Pakai Parfum Sesuai Sunnah Rasulullah

Parfum telah menjadi kebutuhan manusia sejak waktu terdahulu hingga zaman modern. Tahukah anda bagaimana pandangan Islam tentang parfum?

Ternyata dalam Islam penggunaan parfum sangat dianjurkan. Allah berfirman,

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Transliterasi ayat, “innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn.”

Terjemah ayat, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” Q.S. Al-Baqarah (Sapi Betina) [2]: 222.

Ayat ini secara jelas menganjurkan kita untuk selalu menjaga diri dari hal-hal yang kotor, dan menjijikan atau al-Khoba’its, seperti bau badan karena keringat dan sebagainya.

Parfum atau minyak wangi adalah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Pernah pula Nabi shalallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Aku diberikan kesenangan di dunia ini, yaitu wanita, harum-haruman, dan kesejukan mata dalam shalat.” – H.R. An-Nasa’i.

Jelaslah bagi kita bahwa Nabi sendiri menganggap parfum sebagai sesuatu yang menyenangkan. Oleh karena itu, hendaklah kita jangan malas mengharumkan diri dengan aroma minyak wangi dan janganlah menolak apabila orang lain memberikannya kepada kita, “Siapa yang diberi harum-haruman hendaknya jangan menolak, karena sesungguhnya dia adalah ringan bebannya dan harum baunya.” ujar Nabi dalam H.R. Ahmad bin Hanbal, Abu Daud, dan an-Nasa’i.

Parfum kapan digunakan?

Berikut ini adalah beberapa keadaan yang dianjurkan Nabi shalallaahu ‘alayhi wa sallam kepada kita untuk menggunakan parfum:

  1. “Hendaknya setiap muslim mandi pada hari Jum’at, kemudian memakai pakaian yang terbaik, dan jika ia mempunyai wangi-wangian, maka hendaklah memakainya.” – H.R. Ahmad bin Hanbal;
  2. “Rasulullah pernah menyuruh mendirikan masjid di kampung dan meminta supaya dibersihkan dan diberi harum-haruman.” – H.R. al-Bukhari, Muslim at-Tirmidzi, dan Abu Dawud;
  3. “Berilah baitullah itu wangi-wangian karena yang demikian itu termasuk usaha membersihkannya.” – H.R. Ahmad bin Hanbal;
  4. Ketika hendak memulai ihram (haji dan umrah), Aisyah binti Abu Bakar meriwayatkan, “Aku pernah memberi wewangian kepada Nabi shalallaahu ‘alayhi wa sallam ketika (hendak) ihram dengan minyak wangi yang paling harum.” – Muttafaq ‘Alaih: Bukhari dan Muslim;
  5. “Rasulullah menyuruh pada dua hari raya agar memakai pakaian yang terbaik yang ia punyai dan memakai wewangian yang terharum yang dia peroleh, serta berkurban dengan (hewan) terbaik yang dia dapatkan.” – H.R. al-Hakim;
  6. Untuk wanita yang baru selesai haid, Aisyah binti Abu Bakar berkata, “Seorang perempuan dari kaum Anshar bertanya kepada Rasulullah mengenai cara mandi sesudah haid, Rasulullah bersabda, ‘Ambillah sedikit minyak wangi, lalu engkau gunakan untuk bersuci’.” – H.R. al-Jama’ah kecuali at-Tirmidzi.
  7. Bahkan disamping itu, parfum juga dapat digunakan saat sedang taaruf.

Demikianlah ulasan singkat mengenai parfum, untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif, bacalah konten lain seputar tata busana muslim.

Sumber: Dinukil dari Parfum Al-Naira.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Intania

Intania

Intan Sri Utami, S.E. Lulusan S1 Akuntansi - STIE Muhammadiyah Jakarta 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *