HomeCahaya IlmuApa yang dimaksud dengan Mujahid dan Apa perbedaan antara Mujahid dengan Teroris?
Mujahid

Apa yang dimaksud dengan Mujahid dan Apa perbedaan antara Mujahid dengan Teroris?

Cahaya Ilmu Jihad 0 share

Allah ﷻ  berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ جَاهِدِ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِينَ وَاغْلُظْ عَلَيْهِمْ ۚ وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

Wahai Nabi! Berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah Neraka Jahanam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.- Q.S. At-Taubah (Pengampunan) [9]: 73

Tafsirnya,

Wahai Nabi, berjihadlah melawan orang-orang kafir dengan pedang serta melawan orang-orang munafik dengan lisan dan hujjah, serta bersikap keraslah terhadap kedua kelompok ini. Tempat tinggal mereka adalah Jahannam yang merupakan seburuk-buruk tempat kembali.- Tafsir Q.S. At-Taubah (Pengampunan) [9]: 73, Kitab At-Tafsir Al-Muyassar mushaf Al-Madinah An-Nabawiah (At-Tafsirul Muyassaru)

Rasulullah ﷺ bersabda pada saat Haji Wada’,

Maukah kalian aku beritahukan tentang orang Mukmin? Yaitu yang mengamankan harta-harta dan jiwa-jiwa manusia, seorang Muslim yaitu yang manusia selamat dari gangguan lisannya dan tangannya, seorang Mujahid yaitu yang berjihad dalam ketaatan kepada Allah, dan seorang Muhaajir yaitu yang meninggalkan kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa.- Hadits Shahih: Riwayat Ahmad (VI/21-22), ‘Abdullah Ibnul Mubarak dalam kitab Az-Zuhd no. 775, al-Hakim (I/10-11), Ibnu Hibban no. 4862 At-Ta’liiqatul Hisaan, Muhammad bin Nashr al-Marwazi dalam Ta’zhiim Qadrish Shalaah no. 641, dan al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah no. 14, dari Fadhalah bin ‘Ubaid Radhiy-Allaahu-‘Anhu. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah no. 549

Wajib diperhatikan bahwa Islam mengajarkan Jihad. Dalam Syari’at Islam, Jihad sama sekali tidak sama dengan terorisme, itu berarti Para Mujahid tidak sama dengan teroris. Islam berlepas diri dari terorisme dan pelakunya. Terorisme bukan dari ajaran Islam.

Seorang Mujahid berada pada tingkatan yang tinggi, mahfumah ada beberapa tingkatan seorang Muslim, yakni;

  1. Disebut seorang Muslim apabila jika orang-orang Muslim lainnya selamat dari gangguan lidah dan tangannya.
  2. Disebut orang Mukmin ialah jika manusia aman darinya, yaitu darah dan hartanya.
  3. Disebut Muhaajir ialah orang yang menjauhi (meninggalkan) keburukan.
  4. Disebut Mujahid ialah seseorang yang mengorbankan dirinya karena Allah ﷻ .

Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ مَاتَ وَلَمْ يَغْزُ وَلَمْ يُحَدِّثْ بِهِ نَفْسَهُ مَاتَ عَلَى شُعْبَةٍ مِنْ نِفَاقٍ

Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan ia tidak pernah ikut berperang, dan tidak terbetik di dalam benaknya (hatinya) untuk berperang, maka matinya termasuk dalam satu cabang kemunafikan.- Hadits Shahih: Riwayat Muslim no. 1910, Abu Dawud no. 2502, an-Nasa’i (VI/8), Ahmad (II/374), dari Shahabat Abu Hurairah Radhiy-Allaahu-’Anhu

Jihad adalah kemuliaan, bagian dari Islam Rahmatan Lil Alamin (Islam Rahmat Bagi Seluruh Alam; alam malaikat, manusia, jin & hewan), tujuan utama jihad bukanlah peperangan semata melainkan tegakknya kalimat tauhid diseluruh penjuru dunia dan menyelamatkan manusia dari penyesalan akhirat (dimasukkan dan kekal di neraka sebab mati dalam keadaan kafir). Dalam Islam, Jihad adalah amalan yang utama. Jihad adalah tonggak terciptanya keadilan dan kejayaan Islam dan kaum Muslimin di muka bumi. Dengan jihad, dunia akan damai dan makmur. Dan dengan Jihad, Islam akan Berjaya, dan Ummat Islam akan berwibawa.

Sementara itu perlu diketahui bagi sebagian kaum muslimin yang berada dalam kondisi yang lemah (apabila dilihat dari sisi [1] Aqidah/keyakinan di dalam beragama & [2] fisik) pada suatu negeri dan suatu waktu, maka wajib bagi mereka mengamalkan dalil-dalil mengenai keutamaan Bersabar dan Memaafkan orang.

Imam Abu Dawud, dalam Sunan-nya, meriwayatkan hadits,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏:‏ ‏”‏ لَقَدْ تَرَكْتُمْ بِالْمَدِينَةِ أَقْوَامًا مَا سِرْتُمْ مَسِيرًا وَلاَ أَنْفَقْتُمْ مِنْ نَفَقَةٍ وَلاَ قَطَعْتُمْ مِنْ وَادٍ إِلاَّ وَهُمْ مَعَكُمْ فِيهِ ‏”‏ ‏.‏ قَالُوا ‏:‏ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ يَكُونُونَ مَعَنَا وَهُمْ بِالْمَدِينَةِ فَقَالَ ‏:‏ ‏”‏ حَبَسَهُمُ الْعُذْرُ ‏”‏ ‏.‏

Bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalian telah meninggalkan suatu kaum di Madinah yang tidaklah kalian menempuh perjalanan, memberikan sedekah, dan tidak pula menyeberangi wadi (ngarai), kecuali mereka bersama dengan kalian.” Para Shahabat Radhiy-Allaahu-‘Anhum bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana bisa mereka bersama dengan kita, sementara mereka di Madinah?” Beliau menjawab, “Udzur telah menahan mereka.”- Hadits Shahih (Shahih Al-Albani): Sunan Abi Dawud, Kitab
Sabar bukan berarti tidak berbuat apa-apatemanshalih.cm

Sabar bukan berarti tidak berbuat apa-apa atau tidak berjihad (Jihad dalam makna umum; yakni selain berperang dengan senjata). Ummat Islam wajib melaksanakan ajaran Islam yang mereka mampu melaksanakannya, meyakini, dan mengamalkan Rukun Iman, Rukun Islam, dan amal-amal shalih lainnya sesuai dengan tuntunan Rasulullah ﷺ (sesuai Sunnah). Karena amalan tersebut wajib dilaksanakan selamanya dan secara terus-menerus atau secara istiqamah.

mujahid

Agama Islam mengajarkan kepada kaum Muslimin agar melaksanakan Amal-amal Shalih yang setara dengan Jihad, yakni:

  • Birrul Walidain (Berbakti kepada kedua orang tua).
  • Bekerja mencari rizki dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri, keluarga, dan kedua orang tua.
  • Menuntut Ilmu Syar’i atau Mengajarkannya di Masjid Nabawi.
  • Menunaikan ibadah Haji dan Umrah.
  • Menunggu Shalat  seusai mengerjakan Shalat.
  • Menjadi petugas Amil Zakat.
  • Membantu para janda dan orang-orang miskin.
  • Istiqamah di atas Sunnah pada zaman fitnah ketika Islam dianggap asing oleh umumnya manusia.
  • Menyiapkan bekal bagi Mujahid dan mengurusi keluarganya.
  • Mendakwahi orang musyrik dan memberantas kesyirikan.
  • Berdakwah kepada penguasa (umara) dan-atau pemerintah yang zhalim (yang tugas ini dilakukan oleh para ‘Alim (Ulama)).
  • Beramal shalih di 10 (sepuluh) hari pertama bulan Dzul Hijjah.
  • Berdzikir kepada Allah Ta’ala.
  • Bersungguh-sungguh berdo’a meminta Syahid.

Sedangkan Jihad (makna khusus; Berperang dengan Senjata) dilaksanakan pada waktu kaum Muslimin kuat, baik secara Iman maupun fisik atau dapat juga dikatakan Jihad fii Sabiilillaah (dalam arti khusus yakni berperang dengan senjata) dilakukan sesuai dengan keadaan kaum muslimin, sedang lemah atau kuat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karena keadaan itu berubah-ubah sesuai waktu dan tempat.

Orang yang berjihad di jalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Rasulullah ﷺ bersabda,

لَغَدْوَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ رَوْحَةٌ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا ‏

Sungguh keluar (Jihad) di jalan Allah di pagi hari atau pulang darinya lebih baik daripada dunia dan seisinya.- Hadits Shahih: Riwayat Al-Bukhari no. 2792 dan Muslim no. 1880, dari Shahabat Anas bin Malik Radhiy-Allaahu-'Anhu. Diriwayatkan juga oleh beberapa Shahabat.

Keutamaan Orang yang Mati Syahid.

Orang yang mati syahid mempunyai enam keutamaan. Rasulullah ﷺ bersabda,

لِلشَّهِيدِ عِنْدَ اللَّهِ سِتُّ خِصَالٍ يُغْفَرُ لَهُ فِي أَوَّلِ دَفْعَةٍ وَيَرَى مَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ وَيُجَارُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَيَأْمَنُ مِنَ الْفَزَعِ الأَكْبَرِ وَيُوضَعُ عَلَى رَأْسِهِ تَاجُ الْوَقَارِ الْيَاقُوتَةُ مِنْهَا خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا وَيُزَوَّجُ اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ زَوْجَةً مِنَ الْحُورِ الْعِينِ وَيُشَفَّعُ فِي سَبْعِينَ مِنْ أَقَارِبِهِ ‏

Orang yang mati syahid di sisi Allah mendapat enam keutamaan: [1] Diampunkan dosanya sejak tetesan darah yang pertama, [2] Dapat melihat tempatnya di Surga, [3] Akan dilindungi dari adzab kubur, [4] Diberikan rasa aman dari ketakutan yang dahsyat pada hari Kiamat, [5] Diberikan pakaian iman, dinikahkan dengan bidadari, dan [6] Dapat memberikan syafa’at kepada 70 orang keluarganya.- Hadits Shahih: Riwayat At-Tirmidzi no. 1663, Ibnu Majah no. 2799, dan Ahmad (IV/131) dari Miqdam bin Ma'di Kariba Radhiy-Allaahu-'Anhu.

Maraji’ (Senarai Pustaka):

  • Kitab suci Al-Qur’an.
  • Tim Ulama Mushaf Syarif Mujamak Malik Fahd. At-Tafsirul Muyassaru (1437 H. Terjemah Kitab At-Tafsir Al-Muyassar mushaf Al-Madinah An-Nabawiah. Solo: Ma’had Tahfizhul Qur’an Isy Karima.)
  • Syaikhul Islam ibn Taymiyyah Rahimahullah. 1409 H. Kitabul Iman. Beirut: Dar Ihya’ Al-Ilmu. (1433 H. Al-Iman. Bekasi: Darul Falah.)
  • Yazid bin Abdul Qadir Jawas Hafizhahullah. 1432 H. Kedudukan Jihad Dalam Syari’at Islam. Bogor: Pustaka At-Taqwa.
  • Abdul Hakim bin Amir Abdat Hafizhahullah. 1435 H. Rahmatan Lil Alamin. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
  • Syaikh Mustafa Al-Adawi. 1433 H. Al-Bayan fi Ma’ani Kalimat Al-Qur’an. Mesir: Maktabah Makkah. (1437 H. Al-Bayan; Kamus Kosakata Al-Qur’an. Solo: Zamzam.)
  • Abdul Halim bin Muhammad Nashshar as-Salafi. 1427 H. Shifatul Jannah fil Qur-aanil Kariim. Madinah Munawwarah: Maktabah al-‘Uluum wal Hikam. (1432 H. Pesona Surga. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.)

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Lisensi Creative Commons: [1] Atribusi, [2] Non Komersial, [3] Berbagi Serupa 4.0 Internasional.

Beri kesempatan bagi orang lain untuk membaca dan turut dalam kebaikan.


Rasulullah ﷺ bersabda,


من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.- Shahih Muslim no. 1893


Klik bagikan/share dan tetap menjaga amanah ilmiah dengan mencantumkan sumbernya ~ temanshalih.com


2,131 total views, 60 views today