Senin, Oktober 18, 2021
BerandaHadits PendekKumpulan Hadits Tentang Silaturahmi: Matan Arab, Latin, Terjemah, Sanad

Kumpulan Hadits Tentang Silaturahmi: Matan Arab, Latin, Terjemah, Sanad

Hadits pendek tentang silaturahmi ini menunjukkan tentang manfaat dari silaturahmi: (1) diluaskan rizki; (2) dipanjangkan umur.

Baca juga: Hadits Pendek tentang Menyatakan Cinta yang Shahih

Nabi shalallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِيْ أَثْرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Transliterasi matan hadits silaturahmi: Man ahabba ay-yubsatho lahu fir-rizqi, wayunsa’a lahu fii atsarihi wal yashil rahimahu.

Terjemah hadits silaturahim: “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silautrahim.” – Hadits Shahih: Al-Bukari nomor 5985, 5986 (كتاب الأدب), Muslim nomor 2557 (كتاب البر والصلة والآداب), Abu Dawud nomor 1963 (كتاب الزكاة), dari Shahabat Anas bin Malik radhiy-allaahu-anhu.

Dalam hadits yang lain, Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallaahu’anhu, Rasulullah shalallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الوَاصِلُ بِالمُكَافِئ، وَلكِنَّ الوَاصِلَ الَّذِي إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Transliterasi matan hadits silaturahmi: Laysa Al-Wasilu bil mukafi, walakinna Al-Wasil alladzi idza qatha’at rahimuhu wa shalaha.

Terjemah hadits: “Al-Wasil (orang yang menyambung silaturahmi) bukan yang sekedar membalas, Al-Wasil yang sesungguhnya adalah orang yang apabila diputus silaturahmi (silaturahim) kepadanya ia menyambungnya.” – Hadits Shahih (Al-Albani): H.R. Bukhari nomor 5991 (كتاب الأدب), Sunan Abi Dawud nomor 1697 (كتاب الزكاة), Adabul Mufrad nomor 68 (كتاب صِلَةِ الرَّحِمِ), Jami` at-Tirmidzi nomor 1908 (كتاب البر والصلة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم), lafazh ini milik Bukhari.

Hadits ini menunjukkan perlunya menyambung silaturahim yang diputus, sebab dengan begitu niscaya hubungan silaturahim antar keluarga dan ukhuwah islamiyah antar saudara muslim akan tetap terjaga dan menguat.

Baca juga: Kumpulan Hadits Pendek yang Mudah Dihapal

Demikian hadits pendek tentang silaturahim (istilah yang benar adalah silaturahim, bukan silaturahmi) yang diambil dari Shaih Bukhari dan Muslim.

Sumber: Maraaji' (Senarai Pustaka).
Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang.

teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online informasi akademik muslim dan edukasi kontra terorisme. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -