Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaAplikasiCara Membuat Video Highlight: Materi Sharing Session II BLU Pusat P2H –...

Cara Membuat Video Highlight: Materi Sharing Session II BLU Pusat P2H – Kementerian LHK

Cara Membuat Video Highlight – Materi Sharing Session II: Pada pertemuan ke-2 ini, anda akan dibimbing untuk membuat sebuah karya digital berupa Highlight Video. Cara membuat video highlight cukup mudah. Terlebih apabila seorang content creator telah memiliki software/ aplikasi yang mendukung pekerjaannya.

Sebelum melanjutkan pertemuan ini, sudahkah anda mengingat kembali materi yang dibagikan pada pertemuan pertama? The Ultimate Role of a Content Creator in Industry 4.0 Era.

Secara terminologi (istilah bahasa), highlight video berarti: sekumpulan video yang masing-masing memiliki durasi singkat (3 sampai 5 detik) dengan momen-momen khusus pada suatu event/ acara/ kegiatan. Kemudian video-video tersebut dikumpulkan, diolah, dan di-render/ disimpan dalam satu file dengan rentang durasi tertentu.

Durasi sebuah video highlight sangat beragam. Namun umumnya berdurasi singkat, mulai dari 59 detik, 1 menit hingga 3 menit saja.

Oleh sebab itu seorang content creator perlu mengetahui betul video apa saja yang akan dimasukkan kedalam sebuah video

Software Pengolah Video (Video Editing Software

video editing after effects
Gambar: Tampilan proses video editing dengan Adobe After Effects – Desktop Video Editing.

Untuk menghasilkan sebuah video highlight, anda dapat menggunakan software pengolah video. Pada dasarnya, software pengolah video terbagi kedalam dua jenis. Yakni:

Desktop Video Editing Software

Desktop video editing software adalah perangkat lunak pengolah video yang dioperasikan dengan perangkat komputer. Baik berupa PC maupun laptop. Contohnya adalah Adobe Premiere dan Adobe After Effects.

Mobile Video Editing Software

Mobile video editing software adalah perangkat lunak pengolah video yang dioperasikan dengan perangkat mobile/ Smart Phone. Contohnya adalah iMovie dan Quik.

Membuat Video Highlight dengan Aplikasi Quik

Untuk membuat video highlight menggunakan aplikasi Quik, maka anda perlu mengunduh dan memasangnya terlebih dahulu di dalam smartphone anda.

Bukalah Appstore melalui smartphone yang anda miliki, kemudian tulis “Quik” dalam kolom search. Unduh aplikasi tersebut dan ikuti proses instalasi hingga selesai.

Contoh Video Highlight

Berikut ini adalah contoh video highlight dari Youtube:

Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Penulis TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.
Tulisan ini memuat featuring image. Sumber: Kontributor.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih. Jazakumullah Khairan.

Affan bin Umarhttps://temanshalih.com
Penulis Artikel: Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. // Disclaimer Penulis // Biografi penulis: Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019; Analis Kerja Sama Luar Negeri Jakarta Pusat 2021 ; Tim developer website Minamata Convention PBB Jakarta Pusat 2021.
KONTEN TERKAIT
- Advertisment -
Open chat