Senin, Mei 23, 2022
BerandaBlogBahaya Membenci Sunnah: Apa Dampaknya Bagi Mukallaf?

Bahaya Membenci Sunnah: Apa Dampaknya Bagi Mukallaf?

(5 September 2021. Mohon Maaf, artikel yang tengah Anda baca sedang dalam tahap pengembangan materi. Syukron. Jazakumullah Khairan.)

Tidak ada jalan lain bagi seorang Mukallaf untuk mengamalkan Kitabullah kecuali dengan cara yang telah dijelaskan oleh Rasulullah shalallaahu ‘alayhi wa sallam dan apa yang diamalkan oleh para Shahabat Radhiy-Allaahu-‘Anhum, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in dan mereka inilah yang disebut sebagai Salafush-Shalih (Orang-orang terdahulu yang Shalih)

Kaum muslimin akhir ini yang mengikutinya dan-atau beragama sesuai dengan Manhaj Salaf (kata ‘Manhaj‘ memiliki arti; sifat dan cara beragama) mereka dikenal dalam istilah ‘Salafi’.

Bagi kaum Muslimin, al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-Shahihah (Sunnah yang Shahih) adalah pedoman untuk menjalani seluruh sendi kehidupan. Meyakini kebenaran keduanya adalah Aqidah (keyakinan di dalam beragama), sementara mengamalkannya adalah bukti keimanan. Mahfumah bahwa pengakuan keimanan pada lisan (ucapan) menuntut pengamalan yang benar (Shahih) sesuai pedoman Sunnah yakni ajaran Rasulullah shalallaahu ‘alayhi wa sallam.

Sebab jalan pemahaman merekalah jalan yang lurus (Shiraat al-Mustaqim). Allah ‘Azza Wa Jalla (Mahamulia dan Mahaagung) berfirman,

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Tafsirnya,

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman,

>لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Tafsirnya,

Nabi ﷺ bersabda,

أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

Dari Anas bin Malik Radhiy-Allaahu-‘Anhu, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda,

فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي

Dari Abdullah bin Amru Radhiy-Allaahu-‘Anhuma, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda: “Barangsiapa yang membenci Sunnahku, maka ia bukan termasuk golonganku.” – Hadits Shahih: Shahih Ibni Khuzaimah, nomor 198, bab At-Taghlizh fi Tarki Sunnatin Nabi Raghbatan ‘Anha.

Ibnu Khuzaimah mengatakan,

Orang yang meninggalkan Sunnah dapat disebut bermaksiat, jika ia meninggalkannya karena membencinya.” – lihat Libasur Rasul Wash Shahabah Wash Shahabiyat Ajma’in (Tata Busana Para Salaf), hlm. 37

merciful-servants-temanshalih

Maraaji’ (Senarai Pustaka):

Sumber: Maraaji' (Senarai Pustaka).
Alhamdulillah. Anda telah selesai mengkaji sebuah konten ilmiah. Bacalah doa berikut ini:
Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Lihat daftar website yang copy-paste tulisan temanshalih.com
  5. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang.

teman shalihhttps://temanshalih.com
Media online informasi akademik muslim dan edukasi kontra terorisme. Terbit sejak Ramadhan 1437 H/Juni 2016 M. Mengedepankan adab-adab dan kaidah ilmiah dalam membuat konten ilmiah. Jazakumullah Khairan.
KONTEN TERKAIT

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -