Inilah Doa-Doa Utama Seorang Hamba

Inilah Doa-Doa Utama Seorang Hamba

Doa-doa pilihan yang utama yang dimohonkan seorang hamba: Tentu di antara kita ada yang pernah mengalami kepenatan dalam berbagai kesibukan aktivitas sehari-hari. Mulai berangkat kerja sebelum matahari terbit dan pulang sampai dini hari misalnya.

Lalu pertanyaannya sempatkah kita berdoa dan berdzikir dikala kepadatan pekerjaan atau aktivitas lainnya menerpa? Apakah kita berdo’a hanya perkara duniawi saja?

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا

Transliterasi nash: laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā

Terjemah, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” – Q.S. Al-Ahzab [33]: 21.

[perfect_quotes id=”571″]

Saudaraku, berdoa dan berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala merupakan kesibukan yang terbaik dan cara yang paling utama bagi seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah ‘azza wa jalla. Doa-doa yang diperintahkan adalah doa-doa yang datangnya dari Al Qur’an dan Sunnah Nabi yang shahih. Karena itu wajib atas seorang muslim ittiba‘ (mengikuti) apa yang telah disyariatkan Allah dan apa yang telah di contohkan Nabi-Nya.

Gunakanlah panduan tabel daftar isi di bawah ini untuk memudahkan saudara dalam menemukan konten sesuai dengan kebutuhan.

Bila seorang hamba selalu berdoa dan berdzikir, selalu memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai keburukan, niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Allah, Allah berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Transliterasi nash: allażīna āmanụ wa taṭma`innu qulụbuhum biżikrillāh, alā biżikrillāhi taṭma`innul-qulụb.

Terjemah: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” – QS. Ar Ra’d: 28.

Dan sebaliknya, bila seseorang tidak dibukakan hatinya untuk berdoa dan berdzikir, maka hatinya selalu bimbang, perasaannya gundah gulana, dan lainnya. Na’udzubillah min dzalik.

Sudah sepatutnya kita memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala apa saja yang dibutuhkan setiap hari untuk kepentingan dunia maupun akhirat, karena semua perbendaharaan langit dan bumi ada di sisi Allah. Bukan hanya sebatas memohon karir yang meningkat, kekayaan dan lainnya yang sifatnya duniawi.

Sebagaimana firman Allah:

وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا عِندَنَا خَزَآئِنُهُۥ وَمَا نُنَزِّلُهُۥٓ إِلَّا بِقَدَرٍ مَّعْلُومٍ

Transliterasi nash: wa im min syai`in illā ‘indanā khazā`inuhụ wa mā nunazziluhū illā biqadarim ma’lụm.

Terjemah: “Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.” – QS. AL Hijr: 21.

Berikut doa-doa penting yang dimohonkan oleh seorang hamba kepada Allah :

1. Doa Memohon Hidayah & Petunjuk

Memohon hidayah atau petunjuk kepada Allah subhanahu wa ta’ala yaitu hidayah taufiq agar ditunjuki diatas jalan yang haq (benar).

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Transliterasi nash: rabbanā lā tuzig qulụbanā ba’da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb.

Terjemah, “Ya Rabb kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau maha pemberi” – Q.S. Ali ‘Imrân: 8.

2. Doa Mohon Ampunan Dosa

Memohon kepada Allah agar diampuni segala dosa yang dilakukan, karena setiap hari, siang dan malam seorang hamba tidak luput dari berbuat dosa dan maksiat.

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Transliterasi nash: qāla rabbi innī ẓalamtu nafsī fagfir lī fa gafara lah, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm.

Terjemah, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” – Q.S. Al Qashash: 16.

3. Doa Masuk Surga

Memohon kepada Allah agar dimasukkan ke surga dan dijauhkan dari api neraka.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Transliterasi matan hadits: Allāhumma innī as’aluka ‘l-jannah wa a`ūdzu bika minan-nār.

Terjemah, “Ya Allah, aku memohon kepada Engkau Surga dan berlindung kepada Engkau dari api Neraka. ”- H.R. Abu Daud no. 762.

4. Doa Mohon Keselamatan Dunia Akhirat

Memohon kepada Allah dan keselamatan di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari berbagai macam bencana dan malapetaka.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Terjemah, “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu.” – Shaih Muslim (كتاب الرقاق) dari Shahabat Abdullah bin ‘Umar radhiyallaahu-‘anhuma nomor 2739.

5. Doa Mohon Keteguhan Hati (Doa Agar Istiqamah di Atas Sunnah)

Memohon kepada Allah agar hatinya ditetapkan diatas agama dan tetap istiqamah dalam melaksanakan ketaatan kepada-Nya.

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Terjemah, “Wahai Dzat yang membolak-balik hati, kokohkan lah hati hamba di atas agama-Mu.” – Hadits Hasan (Darussalam): H.R. At Tirmidzi nomor 2140 (كتاب القدر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم) dan nomor 3587 (كتاب الدعوات عن رسول الله صلى الله عليه وسلم).

6. Doa Mohon Kesabaran & Pertolongan

Memohon kepada Allah agar ditetapkan nikmat Islam, Sunnah dan diselamatkan dari segala kemurkaan-Nya.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Transliterasi nash: rabbanā afrig ‘alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Terjemah, “Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” – Q.S. Al Baqarah: 250.

Semoga kita semua termasuk hamba-hamba yang selalu meluangkan waktu untuk berdoa dan berdzikir, istiqamah mengamalkan doa-doa yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, menjauhi perkara bid’ah (membuat sesuatu yang baru dalam urusan peribadatan yang tidak ada contohnya dari Rasulullah dan para Shahabat) dan menegakkan sunnah, aamiin. Barakallahu fiikum.

Maraaji’ (Senarai Pustaka): Doa & Wirid, Mengobati Guna-guna dan Sihir Menurut Al Quran dan Assunnah, oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, hal. 70 – 71, Pustaka Imam Asy Syafi’i.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Mily Amilia

Amilia Indriarsi | Universitas Persada Indonesia YAI - Fakultas Psikologi 2000

Tinggalkan Balasan