Hadits Cinta yang Shahih

Mafhum bahwa buah lisan adalah cerminan hati, yang idealnya tidak berkata kecuali berkesesuaian dengan kondisi/ isi hati. Yang perkataan di dalam hati seseorang itu merupakan sumber segala perkataan pada lisannya.

Namun apabila seseorang mengucapkan sesuatu yang perkataan itu tidak ada di dalam hatinya, itu berarti dirinya telah berdusta. Maka hendaklah seorang muslim itu menyampaikan isi hatinya terhadap teman hidupnya dengan perasaan yang tulus.

Di antara dalilnya adalah hadits berikut,

Hadits Cinta #1

‎إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُعْلِمْهُ إِيَّاهُ

Transliterasi hadits:

“Idza Ahabba Ahadukum Akhohu Fal-yu’lim-hu Iyyahu”;

Terjemah hadits:

“Apabila seseorang mencintai saudaranya maka hendaklah dia memberi tau bahwa dia mencintainya.” ~Hadits Hasan (al-Albani): Riwayat Imam At-Tirmidzi nomor 2392 (كتاب الزهد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم)

Hadits Cinta #2

إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ صَاحِبَهُ فَلْيَأْتِهِ فِيْ مَنْزِلِهِ فَلْيَخْبِرْهُ أَنَّهُ يُحِبُّهُ لِلَّهِ

Terjemah hadits:

Jika salah seorang dari kalian mencintai sahabatnya, hendaklah ia mendatangi sahabatnya tersebut di rumahnya dan mengabarkan kepadanya bahwa dia mencintainya karena Allah.” ~Hadits riwayat Imam Ahmad di dalam Musnad-nya no. 21294

Dalam konteks hubungan antara suami dan istri, apabila seorang suami atau istri terbiasa mengungkapkan perasaan cinta di antara mereka, maka hal tersebut dapat mempererat hubungan kasih sayang keduanya.

KETAHUI LEBIH LANJUT: Apa makanan Favorit Rasulullah ﷺ?

Sebagaimana Rasulullah ﷺ juga biasa dan tanpa ragu mengungkapkan perasaan cinta kepada anggota keluarga dan para Shahabatnya رضي الله عنهم.

Rasulullah ﷺ ditanya oleh Amru bin al-‘Ash رضي الله عنه‎‎,

أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَيْكَ؟ قَالَ عَائِشَةُ.  فَقُلْتُ مِنَ الرِّجَالِ؟ فَقَالَ أَبُوُهَا. قُلْتُ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ عُمَرُ بْنِ الْخَطَّابِ. فَعَدَّ رِجَالًا

Siapakah yang paling engkau cintai?” Beliau berkata, “‘Aisyah” Kemudian aku berkata, “Dari kalangan lelaki?”, beliau berkata, “Ayahnya (Abu Bakr Ash-Shiddiq Radhiy-Allaahu-‘Anhu)”, kemudian aku berkata, “Kemudian siapa?” Ia berkata, “‘Umar bin Al-Khaththab”, kemudian beliau menyebut beberapa orang.” ~Hadits Muttafaq ‘Alaih: Diriwayatkan Imam Al-Bukhari no. 3462 & Imam Muslim no. 2384

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.