4 Cara Download Video Kajian Sunnah di Facebook

Kemutakhiran teknologi dan era media sosial yang kaum muslimin akhir ini hidup dizamannya ibarat pedang bermata dua, ia dapat membawa kebaikan apabila dimanfaatkan/ digunakan pada jalan-jalan yang diridhai Allah ‘Azza Wa Jalla dan dapat pula menjadi sebab murka-Nya apabila penggunaan dan pemanfaatannya menyelisihi kaidah syar’i di dalam muamalah.

Adapun penggunaan media audio visual sebagai sarana berdakwah dapat dikaji Fatwa Syaikh Bin Baz:

[line]

Fatwa Syaikh Ibn Baz Jilid V; Aneka Ragam Pertanyaan dan Jawabannya.

Pertanyaan 19:

Apa hukum merekam ceramah dengan alat video agar manfaatnya dapat dirasakan orang banyak?

Jawaban 19:

Permasalahan ini perlu ditinjau kembali. Adapun merekam suaranya saja merupakan perkara yang dianjurkan karena ia tidak memerlukan gambar. Namun, terkadang gambar hidup juga diperlukan untuk memastikan bahwa yang menyampaikan ceramah tersebut adalah si fulan karena gambar hidup menjelaskan sang pembicara. Gambar hidup juga terkadang diperlukan karena alasan lain. Saya sendiri tidak dapat menentukan hukum tertentu dalam masalah ini karena terdapat hadis-hadis yang menjelaskan tentang hukum menggambar makhluk hidup dan ancaman keras terhadapnya. Meskipun sejumlah ulama sahabat saya berpendapat bahwa hal tersebut tidak apa-apa demi kemaslahatan umum, saya cenderung tidak menentukan hukum masalah seperti ini karena besarnya bahaya dalam menggambar dan terdapat hadis-hadis sahih di dalam Shahih Bukhari dan Muslim serta yang lain yang menjelaskan bahwa Manusia yang siksaannya nanti di hari kiamat paling keras ialah orang-orang yang membuat patung (gambar) Terdapat banyak hadis lain yang melaknat orang-orang yang menggambar. Allah-lah pemberi taufik. – Fatwa Syaikh Ibnu Baz/Syaikh Bin Baz

[line]

Sementara itu untuk mendownload video kajian sunnah/kajian ilmiah baik yang berdurasi pendek maupun panjang yang beredar di Facebook, ikhwati fillah dapat memasang extensi “Facebook Video Downloader” pada web-browser; Google Chrome, Opera, Fire Fox yang saudara gunakan.

Download Video Kajian Sunnah di Facebook

Akan tetapi sebelum mendownload video yang diinginkan hendaknya melakukan beberapa langkah analisa atas sumber atau pembuat konten:

[list icon=”fa-check-square-o”]

  • Siapa: Hendaknya menelusuri lebih lanjut terhadap identitas pembuat video atau pengunggah video. Apakah dirinya seorang yang dikenal latar belakang pendidikannya/keilmuannya atau seseorang yang tidak dikenal asal-usulnya (Majhul)? Apakah video tersebut bersumber dari akun official/akun resmi atau hasil pembagian turunan?
  • Apa: Apakah konten/isi yang disampaikan adalah materi yang tsiqah/terpercaya? Hendaknya seorang muslim tidak menyebarkan konten video yang berpotensi membawa banyak mafsadah/kerusakan misal video kerusuhan dan polemik ummat lainnya.
  • Syarat dan Ketentuan: Apakah pembuat konten menerapkan lisensi dan aturan terhadap konten buatannya yang patut dipatuhi oleh pihak-pihak yang hendak mengambil manfaat ilmiah maupun manfaat komersil? Misal setiap konten yang dibuat temanshalih.com telah diikat di dalam lisensi Creative Commons, dan konten video buatan Yufid.Com dan-atau Yufid TV memiliki aturan tersendiri dalam mendownload dan menyebarkan video buatannya.

[/list]

[line]
[ads script=”1″ ]
[line]

CARA I

Caranya, kami menggunakan web-browser Opera:

[list icon=”fa-check-square-o”]

  • Pastikan terlebih dahulu software anti-virus dan anti-malware selalu aktif,
  • Buka/jalankan web-browser (Google Chrome, Firefox, Opera, dst.) yang biasa saudara gunakan, sementara kami menggunakan Opera.
  • Klik tombol [Menu] pada sisi pojok kiri atas web-browser,
  • Kemudian klik [Extensions] > [Get Extensions],
  • Setelah halaman Extensions tampil, carilah kolom [Search for add-ons]    [fa size=”13px” icon=”fa-search”],
  • Kemudian ketik “Facebook Video Downloader” atau “Video Downloader”,
  • Pilih Ekstensi yang saudara kehendaki kemudian klik [Add to Opera],
  • Tunggu hingga proses instalasi/pemasangan ekstensi selesai.
  • Buka kembali halaman/link video yang terdapat di Facebook, kemudian klik menu ekstensi download yang tampil pada sisi pojok kanan atas web-browser,
  • Pilih tempat penyimpanan video, kemudian klik tombol [Save].
  • Tunggu hingga proses download selesai.

[/list]

[line]

CARA II

ustadz-abdul-hakim-bin-amir-abdat
Ikuti langkah yang nampak pada gambar di atas.

[list icon=”fa-check-square-o”]

  • Akses facebook.com melalui web-browser di komputer/ laptop (kami menggunakan web browser opera).
  • Buka/ klik video yang hendak di-download.
  • Tunggu beberapa saat hingga jendela video tampil penuh di layar monitor saudara.
  • Klik [Options], kemudian klik [Download HD] atau [Download SD].
  • Setelah tampilan layar video menjadi full-screen, klik kanan pada area video yang tampil, kemudian pilih [Save video as…] atau tekan [Ctrl]+[S] pada perangkat keyboard saudara.
  • Tentukan nama file/ video dan lokasi penyimpanan, pastikan format penyimpanan berupa [MP4 File/ *.mp4], klik [Save]
  • Tunggu hingga proses download tuntas.

[/list]

[line]

CARA III

download video
Ikuti langkah yang nampak pada gambar di atas.

[line]

CARA IV

Atau ikhwati fillah dapat menggunakan cara yang relatif sederhana dengan mengunduh web-browser Aloha pada perangkat mobile berbasis iOS maupun Android. Web-browser Aloha mendukung download video hampir diseluruh website mulai dari facebook.com hingga youtube.com.

[line]

Hendaklah menggunakan kemutakhiran teknologi sebagai sarana untuk mencari faedah dan berbagi faedah ilmiah.

‎مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

Barang siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkannya (diberi kepahaman) dalam urusan agama. …- Shahih Muslim no. 1037, كتاب الزكاة

 

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

teman shalih

teman shalih

Media online pendidikan aqidah sunnah dan manhaj salaf. Terbit sejak Juni 2016. Semula berkembang di Pontianak, Kaliamantan Barat. Kini telah berpindah home-base ke Bogor, Jawa Barat. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten: Hadits Pendek, Arti Kata, Fatwa Ulama, Murojaah Online, Doa Shahih, Syair Arab, Informasi Akademik & Beasiswa, Kaidah Fiqih.