HomeKhabarRudal Patriot: Keberhasilan Saudi Arabia Menjaga Tanah Suci Makkah.
rudal

Rudal Patriot: Keberhasilan Saudi Arabia Menjaga Tanah Suci Makkah.

Khabar Negeri Jauh Teknologi 0 share

RIYADH: Militan Syi’ah Houthi yang memberontak di Yaman telah meluncurkan satu serangan jarak jauh mereka terhadap Arab Saudi, dengan menembakkan rudal balistik yang berhasil ditembak jatuh oleh pasukan pertahanan Saudi Arabia ( قوات الـدفاع الـجوي الـملكية الـسعوديةThe Royal Saudi Air Defence – RSADF) di dekat kota suci Makkah sebelum berhasil menuju target sasaran.

patriot-launch-animated

Peluncuran rudal Patriot

Sementara itu, Koalisi Negara Arab telah melakukan kampanye pengeboman terhadap pemberontak Milisi Syi’ah Houthi sejak 1436 H (Maret 2015) yang menargetkan basis pertahanan mereka, serangan Koalisi terhadap Milisi Syi’ah Houthi didominasi dengan serangan udara/Air-Strike. Saudi Arabia menggunakan misil “Patriot” untuk melawan pergerakan Milisi Syi’ah Houthi, misil dimaksud termasuk kedalam jenis SAM/Surface to Air Missile/peluru kendali dari darat ke udara.

patriot-diagram-large

Infografis rudal patriot

Sistem rudal Patriot memiliki kemampuan untuk mendeteksi, mengunci dan menghancurkan rudal pihak oposisi yang menyerang (yang berdimensi panjang 3 – 6 meter) yang biasanya meluncur pada tiga sampai lima kali kecepatan suara. Sistem Patriot yang telah diperbarui bahkan dapat menghancurkan pesawat dan rudal jelajah yang masuk.

patriot-truck

Sistem peluncur rudal Patriot dengan mobilitas truk

Milisi Syi’ah Houthi meluncurkan rudal “menuju daerah Mekah” pada Kamis malam, 26 Muharram 1438 H (27/10/’16), dari provinsi Saada yang menjadi basis pertahanan mereka di daerah perbatasan antara Yaman dengan Saudi Arabia.

Sistem rudal Patriot telah digunakan dalam banyak situasi, sebab ia mampu menembak jatuh rudal musuh (misalnya rudal Scud) dengan kemampuannya ia mampu melindungi tentara dan warga sipil dari serangan rudal musuh. Rudal Patriot tercatat telah diaktifkan beberapa kali dalam perang Irak dan digunakan secara luas dalam perang Teluk 1991, dan yang baru-baru ini, rudal Patriot, digunakan Kerajaan Saudi Arabia untuk menghadang & menghancurkan rudal balistik yang diluncurkan Milisi Syi’ah Houthi sebelum berhasil membuat kerusakan di wilayah Saudi Arabia.

patriot-launch-300px

Rudal Patriot saat diluncurkan

“Pertahanan Saudi Arabia mampu mencegat dan menghancurkan rudal yang diluncurkan Milisi Syi’ah Houthi pada jarak sekitar 65 km dari Makkah tanpa kerusakan apapun.”

rtn_187621

مجلس التعاون لدول الخليج العربيةGulf Cooperation Council/GCC Enam Negara mengutuk serangan tersebut yang kemudian digambarkan sebagai “bukti jelas” bahwa pemberontak Milisi Syi’ah Houthi tidak bersedia dan tidak memiliki i’tiqad untuk menerima solusi atas konflik yang telah berlansung selama 19 bulan di Yaman. Qatar menyebut serangan tersebut sebagai “Provokasi terhadap perasaan jutaan Muslim diseluruh dunia“. Semua negara GCC, selain Oman, adalah anggota koalisi yang dipimpin Kerajaan Saudi Arabia (المملكة العربية السعودية Al-Mamlakah Al-ʾĀrabīyah As-Saʿūdīyah – Kingdom of Saudi Arabia – KSA).

United Arab Emirates, Qatar (الإمارات العربية المتحدةal-Imārāt al-‘Arabīyah al-MuttaḥidahUAE) sendiri merupakan pilar utama dari aliansi Ahli-Sunnah.

Arab Saudi merespon serangan ini dengan melancarkan serangan balik ke situs peluncuran rudal balistik Milisi Syi’ah Houthi.

Milisi Syi’ah Houthi adalah kelompok minoritas yang termasuk dalam sekte Zaidi Syi’ah yang menyimpang jauh dari ajaran Islam, sesat dan menyesatkan, yang mereka tercatat memulai pergerakannya terhadap pemerintah Yaman sejak tahun 1435 H (2004 M).- FYI

(SIASAT | ALARABIYA | HOWSTUFFWORKSTEMANSHALIH)

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.


من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.- Shahih Muslim no. 1893

Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com

1,143 total views, 14 views today