Asmaul Husna: Arti dan Makna Sesuai Sunnah Manhaj Salaf

Memahami Asmaul Husna: Mengetahui asma dan sifat-sifat Allāh yang agung adalah ilmu yang paling bermanfaat bagi hamba-Nya. Bahkan puncak pengetahuan tertinggi dal tujuan mulia yang harus dicapai. Sebab, ia mengenalkan manusia pada pencipta dan sesembahannya yang haq.

Salah satu rahmat Allāh adalah, Dia jadikan tauhid dan ma’rifatullah (mengenal Allāh) tertanam fitrah dan akal manusia pada umumnya. Allāh عَزَّ وَجَلَّ berfirman,

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًۭا ۚ فِطْرَتَ ٱللَّهِ ٱلَّتِى فَطَرَ ٱلنَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ وَلَـٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Transliterasi ayat: fa aqim waj-haka lid-dīni ḥanīfā, fiṭratallāhillatī faṭaran-nāsa ‘alaihā, lā tabdīla likhalqillāh, żālikad-dīnul qayyimu wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya’lamụn

Terjemah ayat: “maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allāh); (tetaplah atas) fitrah Allāh yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allāh. Itulah agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” – Q.S. Ar-Rum (Bangsa Romawi) [30]: 30.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah mengajarkan aqidah kepada semua kalangan; anak-anak, orang dewasa hingga kepada orang yang sudah tua. Walau pun demikian, penanaman aqidah pada anak-anak itu jauh lebih mudah serta lebih membekas daripada meluruskan aqidah menyimpang pada orang-orang dewasa.

Asmaul Husna Sumber Inspirasi

Asmaul Husna bagi seorang mukmin dapat menjadi sumber inspirasi terbaik dalam memperbaiki moralitas dan kualitas diri. Demikian itu karena Asmaul Husna mengandung pesan moral dan pengaruh positif bagi setiap muslim yang mau mengamalkannya dalam beragama dan beribadah kepada Allāh عَزَّ وَجَلَّ.

Bahkan memahami dan mengamalkan Asmaul Husna dapat mengantarkan pelakunya menuju surga.

Dalam sebuah hadits pendek, Dari Abu Hurairah رضي الله عنه, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Transliterasi matan hadits: innalillaahi tis’atan wa tis’iina asmaa, mi’ata illaa waahidan man ahshoha dkhalal jannah.

Terjemah: “Sesungguhnya Allāh memiliki 99 asma, seratus kurang satu, siapa yang menghitungnya pasti masuk surga.” – H.R. Shahih al-Bukhari (كتاب الشروط), nomor 2736 & Muslim.

Menghitung dalam hadits tersebut, artinya menghapal, memahami, dan menghayati maknanya serta menjadikannya wirid rutin sehari-hari. Berdasarkan hadits ini, siapa saja yang melakukannya, dia akan masuk surga dengan keutamaan amalan tersebut.

Tariq bin Abdil Aziz Attamimi, L.c., M.A. 1441 H/2020 M. Mutiara Asmaul Husna. Pustaka Imam Asy-Syafi’i. hlm. 22-23.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *