HomeCahaya IlmuMenghindari Kebiasaan-kebiasaan Buruk di Bulan Ramadhan
Menghindari kebiasaan buruk di bulan ramadhan

Menghindari Kebiasaan-kebiasaan Buruk di Bulan Ramadhan

Cahaya Ilmu 0 share

Masuknya bulan Ramadhan merupakan suatu nikmat bagi seorang muslim, terutama apabila dirinya berada di dalam keadaan yang sehat dan membekali dirinya dengan pengetahuan amaliyah sunnat & wajib yang dapat ia amalkan selama bulan Ramadhan, baik amalan khusus bulan Ramadhan maupun amalan umum selainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, ada sebagian kaum muslimin yang merasa berat melalui hari-hari selama bulan Ramadhan. Yang tidak lain hal yang demikian itu (perasaan yang berat) disebabkan kebiasaan-kebiasaan buruk berupa kemunkaran dan-atau kemaksiyatan yang biasa ia perbuat di luar bulan Ramadhan, sehingga seolah-olah kebiasaan-kebiasaan itu sudah mendarah daging di dalam dirinya. Sehingga sulit baginya untuk menghentikan perbuatan itu secara totalitas maupun khusus pada bulan Ramadhan, SubhanAllah.

Di antara kebiasaan-kebiasaan buruk yang umumnya dilakukan adalah ghibah atau menggunjing saudara muslimnya yang lain, sulit bangun pagi untuk mendirikan shalat subuh berjamaah di masjid (bagi laki-laki), malas membaca Kitabullah (al-Qur’an), lalai dalam memelihara shalat yang lima waktu (shalat fardhu berjamaah di masjid bagi laki-laki, termasuk shalat subuh), gemar membuang waktu dengan bergurau yang buruk (berdusta agar orang lain tertawa), tidur setelah shalat subuh, banyak membaca buku-buku yang kering dalil sehingga waktunya terbuang sia-sia.

749 total views, 6 views today