Hukum Menyemir Jenggot dengan Warna Hitam

Pertanyaan ihwal Hukum Menyemir Jenggot

Pertanyaan ihwal hukum menyemir jenggot: Sejauh manakah keabsahan hadits-hadits yang menjelaskan masalah menyemir jenggot (hukum menyemir jenggot) dengan warna hitam? Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang notabene berilmu yang menyemir jenggot dengan warna hitam.

Jawaban

[ads script=”3″ ]

Berkenaan dengan masalah tersebut banyak sekali hadits-hadits shahih yang menjelaskan tentang status hukumnya dan di antara hadits yang cukup terkenal (masyhur) ialah hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Radhiy-Allaahu-‘Anhu dari Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wa Sallam, seraya berkata,

Ketika Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wa Sallam melihat kepala dan jenggot Walid ash-Shiddiq seperti pohon tsaghomah berwarna putih, maka beliau bersabda,

غَيِّرُوا هَذَا بِشَىْءٍ وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ

Rubahlah (warna) rambut ini dengan sesuatu dan jauhilah warna hitam. – Shahih Muslim nomor 2102 (كتاب اللباس والزينة).

Dalam riwayat lain,

وَجَنِّبُوْهُ السَّوَادَ

Dan jauhilah warna hitam darinya.

Kemudian hadits Ibnu Abbas, yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Dawud dan an-Nasa’i dengan sanad yang shahih dari Ibnu Abbas Radhiy-Allaahu-‘Anhu, bahwa Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda

يَكُونُ قَوْمٌ يَخْضِبُونَ فِي آخِرِ الزَّمَانِ بِالسَّوَادِ كَحَوَاصِلِ الْحَمَامِ لاَ يَرِيحُونَ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ

Pada akhir zaman nanti akan muncul suatu kaum yang menyemir rambutnya dengan warna hitam seperti tembolok merpati, mereka tidak akan mencium bau surga. –  Shahih (Al-Albani): Abu Dawud nomor 4212 (كتاب الترجل).

Dari Abu Hurairah Radhiy-Allaahu-‘Anhu, Nabi Shalallaahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى لاَ يَصْبُغُوْنَ فَخَالِفُوْهُمْ

Sesungguhnya kaum Yahudi dan Nashara (Nasrani) tidak menyemir rambut mereka. – Sahih al-Bukhari nomor 3462 (كتاب أحاديث الأنبياء), Sahih Muslim nomor 2103 (كتاب اللباس والزينة).

Menyemir jenggot dan rambut merupakan sunnah yang terus berjalan, maka hendaknya bagi kaum muslimin (lelaki mukallaf) untuk mengidupkannya – menyibukkan diri dengan memelihara jenggot, apalagi hal tersebut untuk menyelisihi (bara’ah) orang-orang kafir.

[ads script=”3″ ]

Dinukil dari:

[list icon=”fa-book”]

  • Khalid al-Juraisi, Fatwa-Fatwa Terkini, (Jakarta : Darul Haq, 1437 H/ 2016 M), hal. 18-19. – Kitab terjemah dari judul asli: Al-Fatawa asy-Syar’iyyah Fi al-Masa’il al-’Ashriyyah Min Fatawa Ulama’ al-Balad al-Haram.
  • Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi, Bangga Dengan Jenggot, (Gresik: Pustaka An-Nabawi, 1432 H/ 2011 M), hal. 55.

[/list]

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.