Senin, Oktober 18, 2021
BerandaDoa ShahihDoa Kafaratul Majelis Setelah Rapat Pertemuan Online Tetap Dibaca

Doa Kafaratul Majelis Setelah Rapat Pertemuan Online Tetap Dibaca

Doa Kafaratul Majelis, Covid-19, dan Rapat Online: Masa pandemi Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 mendorong Pemerintah untuk menetapkan sejumlah peraturan ihwal pembatasan aktivitas sosial yang berlaku bagi seluruh masyarakat, baik kalangan umum mau pun mereka yang bekerja di kantoran.

Bagi mereka yang bekerja di kantoran, rapat atau pertemuan guna membahas sesuatu yang penting bukanlah hal yang dapat dihindari. Untuk memenuhi peraturan Pemerintah dan kebutuhan pekerjaan, mereka menggelar rapat online.

Doa kafaratul majelis sepatutnya tetap dibaca oleh pekerja muslim dalam menutup rapat online sebagai realisasi niat mutaba’ah/ittiba (hidup sesuai pedoman sunnah Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam).

Berikut ini adalah lafazh doa kafaratul majelis yang shahih:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika ash-hadu alaa ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Terjemahnya: “Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan bertaubat kepadamu.”

Jika seorang muslim mengabaikan hal ini, maka dia telah menyia-nyiakan salah satu kesempatan untuk diampuni dosa-dosa yang timbul sebab kesalahan yang terjadi selama dirinya menghadiri rapat online secara virtual.

Sumber dalil hadits shahih-nya dapat dibaca dalam artikel berjudul: Doa Kafaratul Majelis (Doa Kaffaratul Majlis) #Shahih

Demikianlah imbauan tentang membaca doa usai mengikuti rapat/pertemuan online yang dapat dilakukan secara bersama-sama mau pun seorang diri. Semoga bermanfaat.


Sumber: Maraaji' (Senarai Pustaka).
Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang.

teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online informasi akademik muslim dan edukasi kontra terorisme. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -