Proud of Being Muslim (Bangga Menjadi Seorang Muslim)

Saya bangga menjadi seorang Muslim!

Bangga menjadi seorang Muslim artinya Ridha Allah Jalla Jalaluhu sebagai Rabb-nya dan Muhammad Rasulullah Shalallaahu ‘Alayhi wa Sallam sebagai Nabi-nya.

Pengakuan iman ini (pengakuan pada lisan atau ucapan) dibuktikan dengan berpedoman kepada Kitabullah dan As-Sunnah Ash-Shahihah dalam menjalani setiap sendi kehidupan (muamalah dan ibadah atau beragama).

Artinya seseorang itu selalu berusaha mendirikan amal shalih sesuai Sunnah, baik sifat maupun caranya (manhaj). Tidak menambah-nambah dengan ajaran baru dan tidak pula mengurangi ajaran Islam.

Mafhum terjaganya Islam adalah dengan terjaganya Sunnah Rasulullah shalallaahu-‘alayhi-wa-sallam.

– TemanShalih.Com – Hijrah yang Shahih

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dia-lah Allah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang haq agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.- Q.S. At-Taubah (Pengampunan) [9]: 33., Kitab suci Al-Qur'an
Berhati-hatilah terhadap kesesatan/penyimpangan walaupun (jutaan) manusia menghiasinya dengan perkataan yang Indah.- Faedah Ilmiyyah

Catatan Penting:

  1. Bagaimana mungkin seseorang yang akalnya sarih (akal kuat dan sehat) mau berbangga atas suatu perbuatan munkar yang tidak pernah (dan tidak akan pernah) menjadi bagian dari ajaran Islam.
  2. Akal yang sehat adalah akal yang mengikuti dalil yang Shahih yang dipelajari, dimengerti dan diamalkan sesuai pemahaman Manhaj Salaf (Sifat dan Cara beragama generasi mukmin pertama yakni para Shahabat Rasul).
  3. Terjaganya Islam adalah dengan terjaganya Sunnah dari penambahan dan pengurangan ajaran.
  4. Sunnah yang Shahih adalah Firman Allah جل جلاله.
  5. Masyhur sebuah faedah ‘ilmiyyah yang berbunyi, “Berhati-hatilah terhadap kesesatan/ penyimpangan walaupun (jutaan) manusia menghiasinya dengan perkataan yang Indah.”
  6. Agama ini dibangun atas dalil Kitabullah dan Hadits sesuai pemahaman para Shahabat Radhiy-Allaahu-‘Anhum, bukan pendapat/ ra’yu manusia.
  7. Dikenal sebuah asas/kaidah ‘ilmiyyah yang berbunyi, لو كان خيرا لسبقونا إليه; “Lau Kana Khayran Lasabaquuna Ilayhi”; “Kalaulah perbuatan itu baik, sudah barang tentu para Shahabat Radhiy-Allaahu-‘Anhum telah mendahului kita melakukannya/ mengamalkannya.

Maraji’ (Senarai Pustaka):

  1. Kitab Suci Al-Qur’an
  2. Syaikhul Islam ibn Taymiyyah Rahimahullah. 1409 H.  Kitabul Iman (Kitab Al-Iman). Beirut: Dar Ihya’ Al-Ilmu.
  3. Abdul Hakim bin Amir Abdat Hafizhahullaah. 1430 H. Lau Kaana Khayran Lasabaquuna Ilayhi (Kalaulah Perbuatan Itu Baik Tentulah Para Shahabat Telah Mendahului Kita Mengamalkannya). Jakarta: Maktabah Mu’awiyah bin Abu Sufyan.
  4. Abdul Hakim bin Amir Abdat Hafizhahullaah. 1430 H. Syarh Aqidah Salaf (Penjelasan Aqidah Salaf). Jakarta: Maktabah Mu’awiyah bin Abu Sufyan.
  5. Syaikh Dr. Abdussalam bin Salim as-Suhaimi. 1426 H. Kun Salaafiyyan Alal Jaddah (Jadilah Salafi Sejati). Mesir: Dar al-Manhaj.
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Muhammad Ersad Saputra

Muhammad Ersad Saputra

Muhammad Ersad Saputra, S.Kom. Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas Amikom Yogyakarta 2013; Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura 2017 - Sekarang.

Satu tanggapan untuk “Proud of Being Muslim (Bangga Menjadi Seorang Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *