Materi Sharing Session BLU Pusat P2H – Kementerian LHK

Materi Sharing Session BLU Pusat P2HKementerian LHK. Judul sesi: “The Ultimate Role of Content Creator in Industry 4.0 Era.”

Corporate Perspective

[ads script=”1″ ]

Kinerja dan capaian suatu K/ L (Kementerian/ Lembaga) dan Corporate (perusahaan) perlu dipublikasikan agar tidak memperoleh predikat “kerja keras dalam diam

Hal tersebut dapat diraih dengan jalan mempromosikan kinerja dan memberikan pemberitaan yang tepat. Mensosialisasikan pesan positif, [tooltip data=”Diseminasi (Bahasa Inggris: Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut. Diseminasi adalah proses penyebaran inovasi yang direncanakan, diarahkan, dan dikelola.” position=”top”]diseminasi[/tooltip] capaian kerja suatu K/ L dan Corporate. Suatu hal yang perlu menjadi concern seorang content creator adalah sepatutnya dia membicarakan narasi-narasi yang menginspirasi serta mencerdaskan bangsa.

Publikasi perlu disampaikan dengan Bahasa yang populer dan mudah dimengerti oleh setiap lapisan masyarakat atau secara khusus netizen (warganet)

Publikasi yang dihasilkan harus disebarkan kepada netizen secara berkesinambungan. Agar netizen memiliki gambaran yang utuh (tidak parsial) atas suatu berita atau event.

[line]

Creator Perspective

Membuat konten publikasi yang kreatif: didukung dengan kualitas fotografi/ video yang bagus; visualisasi angka dan data (infografis)

materi sharing session BLU Pusat P2H
Contoh infografis berjudul “Nature and Us” – Behance.

Peningkatan wawasan, kemampuan dan skill seorarang content creator patut dilakukan. Memahami bahwa multimedia dan desain grafis adalah disiplin ilmu yang bersifat [tooltip data=”pengetahuan lintas disiplin” position=”top”]cross disciplinary knowledge[/tooltip].

Oleh sebab itu seorang content creator dalam usaha meningkatkan kualitas diri sudah sepatutnya tidak antipati terhadap perkembangan yang terjadi di era Industry 4.0, membekali diri dengan [tooltip data=”Ketetapan hati (dalam mencapai maksud atau tujuan).” position=”top”]determinasi[/tooltip] dalam mempelajari hal-hal baru, melakukan daily experiment dengan beragam software pengolah video, audio dan gambar – because, there is always something new under the sun.

Sehingga pada akhirnya, publikasi yang dibuat oleh seorang content creator tidak hanya sampai ke publik, akan tetapi juga dipahami oleh publik (warganet) – menginspirasi, memotivasi dan mencerdaskan.

Anda adalah Content Creator

Dari perspektif empiris, seorang content creator sepatutnya sanggup bermental kuat. Jangan lemah hanya karena dihadapkan dengan revisi suatu karya, sebab pada hakikatnya revisi tersebut menjadikan karya anda lebih berkualitas.

Anda, jadilah seorang content creator yang kompeten, yang tidak hanya memiliki skill yang kampiun akan tetapi juga berwawasan luas.

[line]

Where I can Learn Something New?

Di mana kah anda dapat mengetahui dan mempelajari hal-hal yang baru? Untuk mengetahui trend yang berkembang dalam dunia desain grafis, broadcasting dan multimedia. Anda dapat memperolehnya melalui:

Youtube.com

Adobe Creative Cloud;
Cinema 4D by MAXON;
c4dUK;
ILMVisualFX;
MOBOX Graphics;
Twistereli;
thevfxbro;
Video Copilot;
WPBeginner – WordPress Tutorials.

Behance.net

Behance (baca Bihans) adalah jaringan situs  yang mengkhususkan diri dalam promosi diri (self-promotion), dapat juga dimengerti sebagai protal portofolio online. Behance dimiliki oleh Adobe.

Anda dapat membuat akun di Behance dan mendapatkan inspirasi dari hasil karya artist, desainer grafis, dan animator dunia lainnya.

[line]

Motion Design Trend 2019


Tahukah anda? Trend motion design tahun 2019, nampaknya belum akan banyak perubahan dibanding tahun sebelumnya.

Masih didominasi dengan animasi 3D, animasi logo (2D dan 3D), desain warna gradasi (gradient design). 

Kompilasi motion design trend tahun lalu yang masih akan mempengaruhi motion design trend tahun 2019 dapat disimak di Behance: Motion design trends 2018.

[line]

Download Materi Sharing Session BLU Pusat P2H – Kementerian LHK

[ads script=”1″ ]

UI UX Design: Download
Broadcast Design (img): Download
Broadcast Design (vid): Download

[line]

“Best Regards!”Affan | Desainer Grafis pada BLU Pusat P2HKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

 

Affan bin Umar

Penulis Artikel: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. // Disclaimer Penulis // Biografi penulis: Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.