Senin, Mei 23, 2022
BerandaIntisari Cahaya IlmuPerang Hunain: Kesalahan dalam Jihad, Bangga dengan Jumlah

Perang Hunain: Kesalahan dalam Jihad, Bangga dengan Jumlah

Perang Hunain: Jumlah yang banyak (mayoritas) dengan banyaknya dosa dan penyimpangan tidaklah bermanfaat sama sekali. Lihatlah, bagaimana para Shahabat mengalami kekalahan tatkala terjadi perang Hunain, padahal jumlah mereka sangat banyak.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

لَقَدْ نَصَرَكُمُ اللَّهُ فِي مَوَاطِنَ كَثِيرَةٍ ۙ وَيَوْمَ حُنَيْنٍ ۙ إِذْ أَعْجَبَتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنكُمْ شَيْئًا وَضَاقَتْ عَلَيْكُمُ الْأَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّيْتُم مُّدْبِرِينَ

Terjemah:

“Sungguh, Allah telah menolong kamu (mukminin) dibanyak medan perang, dan (ingatlah) perang Hunain, ketika jumlahmu yang besar itu membanggakan kamu, tetapi (jumlah yang banyak itu) sama sekali tidak berguna bagimu, dan bumi yang luas itu terasa sempit bagimu, kemudian kamu berbalik ke belakang dan lari tunggang langgang.”

Q.S. At-Taubah (Pengampunan) [9]: ayat nomor 25.

Bergabung dengan orang-orang yang berbuat kesyirikan, bid’ah, maksiat dan kemunkaran lainnya tidak dapat menegakkan syari’at Islam dan tidak akan mengembalikan kejayaan ummat Islam.

Sumber:

  • Yazid bin Abdul Qadir Jawas ‎حفظه الله. Jihad Dalam Syariat Islam. hal. 17-18.
teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online informasi akademik muslim dan edukasi kontra terorisme. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT
- Advertisment -