HomeDaftarMacam-Macam Karakter Orang yang Mengikuti Program Ta’aruf Online
taaruf online

Macam-Macam Karakter Orang yang Mengikuti Program Ta’aruf Online

Daftar Taaruf Tata Cara Muslim 6 likes 728 views share

Bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan platform Taaruf Online, saat ini dapat segera mendaftar dan menentukan sendiri kriteria calon pasangan hidup sesuai dengan kriteria masing-masing dan membaca panduannya   terlebih dahulu.

Berdasar analisa yang kami lakukan, ada 2 (dua) tipe peserta taaruf online apabila dilihat dari konten biodata taaruf yang diisi:

  • Pertama, mereka (ikhwan dan akhwat) yang menulis biodata dengan lengkap dan terperinci;
  • Kedua, mereka yang menulis biodata dengan singkat, namun ini tidak berarti jelas dan padat.

Karakter pertama adalah orang yang lebih banyak mendengarkan, meneliti, daripada bertanya. Sementara karakter kedua adalah orang yang lebih banyak bertanya daripada membaca (biodata taaruf pasangannya).



Bertanya bukanlah hal yang salah, ia adalah cara  untuk mengetahui sesuatu yang belum nampak atau sesuatu yang ingin dipahami lebih jauh. Terlebih pertanyaan itu diajukan dengan tata bahasa yang baik, maka ini lah cerminan seorang muslim yang beradab. Akan tetapi, hendaklah seseorang itu tidak banyak bertanya ihwal yang sudah tertulis dalam biodata taaruf pasangannya. Bagi sebagian orang (yang ditanya), sikap seperti ini masih dapat dimaklumi dan dimaafkan.

Akan tetapi apabila pihak yang bertanya sering menanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah ditulis dalam biodata taaruf, hal ini berpotensi menyinggung perasaan orang lain. Hal yang demikian itu juga mencerminkan sikap kurang perhatian. Padahal untuk melakukan suatu pembuktian yang besar seseorang itu harus memulai dari langkah yang paling dasar, yakni: mengetahui, memahami karakter, serta memperhatikan seseorang yang kelak akan menjadi pasangan hidupnya.

Terutama memperhatikan kebaikan Agama yang ada pada dirinya. Sebab ini lah penentu akhir. Khitbah (melamar), atau Cari yang Lain.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer