HomeIntisari Cahaya IlmuRekomendasi Ilmiyyah: Perekonomian & Pernikahan Islam

Rekomendasi Ilmiyyah: Perekonomian & Pernikahan Islam

Intisari Cahaya Ilmu 0 0 likes share

Bismillah. Teman shalih yang sama-sama mengharap Ridha Allah ‘Azza Wa Jalla (Mahamulia dan Mahaagung), mahfum/dipahami bahwa penulisan hadits dalam kitab induk hadits selalu dibukukan secara berurutan antara bab Jual-Beli dan kemudian bab Nikah, ini menunjukkan isyarat bahwa perlunya seseorang itu memiliki dasar pengertian yang baik atas perkara Iqtishadiyah Islamiyah/Perekonomian Islam sebelum melanjutkan langkah menuntut ilmu kedalam perkara Nikah.

Bekal pengetahuan yang matang atas perkara Maisyah/kemampuan finansial dan Nikah adalah suatu hal yang perlu dimiliki oleh seorang Muslim bahkan sejak dirinya memasuki usia produktif.

Tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian permasalahan dalam rumah tangga bermula dari persoalan ekonomi, yang kemudian cenderung diperparah dengan keadaan aqidah/keyakinan beragama sebagian kaum Muslimin akhir ini yang telah hilang dari dalam dada mereka sifat-sifat syar’i yang terpuji yakni; Qana’ah/sifat merasa cukup atas rezeki yang Allah Ta’ala berikan & Zuhd/sifat yang tidak mengambil atau menggunakan harta kecuali dapat bermanfaat bagi kehidupan akhirat.

Kami telah menyiapkan rekomendasi kitab (buku) yang di dalamnya syarat akan keterangan ilmiyah berupa dalil-dalil shahih yang dapat menyemangati pemuda Muslim untuk memenuhi kewajibannya dalam menuntut ilmu Agama, khusus mengenai Perekonomian & Pernikahan Islam.

Di antaranya yakni;
[1] Ustadz Muhammad Arifin bin Badri, MA. 1429 H/2008. Sifat Perniagaan Nabi . Bogor: Pustaka Darul Ilmi. ~Dilengkapi dengan fatwa-fatwa al-Lajnah ad-Daa’imah lil-Buhuth al-‘Ilmiyyah wal-Iftaa ( اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء)/ Komite Tetap Untuk Riset Ilmiyyah dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia/The Permanent Committee for Islamic Research & Verdicts of KSA (Kingdom of Saudi Arabia)

[2] Ustadz Abu Muhammad & Ibnu Shalih bin Hasbullah. Sejak Memilih, Meminang, Hingga Menikah Sesuai Sunnah. Bogor: Pustaka Ibnu ‘Umar. ~Buku Saku, dijelaskan secara ilmiyah dan ringkas, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca usia remaja.

Informasi: (i) Ikhwah fillah yang tinggal di kota Pontianak dan sekitar, dapat memperoleh buku-buku tersebut di Maktab As-Salam/Toko Buku As-Salam yang berlokasi di Jl. Tani Makmur – Kotabaru, berseberangan dengan toko Madani Mart. (ii) Kedua judul buku di atas adalah buku-buku best seller, artinya banyak pembaca terutama dari kalangan usia remaja dan produktif yang telah melengkapi koleksi ilmiyyahnya.

MAKTAB AS-SALAM;
Whatsapp: (+62)856-5422-4518

Telepon & SMS: (+62)811-579-367

e-Mail:  as-salam@festivalmadinah.com

986 total views, 2 views today