Sabarnya Lelaki Idaman

hadits pendek menahan marah
Dalil hadits pendek menahan marah.

Sabar: Dari Abu Hurairah رضي الله عنه‎‎, dia berkata, Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

“Orang kuat itu bukanlah orang yang jago bergulat. Akan tetapi orang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah.” — Hadits Muttafaq ‘Alaih: Hadits Shahih Al-Bukhari nomor 6114 dan Muslim nomor 2609.

Kalaulah dengan menahan amarah dada terasa sakit, maka itu lebih baik bagi seorang mukallaf daripada harus mengucapkan suatu perkataan yang apabila perkataan itu dicelupkan kedalam lautan maka berubahlah seluruh warna air laut. Lebih baik menahan sakit daripada mengucapkan suatu perkataan yang mendatangkan murka Allāh عَزَّ وَجَلَّ.

Dari Abu Hurairah رضي الله عنه‎‎, seseorang berkata kepada Nabi ‎صلى الله عليه وسلم, “Berwasiatlah kepadaku.” Beliau ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎لَا تَغْضَبْ

“Jangan engkau marah!” — Sahih al-Bukhari nomor 6116 (كتاب الأدب).

Seorang pemimpin (suami adalah pemimpin dalam rumah tangga) tidak dibenarkan menjatuhkan hukuman apabila sedang dalam keadaan marah. Kecuali dirinya masih dapat membedakan antara yang haq dengan yang bathil.

hadits berkata baik atau diam
Ilustrasi hadits pendek berkata baik atau diam.

Dari Abu Hurairah رضي الله عنه‎‎, Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

“… Dan barang siapa yang beriman kepada Allāh dan Hari Akhir maka hendaklah dia berkata baik atau hendaklah dia diam.” — Shahih al-Bukhari nomor 6018 (كتاب الأدب).

Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎ خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِي

“Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik dari kalian sikapnya kepada keluarganya. Dan aku adalah yang terbaik dari kalian sikapnya kepada keluarga.” — Hadits Shahih (al Albani Ash-Shahihah nomor 285): Jami at-Tirmidzi nomor 3895 (كتاب المناقب عن رسول الله صلى الله عليه وسلم).

MasyaAllāh, masih banyak sekali sabda Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم yang memerintahkan seseorang untuk bersikap baik berakhlaq mulia terlebih lagi terhadap anggota keluarga. Sungguh satu dalil saja sudah cukup sebagai pengingat dan penyemangat bagi orang-orang yang bersih jiwanya.

وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ

Ketahuilah bahwa kemenangan itu bersama kesabaran.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.