HomeIntisari Cahaya IlmuBirrul WalidainKisah Inspiratif: Pergi berobat ke Rumah Sakit sendiri saja atau mau diantar anak?
birrul walidain, berbakti kepada kedua orang tua, teman shalih

Kisah Inspiratif: Pergi berobat ke Rumah Sakit sendiri saja atau mau diantar anak?

Birrul Walidain 0 0 likes share

Apabila seseorang menginginkan dimasa tua-nya dirawat oleh anak-anaknya, maka pada waktu muda ia harus membiasakan diri dengan merawat dan memenuhi kebutuhan orangtuanya. Artinya ia memberikan contoh kepada anak-anaknya mengenai kutamaan hidup sebagai anak shalih dengan berbakti kepada orang tua, memenuhi kebutuhan mereka yang sudah lanjut usia.

Sebab anak akan mengikuti apa yang dikerjakan oleh orangtuanya, sehingga seseorang itu akan lebih mudah dalam mendidik anak-anaknya karena diiringi dengan contoh yang nyata, hal ini terbukti secara empiris. Sementara itu mafhum bahwa Birrul Walidain merupakan perintah Allah جل جلاله dan Rasul-Nya ﷺ yang berkonsekuensi kepada Pahala apabila dikerjakan.

Semoga Allah جل جلاله melapangkan hati kaum muslimin; menjadikan hati mereka ikhlas dan memudahkan langkah mereka dalam beribadah dan beramal shalih yang sifat dan caranya (/manhaj) tidak menyelisihi Sunnah Rasul dan para Shahabat, serta melipat gandakan ganjaran/pahala (Az-Ziyaadah) bagi orang-orang mukmin hingga terus bertambah sampai pada puncak kenikmatan surga yakni melihat Wajah Allah جل جلاله.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

841 total views, 2 views today