Hadits Pendek tentang Menyatakan Cinta

Guna mempererat Ukhuwah Islamiyyah, maka hendaklah kaum muslimin (1) menjaga lisan, sebagaimana perintah dalam hadits berkata baik atau diam; dan juga (2) tidak sungkan untuk mengungkapkan perasaan cintanya (mahabbah). Sebagaimana hal tersebut memang diperintahkan oleh Rasulullāh dalam hadits pendek tentang menyatakan cinta.

Dalam terminologi (istilah) bahasa Arab, kata dasarnya yakni hubb (حُبّ) yang berarti: cinta, kasih, kesenangan, kegemaran, asmara. Sementara mahabbah (مَحَبَّة) memiliki arti kata perasaan cinta.

hadits pendek: menyatakan cinta
Hadits pendek tentang menyatakan cinta (hadits hasan)

Rasulullāh صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُعْلِمْهُ إِيَّاهُ

Transliterasi matan hadits: Idza ahabba ahadukum akhohu fal yu’limhu iyyaahu.

Terjemah hadits: “Apabila seseorang mencintai saudaranya maka hendaklah dia memberi tau bahwa dia mencintainya.” – Hadits Hasan (al-Albani): at-Tirmidzi nomor 2392 (كتاب الزهد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم).

Pertanyaan Mengenai Hadits Menyatakan Cinta

Kepada siapa menyatakan cinta?

Seorang muslim dapat menyatakan cinta kepada siapa pun yang anda kehendaki, selama orang tersebut beragama Islam. Kepada kedua orangtua yang itu berarti juga bentuk dari birrul walidain, istri/suami, kepada saudara kandung, keluarga, kerabat. Bahkan kepada calon teman hidup, ketika prosesi taaruf. Seorang muslim dapat menyatakan cinta jika menemukan kecocokan dengan pasangan taarufnya.

Kapan waktu yang tepat untuk menyatakan cinta?

Seorang muslim itu dapat menyatakan cinta dalam setiap waktu, tidak ada waktu khusus untuk melakukannya. Artinya, dapat dilakukan ketika hari-hari biasa, ketika hari raya, Idul Fithr (hari raya berbuka puasa) dan Idul Adhha (hari raya ber-qurban), dan bahkan ketika taaruf sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

Mengapa saya sulit mengungkapkan perasaan cinta?

Perasaan sulit itu disebut masyaqqah. Untuk menghilangkan perasaan berat itu, maka seorang muslim sepatutnya berusaha untuk menumbuhkan kecintaan terhadap amal shalih dan berniat untuk memperoleh ganjaran pahala. Meyakini bahwa setiap yang diperintahkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla dan Rasul-Nya shalallaahu ‘alayhi wa sallam niscaya membawa kebaikan kepada dirinya. Sehingga mudah baginya untuk bersikap penuh cinta kasih terhadap sesama saudara muslim.

Agar dicatat sebagai amal shalih, maka hendaklah berusaha mengamalkan hadits ini dengan niat mutaba’ah (mengikuti sunnah Rasul) dan ikhlas mengharap Wajah Allah (sesuai dengan apa yang dikehendaki syara‘ dengan tidak melanggar adab muamalah).

Hadits pendek ini juga telah ditulis dalam artikel Hadits Pendek: Mudah Dihapal dan Shahih.

Baca juga syair Arab: Bila Cintamu Sejati

Demikianlah pembahasan mengenai hadits menyatakan cinta yang dapat diamalkan dengan niat untuk beramal shalih sesuai pedoman sunnah yang shahih.

Kapan dan kepada siapa kah terakhir kali anda menyatakan cinta?

Jazakumullah Khayran.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Ardis Alzen

Ardis Alzen

Ardis Alzena Andrini, S.I.Kom. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Lampung 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *