Senin, Mei 23, 2022
BerandaHadits PendekHadits Man Salaka Thoriqon | Shahih

Hadits Man Salaka Thoriqon | Shahih

Pernahkah Anda datang ke sebuah majelis ilmu? Tentu Anda mendapati bahwa Haditsman salaka thoriqon” biasa disampaikan oleh ustadz ketika memulai suatu kajian ilmiah Islam.

Nash atau dalil tersebut menunjukkan pahala menuntut ilmu agama, bahwa Allah ‘Azza wa Jalla niscaya memudahkan langkah para thalibil ilmi (penuntut ilmu agama) menuju surga.

Dengan menuntut ilmu agama, maka seorang mukallaf dapat mengetahui perbedaan antara yang haq dengan yang bathil, antara yang halal dengan haram, antara sunnah dengan bid’ah, serta antara yang selamat dan yang sesat.

Sehingga dalam menjalani kehidupan, dia dapat berpegang kepada ‘ilm yang telah melekat.

Selain disampaikan dalam majelis ilmu, hadits ini juga dapat dinukil dalam halaman pengantar suatu tugas sekolah mau pun kuliah.

Gambar hadits man salaka thariqan.
Gambar hadits man salaka thariqan.

Hadits pendek tersebut telah diangkat dalam artikel temanshalih.com berjudul “Hadits Pendek tentang Menuntut Ilmu Agama.

Hadits “man salaka thoriqon” adalah sebuah dalil penyemangat untuk menuntut ilmu dari kitab Jami` at-Tirmidzi nomor 2646 (كتاب العلم عن رسول الله صلى الله عليه وسلم) serta juga Sunan Abi Dawud nomor 3641 dan 3643 (كتاب العلم).

Sumber: Maraaji' (Senarai Pustaka).
Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Lihat daftar website yang copy-paste tulisan temanshalih.com
  5. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang.

teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online informasi akademik muslim dan edukasi kontra terorisme. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT
- Advertisment -