HomeIntisari Cahaya IlmuDo'a Ash-ShahihahDoa Ketika Memakai Baju Baru Sesuai Sunnah
doa memakai baju baru sesuai sunnah, doa ketika memakai baju baru sesuai sunnah

Doa Ketika Memakai Baju Baru Sesuai Sunnah

Do'a Ash-Shahihah 1 likes 538 views share

Doa Ketika Memakai Baju Baru Sesuai Sunnah: Memakai  baju baru bagi seorang bani adam tentu memiliki kesan tersendiri. Seorang muslim yang memakai baju baru sepatutnya tidak hanya menyoal warna, mode (bentuk), merek dan harga saja. Akan tetapi dengan sejauh manakah kesesuaian baju baru yang dibeli dengan ketentuan syara’ (Agama). Selain itu dirinya juga patut mengetahui doa memakai baju dan doa memakai baju baru yang sesuai dengan Sunnah.

Yang menjadi permasalahan ihwal memakai baju, apakah baju baru yang digunakan telah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Allah ‘Azza Wa Jalla dan sesuai dengan Sunnah Rasul-Nya Shalallaahu ‘Alaihi wa Sallam. Misal apakah baju baru tersebut telah menutup aurat dengan sempurna, apakah baju baru tersebut mencolok perhatian orang lain atau tidak, dan hal-hal lainnya yang perlu dipertimbangkan, apakah baju baru tersebut dipakai dengan tujuan untuk membanggakan diri?

Dengan memperhatikan adab-adab syar’i dalam berbusana, niscaya seseorang itu dapat memperoleh nilai pahala dari bertata busana sesuai dengan ketentuan Agama. Mafhum, Islam adalah agama yang sempurna, yang mengatur semua urusan umat manusia hingga urusan berbusana.

Catat dan simpanlah doa ketika memakai baju baru sesuai sunnah di bawah ini.

Doa Ketika Memakai Baju Baru sesuai Sunnah

seorang muslim mengenakan baju baru

Foto: Seorang muslim tengah mengenakan baju baru.

Lafazh Doa:

اَللَّـهُمَّ لَــكَ الْحَمْــدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِــيْهِ، أَسْأَلُكَ مِــنْ خَـيْرِهِ وَخَيْرِمَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صُنِعَ لَهُ

Transliterasi Doa:

ALLAAHUMMA LAKALHAMDU ANTA KASAWTANIIHI, AS-ALUKA MIN KHAYRIHI WA KHAYRIMAA SHUNI’A LAHU, WA’AUDZUBIKA MIN-SYARRIHI WA SYARRIMAA SHUNI’A LAHU.

Terjemah Doa:

Ya Allāh, milik-Mu semata segala pujian, Engkaulah yang memberi pakaian ini bagiku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya, dan juga kebaikan dari tujuan dibuatnya pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan juga dari keburukan tujuan dibuatnya pakaian ini.”

– H.R. Abu Dawud nomor 4020, al-Baghawi nomor 311, al-Hakim IV/ 192, serta Imam at-Tirmidzi nomor 1767 dari Abu Sa’id al-Khudri رضي الله عنه. Lihat pula kitab Mukhtashar Syama-ilit Tirmidzi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani hal. 47-48.