Doa Memakai Baju Baru: Doa Shahih, Dalil, Latin, dan Terjemah

Doa Ketika Memakai Baju Baru Sesuai Sunnah: Memakai  baju baru bagi seorang mukallaf tentu memiliki kesan tersendiri. Seorang muslim yang memakai pakaian baru sepatutnya tidak hanya menyoal warna, mode (bentuk), merek dan harga saja. Akan tetapi dengan sejauh manakah kesesuaian busana baru yang dibeli dengan ketentuan syara’ (Agama). Selain itu dirinya juga patut mengetahui doa memakai baju dan doa memakai baju baru yang sesuai dengan Sunnah.

Yang menjadi permasalahan ihwal memakai baju, apakah baju baru yang digunakan telah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Allah ‘Azza Wa Jalla dan sesuai dengan Sunnah Rasul-Nya Shalallaahu ‘Alaihi wa Sallam. Misal apakah baju baru tersebut telah menutup aurat dengan sempurna, apakah baju baru tersebut mencolok perhatian orang lain atau tidak, dan hal-hal lainnya yang perlu dipertimbangkan, apakah baju baru tersebut dipakai dengan tujuan untuk membanggakan diri?

Dengan memperhatikan adab-adab syar’i dalam termasuk adab berbusana, niscaya seseorang itu dapat memperoleh nilai pahala dari bertata busana sesuai dengan ketentuan Agama. Mafhum, Islam adalah agama yang sempurna, yang mengatur semua urusan umat manusia hingga urusan berbusana.

Catat dan simpanlah doa ketika memakai pakaian baru sesuai sunnah di bawah ini.

Doa Ketika Memakai Baju Baru sesuai Sunnah

doa baju baru
Foto: Seorang muslim tengah mengenakan baju baru.

Lafazh Do’a Memakai Baju Baru

اَللَّـهُمَّ لَــكَ الْحَمْــدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِــيْهِ، أَسْأَلُكَ مِــنْ خَـيْرِهِ وَخَيْرِمَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صُنِعَ لَهُ

Transliterasi Doa Baju Baru

ALLAAHUMMA LAKALHAMDU ANTA KASAWTANIIHI, AS-ALUKA MIN KHAYRIHI WA KHAYRIMAA SHUNI’A LAHU, WA’AUDZUBIKA MIN-SYARRIHI WA SYARRIMAA SHUNI’A LAHU.

Terjemah Doa Memakai Baju Baru

Ya Allāh, milik-Mu semata segala pujian, Engkaulah yang memberi pakaian ini bagiku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya, dan juga kebaikan dari tujuan dibuatnya pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan juga dari keburukan tujuan dibuatnya pakaian ini.” – H.R. Abu Dawud nomor 4020, al-Baghawi nomor 311, al-Hakim IV/ 192, serta Imam at-Tirmidzi nomor 1767 dari Abu Sa’id al-Khudri رضي الله عنه. Lihat pula kitab Mukhtashar Syama-ilit Tirmidzi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani hal. 47-48.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.