Kumpulan Doa Taubat Sesuai Al-Qur’an dan Sunnah

Doa Taubat: Saudara mungkin telah membaca Shalat Taubat Sesuai Sunnah yang di dalamnya terdapat beberapa lafazh doa taubat yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah.

Selain mengerjakan shalat taubat, seorang mukallaf juga dapat berdo’a memohon ampun dan taubat.

Dalam artikel Kumpulan Doa Taubat sesuai Al-Qur’an dan Sunnah saudara dapat membaca lebih fokus kepada lafazh do’a yang telah dinukil. Gunakanlah panduan daftar isi untuk menemukan konten yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1 Doa Taubat dari Al-Qur’an

Adapun do’a-do’a taubat yang lafazh-nya diambil dari Kitabullah adalah sebagai berikut,

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِينَ

Terjemah: “Dia (Nuh) berkata, “Ya Rabbku, sungguh aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak tahu akan hakikatnya. Jikalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.'” – Q.S. Hud (Nabi Hud) [11]: 47.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Terjemah: “Ya Rabb kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. … Dan terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Maha Penerima taubat, maha penyayang.” – Q.S. Al-Baqarah (Sapi Betina) [2]: 127, 128.

2. Doa Taubat dari Hadits

2.1 Doa Mohon Ampun dan Kasih Sayang

Sementara itu saudara juga dapat membaca doa memohon ampunan dan kasih sayang yang lafazh-nya diambil dari hadits.

رَبِّ اغْفِرْلِيْ، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ

Terjemah: Ya Rabbku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun.

Abdullah bin Umar رضي الله عنهما menuturkan, “Aku menghitung bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengucapkan kalimat ini: ‘Rabbighfirli watub ‘alayya innaka antat-tawwabul ghafur‘ di dalam suatu majelis sebanyak seratus kali.” Shahih: Abu Dawud no. 1516, at-Tirmidzi no. 3434, Ibnu Majah no. 3814. Ini adalah lafazh at-Tirmidzi, dan ia mengatakan, “Hadits hasan shahih gharib.” Lihat Shahih al-Jami’ish Shaghir no. 3486 dan Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 556.

2.2 Do’a Taubat Ditetapkan Dalam Hidayah

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Terjemah: Ya Rabb kami, jangan Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. – Q.S. Ali ‘Imran (Keluarga ‘Imran) [3]: 8.

2.3 Do’a Taubat Dibimbing ke Jalan yang Lurus

عَسَىٰ رَبِّي أَن يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

Terjemah: “Mudah-mudahan Rabbku memimpin aku ke jalan yang benar.” – Q.S. Al-Qashash (Cerita-cerita) [28]: 22.

Maraaji’ (senarai pustaka): 1. Kitab Suci Al-Qur’an; 2. Yazid bin Abdul Qadir Jawas. 1436 H/ 2015 M. Do’a & Wirid Menurut Al-Qur’an dan as-Sunnah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.