Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaTeknologiJOKOKEHATI: Website Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia

JOKOKEHATI: Website Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia

Apa itu JokoKehati? Sebelum membahas tentang website Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) – JokoKehati.Com, yuk simak terlebih dahulu hubungan antara ajaran Islam dengan kelestarian alam dan lingkungan hidup.

1. Rahmat Islam bagi Manusia, Alam, dan Hewan

Tahu kah teman? Bahwa Islam adalah agama yang rahmat-nya meliputi alam malaikat, manusia, jin, dan hewan.

Manusia dan hewan (beserta tetumbuhan dan phon) berada pada alam zhahir yang sama.

Islam mengajarkan pemeluknya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Sebagaimana disebut dalam nash hadits berikut ini:

Hadits ke-1: Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

المؤْمِنُ يَأْلَفُ وَيُؤْلَفُ وَلاَ خَيْرَ فِيْمَنْ لاَ يَأْلَفُ وَلاَ يُؤْلَفُ وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Seorang mukmin itu adalah orang yang bisa menerima dan diterima orang lain, dan tidak ada kebaikan bagi orang yang tidak bisa menerima dan tidak bisa diterima orang lain. Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, no. 5949. Syaikh Al-Albani menghasankan dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 426).

Hadits ke-2: Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُمِّ مَعْبَدٍ حَائِطًا فَقَالَ يَا أُمَّ مَعْبَدٍ مَنْ غَرَسَ هَذَا النَّخْلَ أَ مُسْلِمٌ أَمْ كَافِرٌ فَقَالَتْ بَلْ مُسْلِمٌ قَالَ فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلاَ دَابَّةٌ وَلاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memasuki kebun Ummu Ma’bad, kemudian beliau bersabda, “Wahai Ummu Ma’bad, siapakah yang menanam kurma ini, seorang muslim atau seorang kafir?” Ummu Ma’bad berkata, “Seorang muslim.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung kecuali hal itu merupakan shadaqah untuknya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim, no. 1552).

2. JokoKehati.Com

Hal menarik bagi kalangan forestry dan umum di awal tahun 2021 M datang dari kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghut) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kerja sama tersebut berupa dukungan teknis dalam pembuatan website yang mengusung konsep jaringan online kelola keanekaragaman hutan hujan tropis di Indonesia, kemudian disingkat menjadi JokoKehati.

Nama ini yang dijadikan dasar dalam pemilihan domain website JokoKehati.Com.

logo website jokokehati.com
Logo website JokoKehati.Com | Desainer: Affan

Website JokoKehati.Com akan menjadi pusat berita dan informasi Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI). Banyak hal menarik dan bermanfaat yang dapat diterima oleh pengunjung website ini, di antaranya sebagai berikut:

  1. mulai dari jadwal event yang akan diselenggarakan;
  2. fasilitas unggulan di TH2TI;
  3. fitur kamera 360 derajat;
  4. formulir pendaftaran membership;
  5. daftar spot-spot menarik bagi pengunjung untuk membuat swafoto;
  6. publikasi ilmiah para peneliti nasional yang dapat diunduh; serta
  7. fitur dashboard yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan akademisi (pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa universitas) untuk memperoleh data realtime tentang keanekaragaman hayati yang ada di TH2TI
  8. Website bilingual mendukung translasi dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab, China, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

2.1 Fakta Menarik JokoKehati.Com

Selain itu, fakta lain yang tidak kalah serunya adalah lokasi ekowisata superblok ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 8 Februari 2020.

Kegiatan peresmian bertepatan dengan periode tanam di musim penghujan, yang dimanfaatkan Presiden Joko Widodo dengan menanam pohon Mersawa (Anisoptera marginata Korth.), sebagai simbol taman spesies endemik Inonesia.

pohon mersawa
Pohon Mersawa yang ditanam oleh Presiden Jokowi | Sumber foto: ppid.menlhk.go.id

Dinukil dari ppid.menlhk.go.id diberitakan bahwa selain tersebut di atas kegiatan peresmian ini juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh Indonesia. Turut hadir pula jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya KLHK, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK, Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Kalimantan Selatan, kelompok tani KBD, tokoh masyarakat, pelajar, serta para pemerhati kehutanan.

Jadi nggak ada salahnya kan website tersebut dinamai JokoKehati.Com?Unik dan menarik.

Kini, tegakan-tegakan telah tumbuh menjadi pohon yang rimbun, di setiap batang pohonnya telah dipasang QR code. Sehingga, para pengunjung dapat mengetahui data setiap pohon seperti:

  1. Nama latin;
  2. Tahun tanam;
  3. Perkembangan diameter lingkar pohon;
  4. Keberadaan pohon pada blok;

Yang data-data tersebut secara khusus terangkum dalam sistem Dashboard TH2TI di website JokoKehati.Com, kita tunggu saja ya teman-teman kapan fitur itu dibuka kembali untuk umum.

2.2 Launching Website JokoKehati.Com

Setelah menempuh proses yang panjang mulai dari rapat dan screening tampilan desain website sejak awal pembuatan di bulan Oktober 2020, JokoKehati.Com direncanakan launching pada Januari 2021.

Semoga pelajar muslim di Indonesia dapat memanfaatkan informasi dan beargan fitur di website Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia – JokoKehati.Com untuk keperluan akademis.

Barakallaahu Fiikum.


Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Penulis TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.
Tulisan ini memuat featuring image. Sumber: Kontributor.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih. Jazakumullah Khairan.

Affan bin Umarhttps://temanshalih.com
Penulis Artikel: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. // Disclaimer Penulis // Biografi penulis: Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019; Analis Kerja Sama Luar Negeri Jakarta Pusat 2021 ; Tim developer website Minamata Convention PBB Jakarta Pusat 2021.
KONTEN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Open chat