HomeIntisari Cahaya IlmuBirrul WalidainKisah Inspiratif: Sarung Tangan Untuk Anakku
sarung tangan untuk anakku, birrul walidain, berbakti kepada kedua orangtua, teman shalih

Kisah Inspiratif: Sarung Tangan Untuk Anakku

Birrul Walidain 0 0 likes share

Renungan – Birrul Waalidain (Berbakti kepada Kedua Orangtua):

Seorang ayah membonceng anaknya di atas sepeda motor pulang dari sekolah. Ia berkendara dengan laju yang stabil, berharap agar anaknya tidak terjatuh dari kendaraan, sementara itu sang ayah juga telah menyiapkan perlengkapan keamanan; helm, jaket & sarung tangan, untuk anaknya.

Di dalam hati ia berkata, “Setelah selama ini aku baru mengerti mengapa Ayahku dulu memperlakukanku dengan cara yang serupa. Ibu – Ayah, maafkan aku yang pernah menelantarkanmu ~ melukai hatimu.”

Alangkah sungguh merugi seseorang yang mendapati kedua orangtuanya masih hidup namun ia tidak memperoleh surga darinya yakni dengan berbakti kepada keduanya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah رضي الله عنه‎‎ Rasulullah ﷺ bersabda,

‎حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ‏”‏ ‏.‏ قِيلَ مَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ ‏”‏ مَنْ أَدْرَكَ أَبَوَيْهِ عِنْدَ الْكِبَرِ أَحَدَهُمَا أَوْ كِلَيْهِمَا فَلَمْ يَدْخُلِ الْجَنَّةَ ‏”‏ ‏.‏

“Celakalah, celakalah, dan sekali lagi celakalah!” Lalu ada yang bertanya, “Siapa, wahai Rasulullah?” Rasulullah berkata, “Orang yang mendapati kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk Surga.”- Shahih Muslim: no. 2551., Kitab Al-Birr Wash-Shalah Wal-Aadab.

Maraaji’ (Senarai Pustaka):
[1] Yazid bin Abdul Qadir Jawas. 1433 H/2012 M. Birrul Waalidain (Berbakti kepada Kedua Orang Tua). Bogor: Pustaka At-Taqwa.
[2] Shahih Muslim.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

1,230 total views, 6 views today