Taaruf: Berbagai Karakter Peserta Taaruf Online

Bagi teman-teman yang belum terbiasa dengan platform Taaruf Online, saat ini dapat segera mendaftar dan menentukan sendiri kriteria calon pasangan hidup sesuai dengan kriteria masing-masing dan membaca panduannya terlebih dahulu.

Berdasar pendekatan empiris, ada 2 (dua) tipe karakter peserta taaruf online apabila dilihat dari konten biodata taaruf yang dibuat:

  • Pertama, mereka (ikhwan dan akhwat) yang menulis biodata dengan lengkap dan terperinci;
  • Kedua, mereka yang menulis biodata dengan singkat, namun ini tidak berarti jelas dan padat.

Karakter pertama adalah orang yang lebih banyak mendengarkan, meneliti, daripada bertanya. Sementara karakter kedua adalah orang yang lebih banyak bertanya daripada membaca (biodata taaruf pasangannya).

Bertanya bukanlah hal yang salah, ia adalah cara  untuk mengetahui sesuatu yang belum nampak atau sesuatu yang ingin dipahami lebih jauh. Terlebih pertanyaan itu diajukan dengan tata bahasa yang baik, maka ini lah cerminan seorang muslim yang beradab. Akan tetapi, hendaklah seseorang itu tidak banyak bertanya ihwal yang sudah tertulis dalam biodata taaruf pasangannya. Bagi sebagian orang (yang ditanya), sikap seperti ini masih dapat dimaklumi dan dimaafkan.

Akan tetapi apabila pihak yang bertanya sering menanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah ditulis dalam biodata taaruf, hal ini berpotensi menyinggung perasaan orang lain. Hal yang demikian itu juga mencerminkan sikap kurang perhatian.

Padahal untuk melakukan suatu pembuktian yang besar seseorang itu harus memulai dari langkah yang paling dasar, yakni: mengetahui, memahami karakter, serta memperhatikan seseorang yang kelak akan menjadi pasangan hidupnya.

Terutama memperhatikan kebaikan Agama yang ada pada dirinya. Sebab ini lah penentu akhir. Apabila pemahaman aqidahnya baik, maka Khitbah (melamar), kalau tidak cari yang lain.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.

Satu tanggapan untuk “Taaruf: Berbagai Karakter Peserta Taaruf Online

Komentar ditutup.