Aplikasi Alkamus (Al-Kamus) Bahasa Arab Indonesia

Download Aplikasi Alkamus (Indonesia – Arab, Arab – Indonesia, Arab – Arab): Gunakanlah panduan daftar isi berikut ini untuk mempermudah pencarian konten artikel Aplikasi Al-Kamus yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Download Aplikasi Al-Kamus

Aplikasi Alkamus merupakan aplikasi kamus Bahasa Indonesia – Arab, dan Arab – Indonesia, serta Arab ke Arab oleh Ustadz Firanda Andirja Official.

Aplikasi kamus Bahasa Indonesia – Arab Alkamus ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempelajari terminologi (arti istilah-istilah) dalam Bahasa Arab.

Setelah di download, maka akan tampil logo aplikasi Al-Kamus di layar smartphone.

Tap logo aplikasi untuk masuk kedalam aplikasi kamus Bahasa Arab – Indonesia ini (Aplikasi Al-Kamus).

Tidak perlu khawatir soal memori penyimpanan di smartphone anda, sebab Aplikasi Alkamus tidak memakan banyak tempat. Ukuran file-nya hanya 45.9 MB.

Aplikasi Al-Kamus dapat diunduh di AppStore iOS. Aplikasi kamus Bahasa Arab – Indonesia ini juga dapat di-download untuk pengguna ponsel Android.

Link Download:

Tampilan Utama Aplikasi Al-Kamus

Ketika dibuka, tampilan awal aplikasi kamus Bahasa Indonesia – Arab ini didominasi oleh konsep Islamic Art.

Hal itu nampak dari elemen desain geometric pattern pada bagian header aplikasi di sisi kanan dan kirinya yang membentuk dekorasi berpola seamless star.

Aplikasi Alkamus tampilan utama
Aplikasi Al-Kamus: tampilan utama mengusung konsep Islamic Art dan warna classic blue.

Dari aspek tampilan desain UI/UX, diusung tren skema warna tahun 2020 yakni classic blue.

Dibagian bawahnya terdapat Quote yang berisi tentang keutamaan mempelajari Bahasa Arab. Disertai dengan teks Arab, terjemah, serta sumber penukilannya.

Untuk mencari arti suatu kata, anda dapat menggunakan menu baris isian > Cari Kata di Sini yang terletak di bagian tengah tampilan aplikasi.

Ketika isian Cari Kata di Sini di-tap, baris tersebut akan menggeser ke atas (slide-up), kemudian anda dapat mengetik kata yang ingin anda cari.

Jika anda ingin mencari kata dalam istilah Bahasa Indonesia, maka gunakanlah fungsi Arab < > Indonesia: misal kata Zakat.

Aplikasi Al-Kamus: pencarian kata dalam terminologi Bahasa Indonesia > Zakat.

Namun apabila anda ingin mencari kata dalam istilah Bahasa Arab, ganti default keyboard terlebih dahulu kedalam Arabic Keyboard.

Kali ini saya akan mencoba mencari kata مكلف (Mukallaf). Hasil cari Aplikasi Al-Kamus akan tampil di bagian bawahnya, disertai dengan arti dan deskripsi kata.

Aplikasi Alkamus: mencari kata dalam bahas Arab > مكلف

Untuk menyalin hasil cari, cukup dengan tap – hold, kemudian pilih Copy. Setelah disalin, istilah dan terjemahnya dapat digunakan untuk melengkapi tulisan atau tugas akademis yang anda kerjakan.

Untuk membagikan hasil cari Aplikasi Al-kamus, anda dapat menggunakan cara yang sama yakni dengan menggunakan metode tap – hold, kemudian pilih Share.

Aplikasi Al-Kamus Copy Share
Aplikasi Al-Kamus: dengan fitur Share dan Copy anda dapat berbagi ilmu pengetahuan.

Anda dapat membagikannya (share) ke beberapa platform berbeda: WhatsApp, Facebook, e-Mail dan selainnya. Hal itu tergantung dengan kompatibilitas sistem operasi smartphone yang anda miliki.

Tentang Aplikasi Alkamus

Aplikasi Alkamus dibuat oleh tim Bekal Islam – “Ibadah Sesuai Sunnah”.

Sumber data yang digunakan dalam membangun aplikasi terjemah Bahasa Indonesia – Arab ini adalah sebagai berikut:
1. Kamus Bahasa Indonesia ke Arab kitab Al-Munawwir;
2. Kamus Bahasa Arab ke Deskripsi Bahasa Arab kitab المعجم الوسيط

Aplikasi Alkamus Bahasa Arab ke Indonesia dan Indonesia ke Arab ini direkomendasikan bagi masyarakat umum, pelajar umum, pelajar Bahasa Arab, dan para pemerhati Bahasa Arab.

Semoga bermanfaat. Jazakumullah Khayran.

Doa Kafaratul Majelis:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Mahasuci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, aku meminta ampunan dan ber-taubat kepadamu.”
Hadits Pendek tentang Menunjukkan Kebaikan:

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca konten ini dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." - Shahih Muslim nomor 1893.
Konten Asli Protected by Copyscape

  1. Saat ini anda tengah membaca konten asli buatan Authors TemanShalih.Com;

  2. Apabila anda menukil atau membuat materi turunan (scraped content, rewritten content, duplicate content) di/untuk website lain; dalam forum komunikasi tanya-jawab; untuk penulisan naskah akademis: tugas sekolah, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi; pada sebagian/seluruhnya, tulislah URL aktif sebagai penunjuk konten rujukan;

  3. TemanShalih.Com proaktif melakukan monitoring terhadap konten yang telah terbit;

  4. Setiap konten asli yang dimuat dalam TemanShalih.Com dilindungi oleh Undang-Undang;

  5. Lihat Daftar Website yang Copy Paste Konten TemanShalih.Com.

Jazakumullah Khayran.

Agar terus menghasilkan konten yang kredibel, dukung kami dengan follow akun Instagram TemanShalih

Affan bin Umar

Affan bin Umar

Pandu Aditya Affandi, S.Kom., M.H. Pengamat perlindungan konsumen startup Islam; Duta Pelajar Indonesia-Malaysia 2007; Lulusan S1 Sistem Informasi Universitas AMIKOM 2013; Manajer PT Jatra Buana Kreasindo 2015; Former Editorial Team Jurnal Hukum Internasional Tanjungpura Law Journal 2017; Analis Data Akademik Universitas Tanjungpura 2017; Lulusan S2 Hukum Bisnis Universitas Tanjungpura 2018; Jurnalistik Tempo Institute 2019.