Download: Infografis – Tingkatan Muslim

Apa saja tingkatan-tingkatan seorang Muslim?

Allah ﷻ berfirman,

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzhalimi diri sendiri, ada yang pertengahan, dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar.- Q.S. Fatir (Pencipta) [35]: 32
Tafsirnya,

Setelah kehancuran umat-umat itu, Kami berikan kitab Al-Qur’an kepada umat Muhammad yang terpilih; di antara mereka ada yang Zhalim Linafsih (menzhalimi diri sendiri) dengan melakukan banyak kemaksiyatan, Muqtashid (pertengahan) yaitu orang yang melaksanakan kewajiban dan menjauhi hal yang diharamkan, dan Sabiqun bil Khayrat Biidznillah (bersegera dalam kebaikan dengan izin Allah) yaitu orang yang bersegera dan bersungguh-sungguh dalam beramal shalih, baik yang fardhu maupun yang nafilah. Diberikannya kitab dan dipilihnya umat ini merupakan karunia yang besar.- Q.S. Fatir (Pencipta) [35]: 32, Kitab At-Tafsir Al-Muyassar mushaf Al-Madinah An-Nabawiah (At-Tafsirul Muyassaru)

 


Catatan Penting:

[list icon=”fa-check-square-o”]

  • Ihsan mencakup Iman, dan Iman mencakup Islam. Muhsin lebih utama daripada Mukmin dan Mukmin lebih utama daripada Muslim.
  • Menzhalimi diri sendiri artinya membiarkan diri dalam keadaan bermaksiyat kepada Allah ﷻ dan Rasul-Nya ﷺ, yang kemaksiyatan itu berkonsekuensi kepada dosa dan azab.

[/list]

[line]

[ads script=”1″ ]

[line]

Maraji’ (Senarai Pustaka):

[list icon=”fa-book”]

  • Kitab suci Al-Qur’an.
  • Tim Ulama Mushaf Syarif Mujamak Malik Fahd. At-Tafsirul Muyassaru – Terjemah Kitab At-Tafsir Al-Muyassar mushaf Al-Madinah An-Nabawiah. 1437 H. Solo: Ma’had Tahfizhul Qur’an Isy Karima.
  • Syaikhul Islam ibn Taymiyyah Rahimahullah. 1409 H. Kitabul Iman. Beirut: Dar Ihya’ Al-Ilmu. – Buku terjemah: Al-Iman.
  • Syaikh Musthafa Al-‘Adawi. 1433 H. Al-Bayan fi Ma’ani Kalimat Al-Qur’an. Mesir: Maktabah Makkah. (1437 H. Al Bayan Kamus Kosakata Al-Qur’an. Solo: Zam Zam Mata Air Ilmu).

[/list]

Download:
[download id=”1005″]

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih


teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.