HomeIntisari Cahaya IlmuDo'a Ash-ShahihahDo’a Menyambut Malam Lailatul Qadar
Doa Malam Lailatul Qadar

Do’a Menyambut Malam Lailatul Qadar

Do'a Ash-Shahihah Intisari Cahaya Ilmu 2 likes 1.1K views share

Doa Malam Lailatul Qadar: Termasuk perbuatan yang mulia adalah seorang muslim yang mempersiapkan dirinya dengan ilmu sebelum beramal. Hal tersebut juga termasuk dalam hal tatkala seorang muslim hendak menyambut malam Lailatur Qadar. Sepatutnya seorang muslim itu berdoa malam lailatur qadar yang lafazh-nya sesuai dengan Sunnah, sesuai dengan hadits Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam.

Doa Malam Lailatul Qadar yang Lafazh-nya Sesuai Sunnah

‘Aisyah Radhiy-Allaahu-‘Anha berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ: (قُولِى: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى) رواه أحمد والترمذي وابن ماجة

 

Wahai Rasulullah, andai aku mengetahui bahwa aku mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang seyogyanya aku ucapkan?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Transliterasi Doa Malam Lailatur Qadar:

“ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN, TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII”

Terjemah Doa Malam Laulatur Qadar:

Ya Allah! sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah (limpahkanlah afiat kepada) aku.Hadits Shahih: Riwayat Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini Shahih.

Ini adalah salah satu doa yang paling bagus. Betapa tidak, doa ini (doa malam lailatur qadar) diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada istri beliau tercinta agar diucapkan pada malam yang paling mulia.

Dengan doa ini, saudara memohon kepada Allah ‘Azza Wa Jalla (Mahamulia dan Mahaagung) agar diberikan afiat (terbebas) dari segala hal yang merugikan atau merusak diri anda, baik dalam urusan agama atau dunia.

Apabila saudara telah mendapatkan afiat pada badan, rizki, dan keluarga dari segala hal yang merugikan, maka anda telah mendapatkan keberuntungan yang tiada banding. Dan apabila saudara telah mendapatkan afiat dalam urusan agama, maka saudara telah terjauhkan dari siksa neraka dan berhasil menggapai nikmat di surga.

Demikianlah seyogyanya saudara menyambut dan beramal pada malam Lailatul Qadar.

Anda banyak mendirikan sholat lalu banyak berdoa, memohon kebaikan dunia dan akhirat. Selamat berjuang mencari malam Lailatul Qadar, semoga anda berhasil mendapatkannya dan merasakan betapa besar karunia Allah ‘Azza Wa Jalla yang anda peroleh padanya.

Wallahu a’alam bisshawab.

_

Sumber: Pustaka Imam Asy-Syafi’i

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer