Arab Saudi Meluncurkan Satelit Baru SGS1

Satelit Arab Saudi SGS1: Arab Saudi meluncurkan satelit terbaru bernama Saudi Geostationary Satellite1 (SGS1). Satelit SGS1 merupakan satelit ke-16 yang diluncurkan oleh Arab Saudi ke luar angkasa. Satelit SGS1 tersebut diluncurkan pada hari Selasa, 5 Februari 2019 di French Guiana.

Kerjasama Bilateral Korporasi

King Abdul Aziz City for Science and Technology (KACST) dan perusahaan Amerika Serikat, Lockheed Martin, bekerjasama dalam membangun satelit SGS1.

Satelit Arab Saudi SGS1 ini dapat memberikan peningkatan kemampuan telekomunikasi, konektivitas internet yang lebih kuat dan aman di Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa.

Dikembangkan oleh tim dari King Abdul Aziz City Sains dan Teknologi (KACST), Satelit Arab Saudi ini, SGS1, diluncurkan di French Guiana – Arianespace, yang menyediakan layanan peluncuran untuk semua jenis satelit.

KACST, lembaga pemerintah Arab Saudi yang mendukung dan meningkatkan penelitian terapan, berkolaborasi dengan Lockheed Martin untuk memproduksi SGS1.

Arab Saudi Memiliki 16 Satelit

Satelit Arab Saudi SGS1
Roket yang mengangkut Satelit Arab Saudi SGS1. Satelit SGS1 berada pada bagian ujung roket.

Roket yang meluncurkan satelit adalah European Ariane 5. KACST sejauh ini telah meluncurkan 15 satelit ke orbit Bumi, ujar Direktur program SGS1 dari KACST, Dr. Badr Al-Suwaidan. KACST juga telah bekerja sama dengan China dalam misi Chang’e 4 untuk menjelajahi sisi bulan; menyediakan layanan canggih untuk sistem penginderaan jauh; dan berpartisipasi dalam peluncuran sistem canggih untuk pemantauan dan pelacakan maritim dengan data satelit, yang mencakup jangkauan harian 30.000 kapal di seluruh dunia.

Lockheed Martin adalah perusahaan keamanan dan kedirgantaraan global yang bergerak dalam bidang penelitian, desain, pengembangan, pembuatan, integrasi, dan pelestarian sistem dan layanan teknologi canggih. Hubungannya dengan Arab Saudi dimulai pada tahun 1965.

“Tujuan kami adalah untuk memberikan solusi teknologi dan keamanan canggih kepada pemerintah Saudi dan sektor komersial dalam mendukung Visi 2030 (Saudi Vision 2030),” tutur Kepala Eksekutif Lockheed Martin untuk Arab Saudi, Joseph Rank.

Satelit SGS1 Hasil Karya Ilmuwan Arab Saudi

[ads script=”1″ ]


SGS1 diproduksi, diuji dan dioperasikan dengan partisipasi insinyur dan ilmuwan Arab Saudi.

Perjanjian layanan peluncuran antara Arianespace, Arabsat dan KACST diumumkan pada tahun 2015.

Pada tahun 2018, Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman al-Saud mengawasi tahapan pembuatan satelit SGS1 selama kunjungannya ke markas Lockheed Martin di San Francisco.

Pangeran MBS: Di Atas Awan Tertinggi

di atas awan tertinggi
Tulisan tangan pangeran Muhammad bin Salman al-Saud: “فوق أعلى السحب”

Selama kunjungan ini, putra mahkota, Muhammad bin Salman al-Saud atau masyhur disebut MBS, menandatangani bagian terakhir yang ditempatkan pada SGS1 sebelum diluncurkan dengan kata-kata: “فوق أعلى السحب”/ “Di atas awan tertinggi.”

Satelit Arab Saudi SGS1 Diluncurkan di Garis Khatulistiwa

[ads script=”1″ ]

[kgallery ids=”6927,6928,6931″]

Satelit diluncurkan oleh Guyana Space Center, yang terletak di Guyana Prancis karena dekat dengan garis khatulistiwa; memiliki populasi yang kecil.

Fakta Mengenai Satelit Arab Saudi SGS1

[ads script=”1″ ]

Satelit Arab Saudi SGS1
Tahapan peluncuran satelit dengan roket dan rute pengorbitan.

[1] Satelit SGS1 memberikan komunikasi satelit pada jalur Ka-band untuk pemerintah Arab Saudi;
[2] Satelit SGS1 dirakit di Lockheed Martin, California – Amerika Serikat;
[3] Dari sisi Lockheed Martin, satelit SGS1 merupakan satelit ke-46 yang diluncurkan ke luar angkasa;
[4] Satelit SGS1 diluncurkan di Guiana Space Centre sebab lokasi peluncurannya dekat dengan garis ekuator;
[5] KCAST juga bekerjasama dengan China dalam misi Chang’e 4 untuk menjelajah sisi terjauh dari bulan.

[line]

Sumber: Arab News (terjemah bebas).

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.