HomeKabarFakta Mengenai Arab Saudi
Infografis Fakta Arab Saudi

Fakta Mengenai Arab Saudi

Kabar Negeri Jauh 0 0 likes share

Terletak di sudut barat daya Asia, Kerajaan ini berada di persimpangan Eropa, Asia dan Afrika. Dikelilingi oleh Laut Merah di Barat, oleh Yaman dan Oman di Selatan, Teluk Arab dan Uni Emirat Arab dan Qatar di Timur, dan Yordania, Irak dan Kuwait di Utara. Garis pantai Laut Merah Arab Saudi membentang sekitar 1.760 kilometer (1.100 mil) sementara garis pantai Teluk Arabnya kira-kira 560 kilometer (350 mil).

1. Statistik

Jumlah penduduk Arab Saudi sebanyak 27.136.977 orang, 18.707.576 di antaranya penduduk asli Saudi, menurut statistik 2010, dan tingkat pertumbuhan jumlah penduduk antara tahun 2004 dan 2010 adalah 3,2%, sedangkan kepadatan penduduk adalah 14 orang / km persegi. PDB 2010 mencapai dengan harga konstan sampai 3,76%, sektor swasta memberikan kontribusi sebesar 47,8%, sedangkan PDB per kapita pada harga saat ini mencapai 60.066 SAR. Selain itu, angka partisipasi kasar pada pendidikan dasar di tahun 2009 mencapai 99%, dan angka kematian bayi pada tahun yang sama mencapai 17,3 per seribu kelahiran hidup, sementara tingkat pengangguran di antara orang Saudi pada tahun yang sama mencapai 10,5%.

2. Kehidupan Sosial

Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta telah banyak membantu mendorong Program Pemerintah yang berkaitan dengan rencana Pembangunan. Selain itu, Pemerintah telah berfokus pada Program Perawatan yang dipersembahkan untuk orang tua. Ini juga merupakan usaha untuk menghilangkan buta huruf melalui pendirian banyak sekolah untuk pria dan wanita di kota-kota dan desa-desa sehingga orang-orang seperti itu dapat mengikuti sekolah-sekolah dimaksud. Kerajaan juga menaruh perhatian yang besar terhadap anak yatim di mana layanan terkait telah dilaksanakan selama 20 tahun terakhir dengan upaya menghilangkan masalah penelantaran.

3. Sektor Kesehatan

Program perawatan kesehatan yang diterapkan di KSA (Kingdom of Saudi Arabia) dianggap sebagai model yang akan diikuti oleh negara-negara berkembang dalam menghadirkan layanan kesehatan dengan standar efisiensi tinggi. Indeks kesehatan yang paling penting berada pada tingkat kematian anak yang berkurang dan waktu hidup rata-rata meningkat. Kedua indeks ini adalah yang paling menonjol. KSA memiliki banyak rumah sakit pemerintah dan swasta yang dilengkapi peralatan medis tercanggih. Dokter spesialis berpengalaman. Selain itu, pusat perawatan kesehatan tersebar di seluruh wilayah KSA untuk memberikan perawatan kesehatan terbaik bahkan untuk orang-orangt yang tidak mampu.

4. Sektor Pendidikan

Pendidikan telah menjadi tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemimpin KSA sejak zaman Raja Abdul Aziz, sang pendiri, sampai sekarang. Para pemimpin tersebut telah memahami bahwa membuat anak-anak yang terdidik adalah kekayaan sesungguhnya bagi KSA dan pilar utama untuk membangun negara modern yang kuat. Pendidikan secara bertahap berkembang sesuai dengan kemampuan ekonomi dan sumber daya manusia KSA. Lebih dari 5 juta siswa laki-laki dan perempuan saat ini menerima pendidikan pra-perguruan tinggi. Pendidikan tinggi telah berkembang dengan pesat dalam sebagian besar disiplin ilmu, dan jumlah universitas pemerintah telah mencapai 25 universitas berkapasitas tinggi yang didistribusikan secara geografis di antara wilayah KSA. Semua universitas ini terkait dengan Kementerian Pendidikan. Sementara itu dudapati tingkat kemandirian yang tinggi di kedua belah pihak: akademik dan administrasi.

5. Sektor Pertahanan dan Keamanan

Isu keamanan mendapat perhatian besar oleh KSA dan ini timbul dari kepastian kepemimpinan bahwa tidak ada pembangunan tanpa stabilitas, dan tidak ada stabilitas tanpa keamanan. Faktor yang paling penting dari hal tersebut adalah kepatuhan, sejak zaman Raja Abdolh-azeez, sang pendiri, yakni kepatuhan untuk menerapkan peraturan per-Undang-Undang-an Islam (Syari’ah).

6. Komunikasi Berbasis Internet

Internet telah tersebar di seluruh kerajaan Arab Saudi dengan persentase kenaikan yang tinggi dari 5% di tahun 2001 menjadi sekitar 41% pada tahun 2010. Dengan cara yang sama, jumlah pengguna Internet di Kerajaan diperkirakan mencapai 11,4 Juta Pengguna. Selain itu, Sektor Pemerintahan telah bergantung pada Komputerisasi dengan persentase 97% sementara sebagian besar karyawannya menggunakan dan mengakses Internet. Langganan layanan komunikasi bergerak mencapai sekitar 51,6 juta pada tahun 2010 dengan persentase penyebaran sebesar 186%.

7. Layanan Hotspot Internet

Hotspot adalah layanan jaringan internet berkecepatan tinggi yang disediakan di udara dengan menggunakan teknologi broadband nirkabel, sehingga masyarakat dapat mengakses internet menggunakan laptop atau telepon mereka yang dilengkapi dengan teknologi WiFi dan-atau perangkat lain yang dapat mengakses koneksi nirkabel.

Layanan seperti ini telah disediakan di lebih dari 2000 lokasi di seluruh K.S.A di mana pengguna dapat terhubung secara konstan dengan Internet di manapun mereka berada dengan teknologi WiFi. Tempat-tempat dengan fasilitas tersebut tersedia di restoran, stasiun kereta api, bandara, perpustakaan, hotel, rumah sakit, kafe, toko buku, stasiun bensin, super mall dan area umum lainnya di samping sebagian besar universitas dan sekolah.

8. Ibukota dan Kota-Kota Besar

Riyadh; Terletak di provinsi utama, ia adalah ibu kota Arab Saudi. Ia juga merupakan pusat teknologi tinggi Arab Saudi modern dan menjadi markas besar Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Makkah;  Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan titik pusat haji, ziarah Islam di mana hampir dua juta Muslim dari seluruh penjuru dunia berpartisipasi setiap tahun.

Madinah; adalah kota tempat Nabi Muhammad hijrah dan tinggal.

Jeddah; terletak di sepanjang pantai timur Laut Merah, adalah ibukota komersial Arab Saudi, dan berfungsi sebagai pintu masuk ke semenanjung lainnya.

Dammam; Adalah ibu kota Provinsi Timur. Bandara Internasional King Fahd terletak di barat laut kota. Pelabuhan Dammam adalah yang terbesar di Teluk Arab.

9. Hari Kerja (Lima Hari Kerja)

Sektor Pemerintah; Dari hari Ahad (Minggu) sampai Kamis: 7:30 s.d. 14:30. Jumat & Sabtu: liburan akhir pekan.
Sektor Swasta;  Dari pagi: 8:00 s.d. 12:00, sore: 17:30 s.d. 19:30.
Toko dan Pusat Perbelanjaan; Hari kerja: 10:00 pagi s.d. 12:00, Jumat: 16: 00 s.d. 22:00.

10. Agama Resmi

Kerajaan Arab Saudi adalah sebuah kerajaan Islam di mana Islam sebagai agama resmi.

Sumber: Ministry of Communications and Information Technology

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

 

 

 

 

1,240 total views, 3 views today