Asmaul Husna: Arti ar-Rahman dan ar-Rahim Sesuai Aqidah Sunnah Shahih

Arti ar-Rahman dan ar-Rahim: Asma-Nya ar-Rahman disebut dalam al-Qur’an sebanyak 57 kali. Di antaranya pada surah ar-Rahman: ٱلرَّحْمَٰنُ “(Allāh) Yang Maha Pengasih.” Ar-Rahman adalah Dzat yang menyayangi semua makhluk yang Dia ciptakan dari ketiadaan dan Dia jamin rezekinya, tanpa ada yang dikecualikan; yang mukmin maupun kafir.

Sedangkan ar-Rahim disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 123 kali. Di antaranya pada surah al-Fatihah: ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ “Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.” Ar-Rahim yaitu Dzat yang mengkhususkan rahmat-Nya untuk para hamba-Nya yang beriman.

Kedudukan ar-Rahman dan ar-Rahim

  1. Allāh membuka awal surah dalam al-Qur’an dengan dua nama agung ini;
  2. Dijadikan tanda turunnya petunjuk dan keterangan;
  3. Syaithan tak mampu berdiri menghadapinya;
  4. Nabi Sulaiman عَلَيْهِ ٱلسَّلَامُ memulai suratnya kepada ratu Balqis dengan kedua Asma ini;
  5. Jibril عَلَيْهِ ٱلسَّلَامُ turun membawa wahyu dan membuka tiap surah dalam al-Qur’an dengan kedua Asma ini.

Kedua Asma ini menetapkan rahmat sebagai sifat Allāh عَزَّ وَجَلَّ; Ar-Rahman berarti Dzat yang bersifat kasih. Ar-Rahim Dzat yang menyayangi hamba-Nya.

Kedua Asma ini menunjukkan kesempurnaan kasih sayang-Nya, semua makhluk di muka bumi ini berbelas kasih, saling membantu dan memberi, itu semua karena rahmat-Nya. Sebaliknya, dialihkannya bahaya, bencana, dan mudharat juga kaerna rahmat-Nya. Hanya Dia عَزَّ وَجَلَّ yang dapat mendatangkan kebaikan, hanya Dia pula yang dapat memalingkan keburukan.

Rahmat atau belas kasih Allāh terbagi menjadi dua:

Pertama, umum yaitu untuk seluruh makhluk-Nya, mukmin dan kafir, dengan menciptakan, memelihara, dan memberi rezeki. رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَىْءٍۢ رَّحْمَةًۭ وَعِلْمًۭا, “Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu.” – Q.S. Mu’min [40]: 7.

Kedua, khusus bagi orang-orang beriman. Allāh merahmati mereka di dunia dengan membimbing mereka kepada petunjuk-Nya dan memberi pahala atas amal baiknya. Memberi berkah atas karunia-Nya, serta meneguhkan hati mereka tatkala datang bala musibah. Di akhirat, Allāh سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى‎ ampuni dosa mereka dan ridha atas mereka serta memasukkan mereka ke surga dan menyelamatkan mereka dari neraka.

Manfaat Mengimani ar-Rahman dan ar-Rahim

  1. Belas kasih di antara sesama di dunia ini adalah satu bagian dari seratus rahmat Allāh. Ada pun sisanya yang 99 rahmat, Allāh simpan untuk alam akhirat;
  2. Melahirkan sifat kasih terhadap semua manusia dan bersikap sayang terhadap sesama mukmin;
  3. Rahmat Allāh dalam hukum syariat-Nya juga jelas, baik dalam rangka menjaga agama, memelihara jiwa dan raga, akal pikiran, nasab keturunan hingga harta kekayaan;
  4. Kasih sayang-Nya dalam musibah yang Dia tuliskan pada hamba, meski sekilas tampak tak diharap atau menyakitkan tetapi banyak musibah yang memberi pelajaran berharga, menyadarkan yang lalai, mendewasakan yang kekanak-kanakan, dan masih banyak hikmah lainnya;
  5. Rahmat Allāh bagi wali-wali-Nya dan bagi hamba yang shalih, yaitu dengan mengabulkan doa mereka, memudahkan urusan dan menolong mereka atas musuh-musuh-Nya.

Demikianlah artikel tentang arti kata ar-Rahman dan ar-Rahim.

Baca: Dalil Hadits Penciptaan Cinta.

Tariq bin Abdul Aziz Attamimi, L.c., M.A. 1441 H/2020 M. Mutiara Asmaul Husna. Pustaka Imam Asy-Syafi’i. hlm. 27-29.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *