HomeIntisari Cahaya IlmuTaubat Sebelum Terlambat
taubat sebelum terlambat, taubat, hijrah yang shahih, teman shalih

Taubat Sebelum Terlambat

Intisari Cahaya Ilmu Nasihat 0 share

Sesungguhnya seseorang yang sedang hijrah guna memperbaiki (ishlah) dirinya, ia sedang hidup di antara 2 (dua) arus yang saling tarik-menarik, yakni arus ketaatan dan arus kemaksiyatan. Maka untuk tetap berada (bertahan & memantapkan diri) pada jalur ketaatan, seseorang itu sudah semestinya menghindari/menjauhi sumber-sumber maksiyat.

Seseorang itu harus memperkuat diri dengan ilmu agama serta mengamalkan sesuai pedoman Sunnah/petunjuk Rasulullah ﷺ dan kesanggupannya, dan ia berusaha untuk meningkatkan kesanggupan dalam menyelenggarakan amalan-amalan shalih sesuai Sunnah, ini merupakan perisai bagi dirinya untuk menangkal syubhat/keraguan dan kerancuan dalam memahami agama serta menangkal syahwat yang akan dihadapi dalam perjalanan dakwahnya. Pemuda yang berusaha meneladani Rasulullah ﷺ pada setiap perilakunya (adab & akhlaq) adalah generasi terbaik masyarakat/shafwah dan merupakan generasi harapan yang penuh kebaikan dan berkah.

Apabila karakteristik da’i telah sempurna, maka saat itu barulah ia diperbolehkan untuk bertemu dengan teman-teman lamanya untuk mengajak mereka turut dalam langkah ketaatan kepada Allah ‘Azza Wa Jalla (Mahamulia dan Mahaagung) dengan selalu memohon perlindungannya dari was-was (bisikan) Syaithan yang Terkutuk.

Ikhtisar (Diintisarikan dari):
Husain Muhammad Syamir. 1434 H. Al-Ilmam fi Asbab Dha’f al-Iman. Jakarta: Darul Haq. (31 Sebab Lemahnya Iman).

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.


من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.- Shahih Muslim no. 1893

Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

1,097 total views, 3 views today