Profil Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi

Profil Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi
Ma'had Baitussunnah Indonesia: SMP Khusus Akhwat.

Baitussunnah terdiri dari dua kata yang bersumber dari bahasa Arab. Bait (بَيْتِيّ) yang berarti rumah, dan Sunnah (السُنّة) yang berarti sunnah atau hadits. Secara makna artinya Rumah Sunnah.

Untuk memudahkan Anda membaca isi halaman ini tentang Ma’had Baitussunnah Indonesia yang berada di Bekasi. Gunakanlah panduan daftar isi berikut ini.

1.    Profil Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi

Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi disingkat MBI, sekolah di bawah naungan Yayasan Rumah Sunnah Indonesia. Merupakan sekolah khusus akhwat (perempuan) setingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama), dibangun di atas pondasi iman dengan asas Alquran dan as-Sunnah.

Berupaya melahirkan generasi muslimah berjiwa Qur’ani. Santriwati akan ditempa menjadi muslimah yang menghafal al-Quran, beraqidah lurus, berakhlak baik, dan memiliki pemahaman yang benar dalam beragama.

2.    Sejarah Berdirinya MBI

Ma’had Baitussunnah Indonesia adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang dirintis oleh Yayasan Rumah Sunnah Indonesia (YRSI).

Berdasar Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-0031354.AH.01,04.

Tahun 2016 pada awalnya bernama SMP Tahfidz YRSI dan memulai kegiatan pendidikan setingkat SMP khusus putri. Kemudian pada bulan Juni tahun 2019, dengan fokus utama pada tahfidz Qur’an dan pelajaran diniyyah.

Ma’had Baitussunnah Indonesia berdomisili di Perumahan Puri Gading, Kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Pada tahun ajaran pertama yaitu tahun 2019- 2020, alhamdulillah, MBI menerima 19 santriwati dari berbagai daerah di Indonesia. Qadarullah, kala itu, diasuh 5 orang asatidzah dan 3 staff pengurus.

MBI berada di bawah binaan Ustadz Fuad Hamzah Baraba, Lc. dan Ustadzah Arfah Nur Laila, Lc., M.A.

3.    Visi dan Misi Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi

Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi sebagai institusi pendidikan Agama Islam bermanhaj Salaf memiliki Visi, “Membentuk generasi muslimah yang menghafal al-Qur’an, beraqidah lurus sesuai pemahaman salafush shalih, berilmu shahih sehingga dapat beramal shalih dan berakhlakul karimah.”

Misi Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi adalah: (1) Menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk pondok pesantren bermanhaj salaf yang unggul dan amanah; (2) Menerapkan kurikulum berbasis al-Qur’an dan ulumul syar’i; dan (3) Menyelenggarakan pembinaan dan tarbiyyah secara terpadu selama dua puluh empat jam.

4.    Kurikulum Pendidikan MBI Bekasi

Dari aspek kurikulum, MBI memiliki kurikulum Diniyyah yang sangat lengkap mencakup Tahfidz al-Quran, Aqidah, Hadits, Fiqih, dan Bahasa Arab. Masing-masing diampu secara profesional dari para pakarnya.

Di Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi, peserta didik diberikan dua jenis kurikulum. Pertama, Kurikulum Diniyyah yang mempelajari Tahfidz al-Quran, Aqidah, Hadits, Fiqih, Bahasa Arab. Dan Kurikulum Umum yang mempelajari Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, serta Bahasa Inggris.

Peserta didik di MBI Bekasi juga diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler berupa (1) Olahraga: senam, renang, tenis meja; dan Keterampilan: tata boga, menjahit, dan pemrograman komputer dasar.

Tenaga pendidik di MBI Bekasi adalah para alumni LIPIA dan hafidzah pondok pesantren.

Selama 3 tahun masa pendidikan, peserta didik diharapkan hafal Al-Qur’an 15 juz, memiliki hafalan hadits-hadits pilihan, menguasai doa-doa dan praktek ibadah dengan benar, dan menguasai pelajaran diniyyah tingkat menengah.

5.    Struktur Kepengurusan Mahad Baitussunnah Indonesia Bekasi

Pendiri dan Pembina Yayasan Rumah Sunnah Indonesia:
Dede Rukanda,ST.MM

Dewan Pembina:
Ust. Fuad Hamzah Baraba, Lc.;
Ustadzah Arfah Nurlaila, Lc., M.A.

Mudiroh (Direktur):
Lilis Sulistianingsih, SKM.

Wakil Mudiroh:
Ari Mardiah Joban

Sekretaris:
Rika Suverika;
Tina Awaliyah

Pengajar Diniyyah dan Tahfidz:
Ustadzah Nadia Hasanah, Lc.;
Ust. Ari Mardiah Joban;
Ust. Siti Juhairiyyah;
Ust. Dzakia War’ana;
Ust. Alyanda Shafira Salma Putri; dan
Ustadzah Hindun.

6.  Fasilitas bagi Peserta Didik di MBI Bekasi

Untuk menunjang kondusifitas “learning environment” di Ma’had Baitussunnah Indonesia, peserta didik diberikan fasilitas sebagai berikut: (1) Hunian asrama nyaman dan bersih; (2) Makan 3 kali sehari; (3) Di dalam asrama telah disediakan perangkat kasur dan lemari; (4) Ruang mengajar dan belajar; (5) Tenaga pendidik yang kompeten; (6) Perpustakaan; serta (7) Bimbingan belajar harian.

7. Narahubung MBI Bekasi

Untuk memperoleh informasi secara langsung. Anda dapat menghubungi MBI Bekasi melalui beberapa pilihan kontak berikut ini. Melalui email MBI.YRSI@GMAIL.COM, serta nomor telepon 082247044181 dan 082247044181.

Facebook: Ma’had Baitussunnah Indonesia
Instagram: mahadbaitussunnahindonesia
Website: mahadbaitusunnahindonesia.sch.id

Demikian informasi ihwal Mahad Darusunnah Indonesia Bekasi yang dinukil dan disusun ulang oleh TemanShalih.Com, semoga bermanfaat. Barakallaahu fiikum, Jazakumullaah khairan.


Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Penulis Artikel: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. // Disclaimer Penulis // Biografi penulis: Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.

Tinggalkan Balasan