HomeCahaya IlmuTaubat Sebelum Terlambat
taubat sebelum terlambat, taubat, hijrah yang shahih, teman shalih

Taubat Sebelum Terlambat

Cahaya Ilmu Nasihat 0 share

    taubat sebelum terlambat, taubat, hijrah yang shahih, teman shalih“Kembali kepada kebenaran lebih baik daripada bertahan di dalam kebathilan.” ~ ‘Umar ibn Al-Khaththab Al-Farouq رضي الله عنه‎‎

Sesungguhnya seseorang yang sedang hijrah guna memperbaiki (ishlah) dirinya, ia sedang hidup di antara 2 (dua) arus yang saling tarik-menarik, yakni arus ketaatan dan arus kemaksiyatan. Maka untuk tetap berada (bertahan & memantapkan diri) pada jalur ketaatan, seseorang itu sudah semestinya menghindari/menjauhi sumber-sumber maksiyat.

Seseorang itu harus memperkuat diri dengan ilmu agama serta mengamalkan sesuai pedoman Sunnah/petunjuk Rasulullah ﷺ dan kesanggupannya, dan ia berusaha untuk meningkatkan kesanggupan dalam menyelenggarakan amalan-amalan shalih sesuai Sunnah, ini merupakan perisai bagi dirinya untuk menangkal syubhat/keraguan dan kerancuan dalam memahami agama serta menangkal syahwat yang akan dihadapi dalam perjalanan dakwahnya. Pemuda yang berusaha meneladani Rasulullah ﷺ pada setiap perilakunya (adab & akhlaq) adalah generasi terbaik masyarakat/shafwah dan merupakan generasi harapan yang penuh kebaikan dan berkah.

Apabila karakteristik da’i telah sempurna, maka saat itu barulah ia diperbolehkan untuk bertemu dengan teman-teman lamanya untuk mengajak mereka turut dalam langkah ketaatan kepada Allah ‘Azza Wa Jalla (Mahamulia dan Mahaagung) dengan selalu memohon perlindungannya dari was-was (bisikan) Syaithan yang Terkutuk.

Ikhtisar (Diintisarikan dari):
Husain Muhammad Syamir. 1434 H. Al-Ilmam fi Asbab Dha’f al-Iman. Jakarta: Darul Haq. (31 Sebab Lemahnya Iman).

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.


Rasulullah ﷺ bersabda,


من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.- Shahih Muslim no. 1893


Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

765 total views, 15 views today