HomeIntisari Cahaya IlmuDo'a Ash-ShahihahDoa Memakai Baju Baru sesuai Al-Qur’an dan Sunnah
doa memakai baju baru sesuai sunnah, doa ketika memakai baju baru sesuai sunnah

Doa Memakai Baju Baru sesuai Al-Qur’an dan Sunnah

Do'a Ash-Shahihah 0 likes 423 views share

Doa Baju Baru: Doa memakai baju baru telah diajarkan dalam syari’at Islam. Sebagaimana doa-doa yang berkaitan dengan pakaian itu dapat diketauhi di dalam hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang shahih.

Menggunakan pakaian baru pada hari raya Islam bukanlah sesuatu yang diwajibkan oleh syari’at. Oleh sebab itu seorang muslim tidak perlu memaksakan diri dalam membelanjakan hartanya untuk membeli baju baru. Cukup dengan mengenakan baju terbaik yang dimiliki.

Akan tetapi, seorang muslim itu juga sepatutnya mengetahui doa tatkala memakai baju baru yang lafazh-nya bersumber dari hadits yang shahih. Sebab baju baru yang dimiliki hakikatnya merupakan rezeki yang telah Allāh  عَزَّ وَجَلَّ berikan kepadanya.

Keutamaan Membaca Doa Baju Baru

Seseorang yang berdoa tatkala memakai baju yang baru dibeli niscaya akan memperoleh kebaikan dan dilindungi dari keburukan. Yakni memperoleh kebaikan karenanya, kebaikan dari tujuan dibuatnya suatu pakaian.

Doa Berkaitan Dengan Baju (Pakaian)

Doa Memakai Baju yang Shahih

اَلْـحَمْدُ لِلهِ الَّـذِيْ كَسَـانِيْ هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِـيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَاقُوَّةٍ

Transliterasi: ALHAMDULILLAAHIL-LADZI KASANI HAADZATS-TSAUBA WA RAZAQANIIHI MIN GHAYRI HAWLIN MINNI WALA QUWWATIN.

Terjemah: “Segala puji bagi Allāh yang memberikan pakaian ini bagiku sebagai rezeki dari-Nya, tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” Hasan: H.R. Abu Dawud dalam Kitab al-Libas nomor 4023, juga Shahih Abi Dawud II/ 760, nomor 3349.

Doa Memakai Baju yang Shahih (poster digital)

doa memakai baju yang shahih

Download doa memakai baju yang shahih.

Doa Memakai Baju Baru dari Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم

اَللَّـهُمَّ لَــكَ الْحَمْــدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِــيْهِ، أَسْأَلُكَ مِــنْ خَـيْرِهِ وَخَيْرِمَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صُنِعَ لَهُ

Transliterasi: ALLAAHUMMA LAKALHAMDU ANTA KASAWTANIIHI, AS-ALUKA MIN KHAYRIHI WA KHAYRIMAA SHUNI’A LAHU, WA’AUDZUBIKA MIN-SYARRIHI WA SYARRIMAA SHUNI’A LAHU.

Terjemah: “Ya Allāh, milik-Mu semata segala pujian, Engkaulah yang memberi pakaian ini bagiku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya, dan juga kebaikan dari tujuan dibuatnya pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan juga dari keburukan tujuan dibuatnya pakaian ini.” – H.R. Abu Dawud nomor 4020, al-Baghawi nomor 311, al-Hakim IV/ 192, serta Imam at-Tirmidzi nomor 1767 dari Abu Sa’id al-Khudri رضي الله عنه. Lihat pula kitab Mukhtashar Syama-ilit Tirmidzi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani hal. 47-48.

Doa Memakai Baju Baru sesuai Sunnah (poster digital)

doa memakai baju baru sesuai sunnah

Download doa memakai baju baru sesuai sunnah.

Doa Untuk Orang yang Memakai Baju Baru yang Shahih

تُبْلِيْ وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَـالَى

Transliterasi: TUBLI WA YUKHLIFU-LLAAHU TA’ALA.

Terjemah: “Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allāh سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى memberikan gantinya kepadamu.” Shahih: H.R. Abu Dawud nomor 4020, dan lihat pula Shahih Abi Dawud II/760, nomor 3393.

Doa Untuk Orang yang Memakai Baju Baru (poster digital)

doa untuk orang yang memakai baju baru

Download doa untuk orang yang memakai baju baru sesuai sunnah.

اِلْبَسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا

Transliterasi: ILBAS JADIIDAN, WA ‘ISY HAMIIDAN, WA MUTSYAHIIDAN.

Terjemah: “Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji dan matilah dalam keadaan syahid.” Shahih: H.R. Ibnu Majah nomor 3558, al-Baghawi XII/ 41 nomor 3112, serta Ahmad II/ 89. Lihat Shahih Ibni Majah II/ 275 nomor 2863.

Dzikir Ketika Meletakkan Baju (Pakaian)

بِسْمِ اللهِ

Transliterasi: BISMILLAAHI.

Terjemah: “Dengan nama Allāh (kuletakkan pakaian).” Shahih: H.R. Ath-Thabrani dalam kitab Mu’jam al-Ausath nomor 2525 dari Anas bin Malik رضى الله عنه. Lihat Shahih al-Jami’ish Shaghir nomor 3610.

Dzikir Ketika Meletakkan Baju (poster digital)

dzikir ketika meletakkan baju

Download dzikir ketika meletakkan baju.

Tersebut di atas adalah doa-doa berkaitan dengan baju (pakian). Mulai dari doa memakai baju, doa memakai baju baru, doa untuk orang yang memakai baju baru, hingga dzikir ketika meletakkan baju (pakian).

Doa-doa mengenai memakai baju tersebut dinukil dari kitab (buku) Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, “Doa & Wirid Mengobati Guna-Guna dan Sihir Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah.”

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer