HomeDaftarKaidah dan Syarat-Syarat Jihad
syarat jihad fii sabilillaah

Kaidah dan Syarat-Syarat Jihad

Daftar Intisari Cahaya Ilmu Jihad 1 likes 347 views share

6. Jihad Harus Dilaksanakan bersama Ulil Amri, baik Ulil Amri itu Baik maupun Jahat

7. Jihad Sesuai dengan Keadaan

Hendaknya Jihaad Fii Sabilillaah dilakukan sesuai dengan keadaan mereka, sedang lemah atau kuat. Karena keadaan itu berubah-ubah sesuai waktu dan tempat.

8. Hasil yang Jelas

Jihad itu harus menghasilkan kebaikan yang jelas, agar tidak ada kerusakan yang lebih besar.

Kesimpulan dalam syarat jihad, wajib berhukum kepada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi صلى الله عليه وسلم dalam setiap perkara yang kecil maupun besar, dan itu mencakup empat hal yani:

  • Keyakinan yang Shahih;
  • Niat yang ikhlas;
  • Tawakkal yang benar; dan
  • Mengikuti contoh Nabi صلى الله عليه وسلم dengan baik.

Seorang mujahid  (orang yang berjihad) jika tidak berpegang kepada pemahaman yang sahahih, maka perkataan dan perbuatannya tidak selamat dari kerusakan dan penyimpangan. Karena aqidah yang shahih merupakan dasar yang penting untuk mengeluarkan perkataan dan perbuatan yang benar.

Seorang mujahid yang tidak berpegang kepada niat yang ikhlas dalam setiap perkataan dan perbuatannya, maka jihadnya tidak untuk mengharapkan wajah Allah dan meninggikan kalimat Allah, tetapi menjadi untuk kesenangan dirinya dan hawa nafsunya.

Seorang mujahid yang tidak berpegang kepada tawakkal yang benar kepada Allah عزَ وجل, maka dia tidak dapat tetap dalam berjihad fii sabilillaah dan tidak kuat menahan kesulitan-kesulitannya. Bahkan tekadnya akan melemah dan harapannya berkurang untuk menolong agama Allah عزَ وجل.

Dan seorang mujahid yang tidak berpegang kepada Sunnah Nabi صلى الله عليه وسلم yang shahih, maka jihadnya tidak benar dan dia akan melakukan bid’ah-bid’ah dan penyimpangan-penyimpangan. Bahkan jihadnya menjadi kerusakan bagi dirinya dan orang lain. – Al-Quthuful Jiyaad Fii Hikami wa Ahkaamil Jihaad, hal. 34- 35.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer