Selasa, September 28, 2021
BerandaNikahMemilih Suami Ideal Dalam Islam Sesuai Syari'at

Memilih Suami Ideal Dalam Islam Sesuai Syari’at

Teman muslim yang sama-sama kita mengharap rahmat Allah ‘Azza Wa Jalla. Jika di dalam hati terbersit pertanyaan, “Dengan siapa saya akan menikah?” atau “Suami ideal dalam Islam seperti apa?” maka hal tersebut merupakan tanda baiknya agama yang ada pada diri Anda. Hal itu juga berarti Anda memiliki bashirah (kemampuan mata hati untuk membedakan antara yang haq [حَقّ/benar] dengan yang bathil [الباطِل/salah]) yang kuat.

Jangan abai terhadap pertanyaan hati itu. Sebab ada lima hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menikah agar tidak menyesal dalam memilih suami ideal dalam Islam. Sehingga Anda tidak perlu merasa bingung ketika dilamar oleh seorang lelaki mukallaf.

Jika Anda tidak memperhatikan dengan siapa akan menikah. Maka alih-alih menjalani bahtera rumah tangga yang indah dan tentram, malah terlanjur naik ke pelaminan dengan lelaki yang membenci sunnah. wal ‘iyadzu billah (semoga Allah melindungi kita dari hal yang seperti ini).

suami ideal dalam islam
Jangan sampai menikah dengan lelaki yang membenci sunnah.

Pertanyaan: Saya seorang perempuan bercadar. Dua orang laki-laki datang melamar saya. Pelamar pertama adalah laki-laki berjenggot yang sedang menempuh studi ditingkat dua semester genap fakultas ekonomi, sementara saya telah lulus sebagai sarjana ekonomi.

Meski pun begitu, usianya lebih tua tiga tahun dari saya. Dia tidak memiliki banyak saudara (kakak atau adik), hanya satu orang saudara perempuan yang akan menikah di daerah yang jauh.

Pelamar kedua adalah seorang insinyur pertanian yang memiliki rumah pribadi. Dia memenuhi kriteria yang saya cari dalam hal keagamaan, seperti tidak berjabat tangan dan ikhtilath (bergaul bebas) dengan lawan jenis, dan lain-lain. Dia sangat komitmen terhadap agamanya dan akhlaknya amat mulia. Namun dia tidak berjenggot.

Keluarga saya di rumah menyerahkan semuanya kepada saya. Pilihan ini membuat saya bingung. Oleh karena itu, saya mohon Anda dapat menjelaskan pandangan tentang suami ideal dalam Islam mengenai hal ini, dengan mempertimbangkan bahwa kedua laki-laki tersebut berkecukupan dari sisi finansial.

Jawaban:

ينبغي اختيار الزوج الصالح في دينه، والأتقى لله جل وعلا في جميع أموره، والأحسن خلقًا، والأكمل عقلاً

Suami yang dipilih haruslah laki-laki yang shalih dalam agamanya, bertakwa kepada Allah dalam segala urusannya, paling bagus akhlaqnya, dan paling sempurna kecerdasannya. – Fatwa nomor 13.656

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam


اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
al-Lajnah ad-Da’imah lil-Buhuts al-‘Ilmiyyah wal-Ifta’
Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi

Ketua
عبد العزيز بن عبد الله بن باز
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Sumber Wajib Ditulis

teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -