HomeBuku IlmiahAndai Aku Tidak Menikah Dengannya | Review Buku Kajian Sunnah
andai aku tidak menikah dengannya review buku

Andai Aku Tidak Menikah Dengannya | Review Buku Kajian Sunnah

Buku Ilmiah 3 likes 159 views share

Judul: Andai Aku Tidak Menikah Dengannya
Penulis: Ustadz Dr. Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim bin Zen Basalamah, MA
Isi: 322 halaman
Dimensi: 16 cm * 16 cm
Harga: Rp. 75.000,-
Penerbit: Rumah Ilmu

Ingin Menikah

Andai Aku Tidak Menikah Dengannya: Ikhwati fillāh yang sama-sama kita mengharap rahmat Allāh عَزَّ وَجَلَّ bahwa seorang muslim yang sehat akal dan fitrahnya sudah barang tentu menginginkan untuk menikah.

Terlebih masing-masing dari setiap individu muslim dapat dikatakan memiliki kriteria yang berbeda-beda sesuai dengan ‘selera’. Maka dirinya akan jauh lebih berbahagia dan merasa tentram apabila menikah dengan seseorang yang karakternya sesuai selera dan baik pula agamanya.

Diperbudak Hawa Nafsu

Untuk itu hendaklah seorang muslim mengedepankan ilmu daripada ra’yu (logika) sehingga dirinya dapat menempatkan keinginan hawa nafsu setelah dalil. Hal ini guna menghindari seseorang dari terjebak kedalam posisi sebagai budak hawa nafsu yang terus mengejar keinginan untuk memiliki pasangan hidup yang serba ideal, yang dirinya merasa kepayahan dalam mencari pasangan hidup yang mutlak sesuai dengan impiannya.

Terjebak sebagai serang muslim yang terus mengembara dalam pencarian teman hidup, hingga dirinya kian merasa dihimpit oleh waktu. Padahal telah banyak yang datang kepadanya, sementara dalam pandangannya tidak satupun orang yang sesuai dengan kriteria impian. Wal iyadzu billāh, semoga kita dilindungi dari sikap yang demikian.

Pedoman Hidup yang Jelas dan Berdasar

Oleh karena itu menjadi keutamaan bagi setiap Mukallaf  untuk mengisi ruang hidupnya dengan ilmu agama agar dirinya memiliki pedoman hidup yang jelas dan tidak salah dalam menentukan tujuan.

Jangan sampai waktu muda habis dalam pencarian teman hidup, namun buta arah tatkala mengarungi samudera kehidupan di atas bahtera rumah tangga.

Dalam surat Az-Zariyat (Angin yang Menerbanykan) [51], ayat ke-56, Allāh عَزَّ وَجَلَّ berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Transliterasi,

Wa ma khalaqtul Jinna wal Insa, Illa liya’budūn.

Terjemah,

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Tafsir,

Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia serta mengutus seluruh Rasul kecuali untuk tujuan luhur, yaitu beribadah kepada-Ku saja, tanpa ibadah kepada selain-Ku. – Tim Ulama Mushaf Syarif Mujamak Malik Fahd. 1437 H/ 2016 M. Terjemah At-Tafsir Al-Muyassar. Surakarta: YSPII & Al-Qowam Group. – Kitab terjemah dari judul asli: At-Tafsirul Muyassaru (mushaf al-Madinah an-Nabawiah).

Banyak Pahala dalam Satu Waktu

Menuntut ilmu adalah ibadah dan menikah pun ibadah, betapa mudah dan indah agama Ini sehingga seseorang itu juga dapat memperoleh banyak ganjaran pahala dalam satu waktu.

 

Rasulullāh صلى الله عليه وسلم bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allāh mudahkan jalannya menuju Surga. …” — Sahih (Darussalam): Jami` at-Tirmidzi nomor 2646 (كتاب العلم عن رسول الله صلى الله عليه وسلم), dari Shahabat Abu Hurairah رضي الله عنه‎‎.

Dengan menelaah kitab/ buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, yang merupakan buah pena Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA, secara seksama, saudara (yang belum menikah) dapat dengan jelas dan terang memperoleh gambaran ihwal kehidupan dan polemik dalam berumah tangga, serta kiat-kiat membangun rumah tangga yang ideal sesuai apa yang dikehendaki syara‘ (Agama):

  • Bagaimana menghadapi al-Ghyrah (kecemburuan) teman hidup;
  • Bagaimana mengambil peran sebagai seorang suami tatkala berada di rumah;
  • Menyadari bahwa diri ini bukanlah malaikat dan dirinya bukan bidadari. Artinya teman hidup bukanlah orang yang Ma’shum (terpelihara dari kekurangan dan kesalahan);
  • Mengedepankan prasangka baik terhadap Ketetapan Allah ‘Azza Wa Jalla dan tidak menyesali takdir dengan mengatakan, “Andai kata aku mengerjakan (ini), maka (begitu).”
  • Serta persoalan lain yang diangkat berdasar empiris dan ilmiah, dengan tata bahasa yang mudah dimengerti.

Keunggulan buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

1. Bermanhaj Salaf

Keunggulan dari buku-buku ilmiah Sunnah semacam ini adalah penulis, Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA, tidak lepas dari Hujjah (dalil) ash-Shahihah (yang benar) yang dimengerti dan dijelaskan sesuai dengan Manhaj Salaf (sifat dan cara beragamanya para Shahabat رضي الله عنهم/ Khulafaur-Rashidīn) dalam memahami dan mengamalkan Sunnah Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم.

2. Bernilai dan Tidak Kering Dalil

Hal itu, sebagaimana tersebut pada nomor 1 (satu) di atas, berarti buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya bukanlah buku yang kering dalil dan tidak pula terselip di dalamnya pemikiran ahli kalam/ filsafat. Artinya buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya bukan sekedar menyenangkan untuk dibaca akan tetapi ia juga bernilai untuk dibaca serta dapat memberikan jawaban bagi seseorang yang benar-benar ingin menyelami ilmu pengetahuan mengenai kehidupan berumah tangga yang ideal di hadapan perspektif syari’at.

رفقابِالْقَوَارِيْرِ

Lembutlah kepada kaca-kaca (maksudnya para perempuan). – H.R. al-Bukhari V/2294 no 5856, Muslim IV/1811 no 2323, An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubro VI/135 no 10326. – Lafazh ini dinukil dari buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, hal. 4.

3. Menjadi Lebih Siap Untuk Menikah

Setelah membaca buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, saudara yang ingin menikah dapat merasakan sebuah perasaan yang berkata,

Setelah membaca buku ‘Andai Aku Tidak Menikah Dengannya’, saya merasa jauh lebih siap untuk menikah: dengan menghadapi segala kebahagiaan dan konsekuensinya; keadaan mudah maupun sulit.

Sikap yang demikian itu terbentuk dengan sendirinya setelah ruang baca dipadati dengan penjelasan mengenai dalil naqliyah yang ditulis dalam buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, yang setelah itu hati para pembaca diisi dengan keyakinan dan tekad yang kuat dalam Mutaba’ah (meneladani Uswatun Hasanah yang ada pada diri Rasulullāh ‎صلى الله عليه وسلم) dan harapan akan ganjaran berupa kemudahan hidup di dunia (dalam berumah tangga) serta selamat dari azab kubur dan neraka (yang disebabkan kelalaian menjalani kewajiban dalam kehidupan berumah tangga).

Pada halaman 190 hingga 191, dalam buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Ustadz Syafiq menukil dan menjelaskan sebuah hadits riwayat Muslim, bahwa:

Jangan berharap masuk surga bila kau gagal mempertanggungjawabkan istrimu. Mereka akan menggandolimu dan menyeretmu ke dalam neraka. Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ
أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Ketahuilah setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang ia pimpin … seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan ia bertanggung jawab atas keluarganya … Ketahuilah setiap dari kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin. – Shahih Muslim, nomor 1829 (كتاب الإمارة).

Apakah Buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya untuk Pembaca Lelaki atau Wanita?

Bagi saudara yang belum lama mengenal sosok Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA dengan menghadiri majelis ilmiah yang beliau ampu dan-atau dengan jalan menyimak video kajian yang beliau sampaikan, akan menyaksikan kecerdasan dan kelembutan beliau dalam memberikan pendidikan agama dan dalam bertutur kata.

Sehingga menjadi maklum apabila ada di antara saudara yang pada awalnya berpikir bahwa,

Buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya sepertinya bacaan untuk kaum wanita.

Akan tetapi bagi kami tidak demikian, buku Andai Aku Tidak Menikah dengannya adalah kitab ilmiah yang proporsial yang dapat dibaca dan diambil faedah ilmiahnya baik oleh kaum lelaki maupun wanita, baik yang ingin menikah maupun yang sudah berumah tangga.

Sementara itu Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam Muqaddimah (Pengantar) buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya menuturkan bahwa buku ini ditujukan kepada kaum lelaki (para suami) agar mereka berlomba dalam usaha untuk menjadi suami sejati mengikuti contoh Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam.

Buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya juga ditulis sebagai penyeimbang buku-buku ilmiah dan kajian ilmiah sunnah yang bertemakan untuk ibu-ibu: yang mengajak agar kaum hawa lebih taat kepada suami. Bagian Muqaddimah dari buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya akan kami tulis sebentar lagi. Dengan membaca bagian Muqaddimah, diharapkan pembaca yang budiman dapat memahami tujuan penulis dalam menulis buku tersebut.

Pada halaman 87 hingga 88 dalam buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Ustadz Syafiq Riza Basalamah menukil dan menjelaskan sebuah hadits riwayat Bukhari, bahwa:

“Biasanya, tatkala layar baru dikibarkan dan kapal akan berlayar, nahkoda dan awak kapalnya akan menebar senyum kegembiraan seraya melambaikan tangan kepada orang-orang yang ditinggalnya. Namun setelah berhari-hari di tengah laut suasana mulai berubah; suhu udara yang memanas, ombak yang bergulung-gulung menghantam kapal, senyum mulai hilang dari bibir, kerut di kening berlipat-lipat, kata-kata yang kasar sesekali terlontarkan, sehingga menambah ketidaknyamanan berada di atas kapal.

Begitulah gambaran pengantin baru: rumah senantiasa berisi bunga-bunga cinta, sapaan mesra kerap dilontarkan oleh suami kepada permaisuri, panggilan sayang dan cinta terpantulkan dari dinding-dinding dan memperindah bilik-bilik istana, tamannya berisikan bunga-bunga yang harum semerbak dengan warna-warni yang menawan hati.

Namun setelah berlalu beberapa masa, cat indah di dindingnya mulai mengelupas, taman bunganya mulai layu dan berganti dengan rumput-rumput liar yang mengganggu, sapaan mesra telah berubah dengan panggilan yang penuh sindiran dan hinaan. Padahal suami bila di luar rumah dapat membungkus kekesalannya dengan senyum yang menghias di bibir dan dengan kata-kata yang indah penuh penghormatan.

Sejatinya istri lebih berhak mendapatkan kata-kata yang indah berbungku cinta dan kasih sayang. Istri lebih layak mendapatkan keromantisan, karena dia adalah pendamping kita yang dari pagi hingga pagi kembali bersama kita.” Kemudian Ustadz Syafiq menukil sebuah hadits,

Rasulullah ‎صلى الله عليه وسلم bersabda,

‎الْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

“… Perkataan yang baik adalah sedekah …” – Shahih Bukhari nomor 2989 (كتاب الجهاد والسير)

Desain dan Finishing Cover Buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

andai aku tidak menikah dengannya review buku

Pada cetakan kedua (buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya yang tersimpan dalam perpustakaan temanshalih.com), ia dikemas dalam bentuk hard cover dengan finishing laminasi UV Spot dan emboss pada tipografi “Andai Aku Tidak Menikah Dengannya” serta pada elemen dekorasi bunga dan selainnya. Finishing laminasi UV Spot memberikan efek seperti bahan plastik.

Teknik laminasi UV Spot dan Emboss memberikan kesan eksklusif dan mewah, terlebih desain cover buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya didominasi dengan desain warna ungu gelap, abu-abu, putih dan oranye. Sehingga menjadi maklum tatkala saudara menggenggam buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya untuk pertama kali, saudara akan menghabiskan waktu beberapa puluh detik untuk memperhatikan detail desain ilustrasi dan finishing cover.

Muqaddimah buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

Dalam bagian Muqaddimah (Pengantar) buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA, menuturkan bahwa,

“Setelah mendengar banyaknya curhatan dari para istri yang suaminya tak seindah harapan, rumah tangganya pun tak sehangat yang dibayangkan, apalagi munculnya suami-suami yang sok alim di depan umum, hafalan ayat dan haditsnya sudah lumayan . 

Namun tatkala berada di rumah, ia adalah penjahat berbaju koko. Ditambah maraknya buku-buku yang ditujukan kepada kaum Hawa agar mereka menjadi istri yang baik dan shalihah, mengabdi kepada suaminya, sedang suaminya sendiri tak shalih.

Belum lagi semaraknya kajian yang diselenggarakan dengan tema untuk ibu-ibu agar mereka lebih ta’at dan patuh kepada suami, dan kurangnya buku-buku yang ditujukan kepada kaum lelaki agar mereka memperbaiki diri, bercermin kepada sang Nabi dan menjadi suami sejati.

Karena semua alasan itulah dan atas berkat taufik ilahi dengan segala keterbatasan diri, aku ingin memberikan sumbangsih.

Aku menulis sebagai seorang putra yang memiliki seorang ibu,

Sebagai Seorang ayah yang memiliki putri-putri,

Sebagai seorang saudara yang memiliki tiga saudari,

Sebagai seorang suami yang memiliki seorang istri.

Aku ingin ayahku memperlakukan ibundaku dengan cara yang baik dan bijak. Aku berharap kelak tatkala putri-putriku menikah, suaminya menjadi pemimpin dan nahkoda yang baik nan shalih bagi mereka. Aku ingin agar kakak dan adik-adikku dihormati, disayangi dan dilindungi oleh suami mereka. Dan aku pun berusaha mewujudkan apa yang aku tulis ini ke dalam bahtera rumah tanggaku, walaupun mungkin banyak kekuranganku di sana – sini, kuharap semoga istriku memaafkanku.

Akhi! Begitulah panggilan yang akan mengiringi tulisanku, karena buku ini aku peruntukkan kepada para nahkoda dalam bahtera kehidupan ini. Ketahuilah bahwa istrimu menikah denganmu dan menerimamu sebagai suami karena memandang kepada indahnya akhlaqmu dan baiknya hatimu, dengan harapan engkau dapat menggendongnya menuju ke taman-taman yang indah nan memikat.

Namun setekah mereka meningalkan segala kesenangannya untuk menjadi:

Pelayan di rumahmu,

Penjaga di istanamu,

Penghibur di vilamu,

Perawat untuk anak-anakmu,

Koki dan juru masak di dapurmu,

Ternyata impiannya menguap begitu saja,

Angan-Angannya malah sirna bak ditelan bumi.

Telah banyak buku-buku dan kajian-kajian yang ditujukan kepada para istri, agar mereka menjadi lebih baik. Agar mereka seperti Khadijah dan ‘Aisyah, agar mereka tidak banyak menuntut, agar mereka menerima dan bersyukur (Qana’ah pen).

Mungkin kau juga telah membelikan beberapa buku semacam itu untuknya. Tapi mungkin belum banyak buku-buku dan kajian-kajian yang dikhususkan untuk kaum lelaki, agar mereka dapat mencontoh Nabi Muhammad shalallaahu ‘alaihi wa sallam di rumahnya, yang tidak banyak meminta haknya, namun lebih banyak melakukan tugas dan kewajiban serta memberikan hak-hak para istri.

Perempuan ibarat gelas-gelas kaca yang sensitif, ia harus diperlakukan dengan cara yang halus dan penuh kehati-hatian dalam memegang dan membersihkannya. 

Bila kau sedikit kasar biasanya gelas itu akan tergores, dan bila kau lebih kasar lagi ia bisa terjatuh dan pecah berkeping-keping. Ketika itu kau baru tersadar bahwa dirimu telah kehilangan sebuah gelas kebahagiaan, yang bila kau berusaha untuk merekatkannya kembali, ia susah untuk kembali kepada asalnya.”

Kemudian Ustadz Syafiq Riza Basalamah kembali menukil sebuah hadits,

رفقابِالْقَوَارِيْرِ

Lembutlah kepada kaca-kaca (maksudnya para perempuan). – H.R. al-Bukhari V/2294 no 5856, Muslim IV/1811 no 2323, An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubro VI/135 no 10326.

“… Maka demi melanjutkan pesan Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam di atas, aku membuat tulisan ini yang sebelumnya pernah menjadi bahan kajian umum di sebuah masjid di Jakarta.

Semoga dapat menggugah hati yang terlena, membangunkan jiwa yang tidur, melunakkan qalbu yang keras dan menyirami bunga yang layu.

Syafiq bin Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim bin Zen Basalamah.

Daftar Isi buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya

BAB I | Dunia Yang Terkutuk | 7

  • Harta Yang Paling Mulia | 12;
  • Setengah Agamamu Telah Disempurnakan | 16;
  • Demi Hidup Bahagia | 19;
  • Malam Penguburan Cinta | 25;
  • “Malam Pernikahan Adalah Malam Penyemian Cinta” | 27;
  • Bulan Madu | 28;
  • Bahteraku Hampir Pecah | 32;
  • Andai Aku Tidak Menikah Dengannya | 33;
  • Aku Ingin Berbisik | 33;
  • Suami Adalah Nahkoda | 35;
  • Janji Teguh Nun Sakral | 39.

BAB II | Tak Kenal Maka Tak Sayang | 45

  • Mengenal Perempuan | 26;
  • Dari Tulang Rusuk Yang Bengkok | 48;
  • Andai Perempuan Dari Baja | 51;
  • Pencemburu | 64;
  • Perasa dan Mudah Tersinggung | 68;
  • Penampilan | 74.

BAB III | Menyirami Bunga Yang Layu | 81

  • Menyiram Bunga yang Layu | 82;
  • Setengah Isi, Setengah Kosong | 82;
  • Manjakan Istrimu Dengan Kata-Kata Indah | 87;
  • Khususkan Waktu Untuk Berbincang Dengannya | 93;
  • Hargai Pendapatnya | 108;
  • Jangan Suka Membanding-Bandingkan | 111;
  • Berikan Kepadanya Kewenangan Mengatur Rumah | 114;
  • Istri Memerlukan Hiburan | 116;
  • Rekreasi Bersama Keluarga | 123;
  • Membantu Pekerjaan Rumah | 126;
  • Bersolek dan Masuk Rumah dengan Senyuman | 130;
  • Romantis di Meja Makan | 132;
  • Jangan Lewatkan yang Ini! | 134;
  • Romantis di Kendaraan | 136;
  • Romantis di Atas Ranjang | 139;
  • Memberhentikan Pasukan Untuk Sang Istri | 147;
  • Puncak Keromantisan Nabi Shalallaahu ‘Alaihi Wa Sallam | 150;
  • Ungkapkan Cintamu | 153;
  • Persembahkan Untuknya Hadiah | 155;
  • Ucapkan Terimakasih | 159;
  • Istri Bukan Pembantu | 162;
  • Menebar Dusta Meraih Bahagia | 166;
  • Istrimu Bukan Bidadari | 168;
  • Berapa Kali Engkau Memaafkan Istri? | 171;
  • Bermain Tarik Ulur | 175;
  • Jangan Mencari-Cari Kesalahan (Tajassus) | 183;
  • Kecup Dirinya Sebelum Meninggalkan Rumah | 185;
  • Gandeng Tangannya Menuju Pintu Surga | 189;
  • Jadilah Insan Terbaik | 193.

BAB IV | Menyingkap Tirai | 197

DAFTAR PUSTAKA | 318

Bagaimana cara memiliki buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya?

Saudara dapat memperoleh buku Andai Aku Tidak Menikah Dengannya dengan jalan mendatangi toko muslim terdekat: Festival Madinah , Maktab As-Salam .

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. - Shahih Muslim nomor 1893

Klik bagikan/ share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya: temanshalih.com

Laporkan konten negatif: Disclaimer