Kiat Ikhlas Menuntut Ilmu

Apabila ada yang bertanya, “Bagaimana caranya agar ikhlas menuntut ilmu?” Maka jawabannya, yakni agar ikhlas menuntut ilmu, dapat dicapai dengan beberapa cara yaitu:

1. Niat Memenuhi Perintah Allah ‘Azza Wa Jalla

Seseorang itu harus berniat menuntut ilmu untuk menjalankan perintah Allah ‘Azza Wa Jalla, karena memang Allah ‘Azza Wa Jalla memerintahkannya. Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ

Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Ilah (Yang Haq) melainkan Allah …” – Q.S. Muhammad [surat ke-47]: ayat nomor 19.

Dalam ayat ini Allah ‘Azza Wa Jalla menganjurkan untuk menuntut ilmu, dan anjuran untuk melakukan sebuah perbuatan berarti perbuatan tersebut dicintai, diridhai dan diperintahkan oleh-Nya.

2. Berniat Menjaga Syari’at Allah ‘Azza Wa Jalla

Seseorang itu harus berniat untuk menjaga syari’at Allah, karena menjaga syari’at Allah dapat dilakukan dengan belajar, baik dengan cara menghafal, menulis serta mengarang kitab.

3. Berniat Membela Syari’at Allah ‘Azza Wa Jalla

Seseorang itu hendaknya berniat juga untuk membela syari’at Allah, karena seandainya tidak ada ‘Ulama maka syari’at ini tidak akan terjamin kebenarannya, juga tidak ada seorang pun yang akan membelanya. Oleh karena itu Syaikhul Islam Ibnu Taymiyyah dan para ‘Ulama lainnya yang membantah ahli bid’ah dan menjelaskan kesesatan-nya, kita dapati mereka memperoleh banyak kebaikan.

4. Berniat Mutaba’ah/ Mengikuti Ajaran Rasulullah Shalallaahu ‘Alaihi Wa Sallam

Sebab seorang muslim tidak mungkin dapat mengikuti ajaran Rasulullah dengan manhaj (sifat dan cara beragama) yang benar kecuali jika dirinya mengetahuinya terlebih dahulu dengan cara menuntut ilmu Agama yang shahih dengan sifat dan cara pengamalan yang benar.

Diintisarikan dari:

  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin. 1424 H/ 2003 M. Syarah Adab & Manfaat Menuntut Ilmu (Syarh Hilyah Thaalibil ‘Ilmi). Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
  • Doa Kafaratul Majelis:

    سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

    “Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
    Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

    Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

    مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

    "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
    Konten Asli Protected by Copyscape

    1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

    2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

    3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

    4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

    5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

    Jazakumullah Khayran.

    Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

    teman shalih

    teman shalih

    Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.