yaman dalam kitabnya, Zindiq (Munafik) Madrasah Orientalis atau Yahudi Gaya Baru , Abdul Hakim bin Amir Abdat menuturkan bahwa Allah Jalla Wa ‘Aala telah memberikan hidayah kepada para Shahabat ‎رضي الله عنهم untuk bertanya kepada Nabi yang mulia صلى الله عليه وسلم tentang kebaikan dan kejahatan.

Dan ini adalah salah satu dari sekian banyak dalil bahwa mereka (para Shahabat ‎رضي الله عنهم) adalah orang-orang yang paling ‘alim/ mengetahui tentang kebaikan dan kejahatan. Serta menunjukkan juga bahwa mereka sangat takutnya terhadap kejahatan yang akan mengenai mereka.

Berbagai Macam Rahasia

Oleh karena itu kita diperintah mengikuti Manhaj atau cara beragamanya mereka (para Shahabat ‎رضي الله عنهم) yang lurus.

Sebagaimana Allah عزَ وجل berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka istiqamah (meneguhkan pendirian mereka). – Q.S. Fushshilat (Yang Dijelaskan) [41]: 30.

Hadits tersebut juga menunjukkan tentang keutamaan Hudzaifah sebagai seorang Shahabat besar yang banyak mengetahui berbagai macam rahasia sehingga beliau digelari Shaahibus Sir.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer