HomeAkademikMa’had Daarussunnah Bekasi
Ma'had Daarussunnah Bekasi, Pondok Gede - Bekasi.

Ma’had Daarussunnah Bekasi

Akademik Ma'had Daarussunnah 2 likes 1K views share

Lokasi Ma’had Daarussunnah Bekasi

Kavling AURI, Jl. Kemang Sari IV/02 RT. 01/011 – Jatimakmur, Simpang Sari, Pondok Gede, Bekasi – Jawa Barat, Indonesia. 17413.

Telepon:

  • 021-84970055;
  • 021-84994343;
  • 087775323360;
  • 081316460094.

Peta:

Visi:

Menjadi lembaga Da’wah Islam yang profesional dalam bingkai Al-Qur-an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus Shalih.

Misi:
Mendorong kemandirian Ummat Islam dengan prinsip Akhlaq Mulia;
Memperkuat kapasitas dan kepedulian pelaku Da’wah Islam untuk berperan aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Tujuan:
Membantu terciptanya masyarakat yang senantiasa berupaya mentaati Al-Qur-an dan As-Sunnah sebagaimana pemahaman salafus Shalih, dan produktif.

Strategi:
Jangka Pendek ( 2008 – 2010 ):

– Membangun Gedung Sentra Da’wah;
– Melanjutkan dan Mengembangkan Program KNDI (Kajian Nilai Dasar Islam);
– Menjalankan Program Tahfizh Al-Qur’an 2 dan 4 Tahun;
– Mendirikan Radio DS (Daarussunnah);
– Membuka Kursus Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Komputer.

Jangka Menengah (2008 – 2013):

– Membuka TKIT, SDIT Dan SMPIT;
– Menjalankan Bisnis Kaveling Perumahan Daarussunnah Regensi;
– Menjalankan Bisnis Training/ Konsultan Manajemen Dan Pendidikan;
– Menjalankan Bisnis Sewa Mobil Operasional; Giant & Pabrik-pabrik.

Jangka Panjang (2008 – 2018):

– Membuka SMAIT dan SMKIT;
– Mendirikan Syari’ah Sport Centre; Swimming Pool & Futsal;
– Menjalankan Bisnis Kontraktor Rumah;
– Menjalankan Bisnis Biro Haji Dan Umrah (KBIH/ Travel Haji).

Sejarah Singkat

Diawali dengan kegiatan Da’wah Islam yang disiarkan oleh Radio Dakta 107 FM, Bekasi, lalu membentuk kajian umum untuk kalangan pendengar radio dengan nama Studi Islam Intensif (SII).

Sejak tahun 1998 kajian tersebut berdiri sendiri dan memakai nama program Kajian Nilai Dasar Islam (KNDI). Dikarenakan belum memiliki tempat permanen, kegiatan Da’wah Islam ini dilaksanakan dengan berpindah-pindah tempat, mulai dari kantor Radio Dakta – Bekasi, Sekolah Muhammadiyah, Roudhotul Jannah, An-Najahul Islami, Salsabila, Al-Muhajirin, hingga gedung Lembaga Kursus VISI Kalimalang Bekasi.

Seiring dengan meningkatnya kepercayaan jama’ah KNDI (Kajian Nilai Dasar Islam) serta keinginan kami untuk lebih intens berkiprah dalam Da’wah Islam yang berpedoman kepada Al-Qur-an dan As-Sunnah sebagaimana pemahaman Salafus Shalih di wilayah Bekasi dan sekitarnya, maka kami membentuk Yayasan Pesantren Islam Daarussunnah Bekasi, yang selanjutnya disebut dengan Daarussunnah, pada tanggal 12 November 2003 di Bekasi – Jawa Barat dan telah disahkan dengan Akta Notaris No. 4 Atik Nurul Hidayati, SH. dan diperbarui pada tanggal 22 Mei 2009 dengan Akta Notaris No. 29 Sawitri Hadiprayitno, SH. Yayasan Pesantren Islam Daarussunnah Bekasi telah disahkan pada tanggal 26 Juni 2009 dengan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU 2062.AH.01.04.Tahun 2009 dengan No. NPWP 21.082.588.1-432.000.

Alhamdulillah, mulai akhir bulan Januari 2008, kami telah memulai pembangunan gedung Sentra Da’wah Daarussunnah/ Ma’had Daarussunnah di atas tanah wakaf seluas 450 m2 yang beralamat di Kavling AURI Jl. Kemang Sari IV/02 RT. 01/011 Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok Gede, Kodya Bekasi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Saat ini, sebagian ruang gedung tersebut sudah dapat kami gunakan untuk kegiatan Program KNDI Ikhwan, Kajian Dwipekanan/ malam Ahad-an , Daurah dan Program Tahfizh Al-Qur-an.

Pada tanggal 2 Juli 2009, Alhamdulillah, kami telah menerima tanah wakaf seluas 450 m2, yang terletak di sebelah barat gedung Sentra Da’wah Daarussunnah/ Ma’had Daarussunnah. Tanah tersebut kami rencanakan penggunaannya untuk Masjid Daarussunnah dan asrama santri Tahfizh Al-Qur’an.

Kegiatan Yang Telah dan Tengah Berjalan

KNDI (Kajian Nilai Dasar Islam)

Kajian yang saat ini menggunakan gedung Sentra Da’wah Daarussunnah dan gedung Bimbel VISI kalimalang Bekasi ini, terdiri dari 5 kelas akhawat dan 2 kelas ikhwan berasal dari kaum muslimin se Jabodetabek, dengan materi yang diajarkan meliputi materi Ushul Aqidah, Ushul Tafsir, Ilmu Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, Tajwid/ Tahsin dan materi lainnya, yang masing-masing diajarkan per semester selama 6 bulan. KNDI merupakan pendidikan alternatif yang diadakan setiap hari Ahad I, II, III dan IV bagi para karyawan dan pekerja yang umumnya tidak memiliki banyak waktu luang pada hari-hari libur saja.

Kajian Umum/ Tabligh Akbar

Tabligh Akbar diadakan dalam rangka memberikan informasi ajaran Islam kepada khalayak umum, dengan materi kajian seputar mengenal Ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang mengikuti pemahaman Salafus Shalih, dan juga mengenal ajaran-ajaran sesat yang semakin meresahkan Ummat Islam.

Bakti Sosial

Menyalurkan ZIS untuk menyantuni fakir miskin,yatim dan dhu’afa di daerah-daerah rawan kristenisasi, mengirim makanan dan baju layak pakai ke daerah-daerah yang terkena musibah gempa dan banjir.

Penyaluran Daging Hewan Qurban

Setiap hari raya Idul Adh-ha, YPI Daarussunnah – Bekasi menyalurkan Qurban dari peserta KNDI dan jama’ah binaan para Ustadz Daarussunnah dan disalurkan ke daerah miskin rawan kristenisasi di Bekasi Utara dan Pondok Pesantren AL-WAFA di Setu, Bekasi, juga di lingkungan Daarussunnah sendiri yang masih banyak harus mendapatkan perhatian.

Buka Bersama/ Ifthar Jama’i

Setiap bulan ramadhan, YPI Daarussunnah – Bekasi mengadakan buka bersama kaum Dhu’afa di daerah miskin dan Yayasan Yatim dan Dhu’afaa di Bekasi.

Khitan Massal

Beberapa kali YPI Daarussunnah – Bekasi mengadakan khitan massal bagi anak-anak kaum Dhu’afa yang dananya terhimpun dari infaq dan shadaqah kaum Muslimin, memberikan bingkisan sarung, baju koko, peci dan uang saku.

Mobil Janazah

Sejak awal tahun 2007, YPI Daarussunnah – Bekasi mendapat kepercayaan dari Biro Haji dan Umroh Raudhah Amani Wisata ( RAMANI ) Jakarta berupa Mobil Jenazah. Mobil ini diperuntukkan bagi kaum Muslimin yang terkena musibah kematian, yang tidak dipungut biaya tertentu. Mengingat mahalnya tarif untuk membawa jenazah dari rumah duka ke tempat pemakaman, maka YPI Daarussunnah – Bekasi membantu mereka yang tidak mampu khususnya, hanya sekedar mengeluarkan infaq semampunya saja.

Pelatihan Penanganan Jazanah

Mengingat kematian pasti akan menimpa siapa saja, maka YPI Daarussunnah – Bekasi membuka kerjasama dengan kaum Muslimin untuk mengadakan pelatihan penyelenggaran jenazah. Alhamdulillah, pada hari Sabtu – Ahad, tangal 26 – 27 Januari 2008, kami telah mengadakan pelatihan tersebut di Pesantren kilat Al-Hikmah – Ciawi, Jawa Barat, bekerja sama dengan DKM Shirotol Mustaqim PT Showa Indonesia Manufacturing Cikarang – Bekasi yang diikuti oleh 75 peserta.

Program Tahfizh Al-Qur’an

Program ini dimulai oleh YPI Daarussunnah – Bekasi pada tanggal 3 Agustus 2009 M. dimaksudkan untuk memfasilitasi generasi muda yang berkeinginan untuk menjadi penghafal Al-Qur-an dengan batas waktu 2 – 4 tahun. Selama masa belajar, setiap santri diberi tunjangan dalam bentuk bebas biaya belajar, makan/ minum dan akomodasi.

Kajian malam Ahad

Kajian dengan berbagai tema Aqidah, Ibadah dan Akhlaq serta problematika umat sangat dinanti dan banyak diminati oleh kaum Muslimin, sehingga kami memberikan fasilitas bagi mereka untuk mendapatkan informasi ilmiyah dari beberapa Nara Sumber yang kompeten dan menguasai bidangnya, terutama dari Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia – Pusat, diantaranya : Ust. KH. Muzayyin Abdul Wahab,Lc, Ust. H. Syamsul Bahri, Ust. H. Imam Zamroji, MA., Ust..Drs. H. Hayat Setiawan, Ust. Drs.H Hartono Ahmad Jaiz, Ust. Agus Hasan Bashori,Lc,MAg, dan lain-lainnya.

Posko ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah)

Yayasan Daarussunnah membuka posko untuk menerima dan menyalurkan ZIS kaum muslimin kepada santri dan kaum Dhu’afa.

Penyediaan Air Minum RO – Gratis

Dalam rangka memenuhi hadits Nabi SAW tentang keutamaan memberi minum kepada kaum Muslimin, maka dengan izin Allah SWT dua hamba Allah –semoga Allah menyayangnya- memberikan infaq untuk pengadaan Air minum RO gratis bagi warga sekitar Yayasan.

Susunan Organisasi Ma’had Daarussunnah

Ketua Pembina:
H. Djadjang Sudrajat

Anggota Pembina:
Ust. Drs. Asep Sofyan Hamidy
Sudadi
Denny Armansyah

Pengawas:
Rosid Djuhaeri

Ketua Pengurus:
Ust. Ibadurrohman Abdul Mughni

Wakil Ketua:
Ust. Khairul Yamin Abdul Mughni

Sekretaris:
Rahmat Syafi’i
Ust. Khairul Yamin Abdul Mughni

Bendahara:
Tohari
M. Zainuddin

Pengelola Ma’had:
Sihabuddin Umar, SE., MM.

Tenaga Pengajar:
Ust. Ibadurrohman Abdul Mughni
Ust. Drs. Asep Sofyan Hamidy
Ust. M. Syu’aib Al-Faiz, Lc., MSi.
Muslim Arif, Lc.
Muhibburrahman, Lc.
Drs. Ade Enjang
Sihabuddin Umar, SE., MM.
Ust. Ibnu Sina
Ust. Khairul Yamin Abdul Mughni

Website:

E-Mail:

  • info@daarussunnah-bekasi.net

Gambar:

  • Mizan Nur

Video:

  • Ma’had Daarussunnah – Bekasi

Sumber:

  • daarussunnah.blogspot.co.id

Disusun oleh:

  •  Tasha | Artikel ini: 100% Affiliate Free!

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer